Tuesday, November 8, 2011

LBT # 3 ~ Sicilian Orange Cake ~



Hey…hey..hey..jumpa lagi di LBT # 3. Ajang bergengsi di FB bagi yg suka baking membaking.. ^_*

Tema LBT kali ini adalah Butter Cake.. Setiap kali ada PR LBT memang tantangan bagi ku,namanya juga pemula,pas dapet PR baru sibuk cari2 resep nya. Setelah browsing2 mencari ide butter cake akhirnya pilihan jatuh pada Sicilian Orange Cake ., Alasan nya pilih cake ini simple aja krn aq tahu pasti sesuai sama selera keluarga ku,bikin nya relatif gampang maklum masih pemula ngga berani buat cake yg ribet2.. Trus cake ini tuh recommended bgt sama Blogger di sekitar sini *baca daerah M’sia sama S’pore semua talking about this this cake..jd nya penasaran mau tau juga rasanya.. ;)

Pertama Kali buat Cake sejenis butter cake ternyata berhasil.. *Yess .. I did It again..
iya ….. i ya lah.. gimana ngga berhasil wong butter cake khan cake anti gagal… :D :D :D

Dan bisa di bilang sukses buat nya, krn ukuran sukses bagi aq adalah kalo aq buat sesuatu trus anak2 sama hubby suka mkn nya dan habis di makan , walopun kue nya gatot asal khan habis di konsumsi sama org di rumah berarti sukses juga…qiqiqi

The most important my kids & hubby suka sama taste nya.. ada sensasi orange nya trus cakenya moist ngga seret di mkn nya, ngga telalu buttery juga.. juz nice ,. And officially cake ini masuk ke dlm list cake yg mesti di buat lagi di keluarga kami.



Silician Orange Cake
 Resp nya di lihat di sini

Bahan - Bahan nya :
250 gram salted butter
250 gram gula kastor
250 gram tepung cake *resep asli self raising flour.
1 sdt baking powder
4 telor ukuran sedang
1 ½ sdt parutan kulit orange *aq pake sunkist orange
100 ml perasan orange juice ( 1 buah sunkist orange yg besar ) *resep asli pake 85 ml

Cara u/ mambuat Icing : *optional kalo mau pake icing
Campur 125 gram gula icing dgn 5 sdt fresh orange juice,lalu aduk rata sampe rata.



Cara Membuat :
1.Preheat oven pada suhu 170’c. siapkan loyang oleskan dgn mentega.,kemaren aq pake loyang tulban.
2.Kocok butter sama gula kastor sampe creamy kurleb 4-5 menit sampe warnanya pucat.
3.Masukkan telornya satu persatu,sambil di kocok.kalo uda terkocok rata telornya baru masukkan telor berikutnya sampe telornya habis.
4.Masukkan parutan kulit orange nya ,sambil trus di kocok .
5.Masukkan tepung nya sedikit demi sedikit ,sambil trus di kocok dgn kecepatan rendah.. waktu masukin tepung nya di selingi dgn memasukkan orange juicenya. jadi masukkin tepung nya dulu lalu masukkan perasan orange juicenya,lalu tepung lagi begitu seterusnya sampai habis.. di dahului dgn tepung dan di akhiri dgn tepung.
6.Tuang adonan nya ke dalam loyang yg sudah di sediakan,dan panggang pada suhu 170’C selama 45 - 50 mnt atau sesuai dgn oven masing2. .atau dgn menggunakan tes tusuk.
7.Kalo sudah mateng,keluarkan dari oven dan biarkan cake nya di dlm loyang nya sebentar, lalu keluarkan dar I dlm loyang dan letakkan di atas cool rack sampe betul2 dingin.
8.Kalo uda dingin baru tuang icing nya ke atas cake nya .

Met mencoba yah.. ^_^


Note: menurut kami cake ini uda cukup manis u/ di mkn tanpa icing (keluarga ku ngga suka yg manis2).. hubby & Titen request lain kali kalo buat ngga usah pake icing lagi..

# Posted on my fb on 11 March 2011

No comments: