Saturday, October 12, 2013

Eggless Red Bean Bread



Melly suka buat roti sendiri, itu juga kalo rajin nya kumat yah. tapi kalo males yah tetep aja mampir ke bakery kalo mau makan roti. kami sekeluarga memang suka makan roti. Ngga pernah bosen sama yang namanya roti, hari hari sarapan roti pun boleh..hehehe




Roti yang Melly buat ini ngga pake telur tapi walaupun ngga ada telur nya rotinya tetep lembut loh, sudah sering pakai resep roti yang ini sejak beberapa tahun yang lalu waktu Melly masih belajar buat roti dan masih menggunakan tangan untuk ngulenin nya. so far hasil nya ngga pernah mengecewakan. Resep nya Melly lihat di sini







Red Bean Bread
Makes : 7 breads

Bahan - Bahan nya:
200 gram all purpose flour
1 sdt ragi

fresh from the oven
½ sdt garam
2 sdm gula
25 gram butter
140 ml fresh milk

Filling :
Red bean paste secukup nya






Cara membuat rotinya kalo manual

1.Campur tepung,ragi sama gulanya aduk rata dengan menggunakan sendok kayu.
2.Masukkan garam nya dan aduk rata lagi lalu masukkan susunya,aduk rata.uleni adonan nya dan kasih butternya sedikit demi sedikit sampe habis.
3.Lanjutkan uleni adonan nya sampe kalis dan elastis.
4.Biarkan mengembang sampe 2x lipat kurleb 60 menit.
5.Setelah mengembang, tumbuk adonan nya. timbang dough nya kurleb 60 gram bentuk menjadi seperti ball lalu diamkan sebentar kurleb 10 menit.
6. Ambil red bean paste nya, timbang kurleb 30 gram lalu  bulatkan macam ball.
7. Ambil satu dough roti nya, lalu masukkan red bean paste nya, bentuk menyerupai bola lagi.Letakkan dalam tray yang sudah di lapisi dengan baking paper . Tekan dough nya jadi bentuk bulat lalu letakkan penutup botol di tengah bulatan nya tekan sedikit.
8. Lalu iris - iris pinggiran nya menjadi 8 bagian, iris nya jangan sampai putus.
9.  Biarkan lagi sampai mengembang 2 x lipat kurlen 45 menit.
10. Sapukan dengan kuning telur atas nya lalu panggang di oven yg sudah di panaskan pada suhu 190'C selama 15  menit atau sampe kecoklatan..Angkat dan sapukam butter di atas nya jadi nya mengkilap atas nya.


Cara membuatnya kalo pake Bread Maker:

1.Masukkan susu segar,gula,garam lalu tepung dan raginya..pencet tombol dough,setelah di uleni selama 5 menit baru masukkan butternya,dan biarkan si BM bekerja selama 1 jam 30 menit.
2. Kurleb 5 menit sebelom adonan siap di proofing masukkan raisin nya.
3. Seterusnya sama dengan step di atas..



Met mencoba.. ^_*

2 comments:

Aisha said...

Hello everyone we will show the latest news and the latest news on a cool and popular. We provide an updated information that comes with the new version on the website news. Resep Kuliner Udang Goreng Madu Lezat
Aisha Populer News his web will tell da latest news updates with different styles on AishaNews.com please open and read the information.

عبده العمراوى said...



شركة تنظيف خزانات بالخبر
شركة مكافحة بق الفراش بالاحساء