Tuesday, July 2, 2013

Home Made Roti Canai Aka Roti Prata Aka Roti Maryam


Pertama mengenal roti prata ini di Singapore belasan tahun yang lalu, ingat lagi pertama sampe di spore, paginya  sama sepupu langsung di ajak sarapan makan roti prata dengan kuah kari dan teh tarik di kedai mamak dan  langsung jatuh cinta pada suapan pertama..hihihi Lalu ketagihan setiap pagi selalu ke pasar makan  roti prata ini,sampe sekarang suka makan roti yang satu ini dan menurun ke anak anak juga,semua suka makan roti prata. Kalo weekend memang boleh nampak muka kami sedang makan roti canai di kedai. Anak anak dan hubby suka makan canai telur, kalo Melly suka yang kosong atau telur  campur bawang..nyamm




 Di Singapore mereka menyebutnya roti prata , di Malaysia menyebutnya roti canai dan di Indonesia mereka menyebutnya roti maryam, Kalo sepengetahuan Melly ketiga nama roti yang berlain di atas sebenernya sama aja jenis roti nya, cuma berbedaan nya orang Indonesia menikmati roti maryam nya bukan dengan kuah kari, tapi mereka makan dengan madu ,coklat cair atau susu kental manis.Well..lain lidah lain selera kali yah. Tapi Melly sih lebih  suka makan roti canai pakai kuah kari..nyammmm

Ini kedua kali nya Melly buat home made roti canai, dulu sih selalu beli yang frozen buat stok di rumah,jadi anak anak bisa menikmati roti canai kapan aja. Tapi belakangan ini banyak temen Fb yang mengupload buat roti maryam jadinya terkena virus juga apalagi vivi yang punya resep nya kasih step by step nya jadi bisa kebayang gimana buat nya. Setelah di coba baru Melly tau..tenyata buat roti canai ini agak rumit buat nya, dan pasti nya tangan nya jadi pegel apalagi kalo buat nya sendiri ngga ada yang bantuin..hiiks
Banyak step nya, nasib baik rasanya enak dan anak anak suka makan nya, jadi its all worth it. Kalo ngga worth it ngga mungkin kan Melly  sudah 2 kali buat dalam 2 minggu ini, apalagi anak anak memang suka, cost membuat nya memang ngga banyak tapi buat nya  membutuhkan waktu dan tenaga.Selama Melly masih rajin dan ada waktu  mau buat aja deh sendiri, karena anak anak si rumah memang suka banget makan roti canai,ngga tau kapan bosen nya, seperti juga mereka menyukai pizza dan belum bosen sampe sekarang.. ;)


Siap untuk di masukkan ke dalam freezer

Di Google banyak sekali resep roti canai yang beredar, semua nya kurang lebih sama kalo kata Melly, cuma beda beda tipis aja. Ada yang pakai susu kental manis...hmm lain kali mau coba resep yang pakai SKM. Ada juga yang pakai Ghee pasti makin enak, tapi Ghee mahal harga nya..huhuhu .  Pertama kali Melly buat pakai resep nya Vivi , kedua kali juga masih pakai resep yang sama ,cuma kali ini buat nya di tambahin gula 2 sdm gula jadi ada rasa manis nya sedikitt seperti roti canai yang selalu kami beli di kedai sini. Melly juga buat dengan sedikit tehnik yang berbeda setelah baca Everything You Need To Know About Roti Prata di blog sini. Sekarang Melly jadi lebih paham tentang roti prata ini . Waktu pertama kali buat Melly canai dulu baru di frozen, setiap canai Melly lapisi dengan plastik agar  tidak melekat baru di tumpuk, tapi jadinya banyak kerja nya dan rasanya waste plastik juga ..hehe .Jadi kali ini abis di gulung melingkar  Melly langsung simpan, kalo mau di masak baru di canai, lebih senang kerja nya,jimat plastik ,waktu dan tempat..hehe. Kalo Vivi lain lagi caranya kalo mau di frozen, Vivi masak canai nya ngga sampai matang jadi setengah matang aja,baru di simpan, kalo mau di makan di goreng lagi sampai matang so kaya pre cook githu. Tapi cara gitu ngga cocok bagi saya, karena anak anak suka makan canai pake telur tengah nya.

Makasih buat Vivi yang sudah share resep nya lengkap dengan step by step nya sehingga mempermudahkan untuk mengerti cara buat nya. Kalo mau lihat step by stepcara buat  nya silahkan lihat di sini di blog nya Vivi.Ini recipe yang Melly pakai dengan sedikit tehnik yang berbeda pada saat mendiamkan adonan nya.


Roti Canai yang geprek dengan kedua tangan sebelum di makan dengan kuah kari



Roti Canai 
Recipe by : Vivi @ jajanevivi.blogspot.com

Bahan - Bahan 
1 kg     tepung terigu
2 butir     telur utuh
2 butir     kuning telur
4 sdm   susu bubuk
1 sdt     garam
2 sdm   gula pasir * Melly tambah
175 cc  minyak goreng
450 cc  air hangat

Margarin untuk olesan secukup nya

Cara membuat :
1. Siapkan wadah, masukkan air, minyak goreng dan telur. Aduk dengan garpu atau whisker asal rata aza.
2. Masukkan bahan kering kedalam campuran minyak goreng tadi, uleni sampai bener2 kalis.
3. Adonan siap digunakan.
 
Step by step 
1.  Siapkan loyang*melly pakai baskom   yang udah dioles minyak goreng. Bagi adonan sama rata. *Melly di bagi 20 biji, sebiji nya kurleb 80 gram
2. Bulatkan adonan hingga berbentuk bola letakkan di dalam loyang lalu oleskan permukaan nya dengan minyak goreng.Buat hingga habis.
3.Setelah itu tutup adonan dengan plastik wrap dan lap basah, diamkan 1 jam * Melly diamkan semalaman,menurut Melly setelah di diamkan semalamam adonan nya lebih gampang di tipiskan,lebih elastis  dan tidak mudah robek, tapi diamkan sejam juga bisa sih seperti pertama kali Melly buatnya.
4. Setelah 1 jam * Melly semalaman / keesokan hari nya .. Di atas meja yang sudah di kasih minyak , ambil satu adonan lalu  tipiskan dengan cara menekan nekan dengan tangan dari tengah hingga tipis setipis nya , usahakan jangan robek. Untuk mempermudah sapukan tangan kita dengan minyak juga jadi nya licin mempermudah menipiskan nya.
5. Kalo adonan nya sudah tipis, oles rata  permukaan nya dengan 1 sdm margarine.
6.Gulung pelan pelan adonan nya hingga menyerupai tali lalu sisihkan dan buat sampai habis.Gulungan nya mesti di diamkan dulu agar lebih elastis dan makin bisa di tarik jadi lebih panjang .
7. Kalo semua adonan sudah habis di gulung,ambil gulungan yang pertama di buat lalu tarik pelan pelan gulungan nya biar lebih panjang lagi. semakin panjang akan semakin menipis dan akan semakin banyak lapisan nya nanti. 
8. Gulung melingkar adonan nya dari arah yang berlawanan sehingga nanti akan menyerupai hurup S ,kemudian ketika sudah ketemu lingkaran nya di baguan tengah tumpuk adonan nya jadi satu.
9. Kalo mau di simpan dalam freezer seperti saya cara nya masukkan ke dalam wadah yang sudah di olesi dengan minyak, lalu olekan lagi dengan minyak permukaan nya agar tidak kering,tutup wadah dan siap untuk di masukkan di freezer, kalo mau di pakai keluarkan dulu sampe suhu ruangan.
10. Kalo mau langsung di gunakan caranya tekan permukaan nya hingga menjadi pipih kira kira 1/2 cm lalu goreng di atas teflon hingga matang dan kecoklatan. Ini Melly goreng nya ngga pakai minyak lagi jadi ngga berminyak  rotinya.
 
 
 
Yang sempat di Photo pake hp cam



 
Met Mencoba.. ^_*
 
 

10 comments:

Sury Abil said...

wahhh rajin ya kamu buat roti canai..ank2 n hubby sury tiap weekend pun makan roti canai..tapi beli di kedai mamak..kl sini byk pilihan kedai mamak nya.sury suka roti canai sardin,tapi jarang mau layan selalu.

Melly Octaviana said...

Sury... mau coba buat sendiri,krn semuanya suka makannya.kalo terlebih rajin boleh lah buat .. Melly suka canai tapi ngga berani makan selalu ..huhuhu

Bbwana adienia said...

salam melly..

bestnya buat sendiri homemade roti canai ni..saya suka makan dengan kuah kari atau kuah kacang..makan dengan susu pun sedap..

Cida de' Nuanza said...

rajinnya melly buat sendiri roti canai
kat KL ni, banyak sgt restoran mamak..sbb tu jd malas nk buat kot..hihi..

salam kenalan ya...

Akmal Aizat said...

Best jugak sesekali buat roti canai sendiri. Mesti sedap dan asli.

Qasey Honey said...

aduhhh kak npe rajin sgt ni...roti canai mmg sedap mkn dgn kuah kari..bru umpphhh

obat tradisional darah tinggi said...

Aduh sangat rajin dan bagus sekali mba melly roti buatanya

Roti Kopi Yummy Bikin Nagih said...

KerenKeren melly. Hebat dan sukses ya.

Roti maryam di Jakarta

kaldu alsultan said...

Yuk masak enak + sehat dengan Kaldu Non MSG :-)

bunda aiRAfi said...

Boleh dicoba nih