Wednesday, August 8, 2012

Perkedel Tempe Pedas


Tempe..oh tempe.. makanan yang satu ini emang kesukaan aku banget dari dulu sampe sekarang, hari hari makan tempe pun ngga apa.. sampe temen aku kata muka nya uda kaya tempe..hehe . Di sini tempat tinggal melly ngga ada yang jual tempe , mesti ke pasar di Kuching yang jarak nya 45 menit drive baru ada yang jual tempe jadi kalo pas kesana atau kakak ipar yang tinggal di Kuching datang selalu beli tempe banyak dan simpan di frezer,so selalu ada stock tempe di rumah. Kemaren stock tempe masih ada dan beli yang baru lagi jadi nya stok yang lama melly buat perkedel tempe aja.. ;)




Waktu dulu anak anak di rumah ngga suka makan tempe sama sekali, sekarang mereka suka makan tempe asalkan di buat  Tempe Nugget . pernah juga melly buat perkedel tempe ini ternyata mereka juga suka tapi kalo di suruh makan tempe yang di goreng mereka pada ngga suka.,jadi nya kalo mau mereka makan tempe melly mesti buat yang kaya gini.
Semestinya perkedel tempe ini ngga perlu di salut bread crumb lagi seperti layak nya perkedel yang cuma di celupkan di dalam kocokan telur lalu langsung di goreng tapi karena di rumah ada bread crumb yang uda lama ngga di pake dan karena buatnya banyak jadi mau di simpan di freezer jadi nya melly buatnya di salut dengan bread crumb.. kalo dari jauh jadi kaya nugget aja pake bread crumb segala...hihihi




Pertama kali buat waktu itu ide nya dari Perkedel Tahu yang pernah melly buat sebelum nya, cuma kali ini campur nya dengan daging ayam bukan nya udang, dan kali ini Melly buat nya yang pedes,di kasih chili padi ..wuihhh tambah nendang rasanya, boleh di makan githu aja  pake cabe rawit atau di cocol pake saos cabe. Boleh juga di jadikan lauk dengan nasi sama enak nya.Karena pedas jadi nya kali ini di makan nya sendiri aja..qiqiqi  So... sisa nya di masukkin ke freezer ,kalo rasa mau makan tinggal di goreng aja.. ;)
Ini resep nya.. kalo yang suka tempe pasti suka makan ini.. *wink




Perkedel Tempe Pedas makes 30 pcs
Sumber : Melly

Bahan Bahan :
500 gram tempe potong kecil kecil dan kukus kurleb 15 menit.
250 gram ayam cincang
4 siung bawang putih
5 buah bawang merah
1 sdm merica bubuk aka lada sulah atau sesuai selera
1,5 sdt garam / sesuai selera
2 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdt gula pasir
10 buat chili padi / sesuai selera
Daun bawang & daun sup secukup nya di potong kecil kecil

Bahan lapisan:
1 butir telur di kocok lepas
Bread crumb aka tepung panir secukup nya *kalo ngga mau pake bread crumb juga bisa

Cara Membuat :
1. Haluskan bawang merah, bawang putih lalu masukkan chili nya ,haluskan lagi,ngga usah terlalu halus cabe nya. *kalo ngga mau pedes chili nya boleh di skip.
2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu yang sudah di haluskan sampe keluar bau lalu masukkan ayam cincang nya dan tumis sebentar hingga ayam nya masak. sisihkan
3. Haluskan tempe yang sudah di kukus lalu campur dengan ayam yang sudah di tumis, masukkan lada sulah, kaldu ayam bubuk,gula dan garam. (sebaik nya garam nya masukkan 1 sdt  dulu lalu cicipi kalo kurang baru di tambah sampe sesuai selera, kemaren sih masukkin 1 sdt garam terus di tambah lagi dikit dikit jadi nya kurleb 1,5 sdt garam nya ),masukkan potongan daun bawang dan daun soup dan aduk hingga merata.
4. Ambil sedikit adonan tempe dan kepal - kepal dengan kuat biar ngga hancur pas di goreng sambil di bentuk bulat seperti buat perkedel.
5. Masukkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke dalam bread crumb, diamkan sebentar di dalam kulkas aka peti sejuk agar lapisan bread crumb nya melekat dengan sempurna.
6. Goreng dengan minya panas sampe kecoklatan , ngga perlu lama karena tempe dan ayam nya sudah matang. Angkat dan tiriskan minyak nya. 
7. Siap di di hidangkan panas panas, boleh di makan begitu saja atau di jadikan lauk makan dengan nasi.


P/S: * Kalo ngga mau di kasih bread crumb tambahkan 3 sdm all purpose flour dalam adonan nya, setelah di bentuk  masukkan ke dalam kocokan telur lalu goreng seperti kalo buat perkedel. 


 Met Mencoba.. ^_*

8 comments:

Liza said...

waduh waduh, mukanya udah macam tempe gitu ye...hihihihii

Mieza said...

melly..salam kenal..terima kasih sudi follow mieza..nnt mieza nak try jugak ni..nampak sedap sgt!

Rohah said...

ini juga kegemaranku dr kecil .masa kanak2 dulu sy suka ratah tmpe yg blum di masak apa2 lagi..ehee..anak2 pun suka makan tempe, so seronoklah kalau goreng tempe ada coz ada yg tolong makan juga..

Nadz Nazharzan said...

Hai Melly.. Lama juga kita tak bicara sama kita kan..

Ermm..nampak sedap jer begedil ni. Selalu buat yg guna daging cincang jer.. Bagus juga boleh guna tempe ye.. nanti ada kerajinan Naz nak cubalah...

RUMAH TAURUS said...

mau nyoba bikin ahhhh...makasih ya kak ^__^

zila norazila said...

pasti enak nie melly..harus dicoba jgk..ank zila n huby kurg mkn tempe nie..zila suka sangat nie..yummy:)

Outbound di malang said...

mantap nih :)
Nice blog :)
salam kenal sobat :)
di tunggu kunjungan balik.nya ya !terimakasih ...

Unknown said...

klo penderita tipes..blhh mkann perkedel jga yahh?