Thursday, January 10, 2013

Egg Tart Aka Pie Susu


Selamat sore semua.. apa khabarnya.. ? Any body miss me here...*wink  Setelah hampir sebulan ngga sign in di Blogger at last I'm Back to blogger.. ;)  Liburan sekolah kemaren banyak kegiatan di luar rumah sampai jarang masak apalagi baking baking..
Kalo sudah lama cuti masuk blog rasanya malas sekali mau memulai nya, sebenernya ada beberapa masakan yang mau di post tapi semangat mau online di lappy rasanya entah hilang pergi mana, maybe holiday mood nya masih nempel  hehe. Sebagai permulaan 1st entry di tahun 2013 ini Melly share egg tart atau kalo orang Indonesia kebanyakan menyebutnya pie susu.




Sebenernya sudah lama mau buat egg tart sendiri,tapi selalu aja ada alasan jadi nya tertunda terus. Untung aja bulan kemaren teman teman fb melly sedang kena terjangkit virus egg tart ini, jadi nya semangat lagi mau buat nya, tapi karena anak anak di rumah ngga suka jadi males mau buat nya nah kebetulan akhir bulan dec kemarem kami undang saudara makan makan  di rumah sempena hari jadi Aurel, so tepat kan moment nya untuk buat ini jadi ada yang bantuin makan nya..hihihi

Melly buat malam hari  sebelum party nya,lepas tuh simpan di fridge. Rasanya enakkkk, di makan dingin dingin makin enak.cuma ngga boleh sering sering makannya,abis pakai kuning telur nya banyak.
Resepnya aq lihat di fb nya Ricke. Makasih yah Bunda Nadhifa, ijin share resep nya di sini .. :D
Ayoo..yang belum pernah coba buat egg tart, silahkan di coba, gampang koq buatnya, rasanya wuenakkk..ahh jadi pengen makan pie susu sekarang..hmmmm


Egg Tart fresh from the oven


 Egg Tart (Pie Susu) 
Sumber : Ricke Ordinary Kitchen

Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

Bahan filling:
300 ml susu kental manis aka condensed milk  (1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard
1-2 sdt vanilla susu *melly pakai vanila essence
 
# Waktu itu bahan filling nya ada sisa jadi melly buat lagi bahan kulit nya 1/2 resep.. So bahan filling di atas cukup buat 1 1/2 resep bahan kulit di atas . Tapi melly buat kulit/crustnya agak tebal.

Cara membuat:
Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring.
Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning.
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/peti sejuk  agar lebih nikmat.

Met Mencoba.. ^_*

6 comments:

sury@25february said...

Halooo ..buat terliur sudah...bila lah mau bikin ni..
Ank2 semua pasti suka nnti...:-)

rahel said...

Hai Melly...pa khabar?...
Wah...jadi penegen makan pie susu ni...
Cantik skali pie susu itew...kapan2 gue mau nyoba juga tuh...

borescope said...

wahhh masakannya enak banget nih mau dong

timbangan said...

wahhh mbak melly jago masak yaaa

Qasey Honey said...

cantiknye kejadian egg tart ni kak Melly..

zila norazila said...

hai melly.
nampak sedapp..kirim untuk zila sikit:)akan dicoba nnt..