Monday, July 1, 2013

Pandan Ogura Cake


Sudah lama mau coba buat Ogura cake ini, yang sejak beberapa bulan yang lalu selalu di lihat di kalangan para blogger Spore. Ternyata cake ini betul betul soft teksture nya, light seperti chiffon tapi  lebih moist. Tehnik buat nya hampir sama dengan chiffon cake hanya ini di panggang nya menggunakan baking pan biasa dan panggang nya dengan sistem steam bath.



Katanya Cake ini terkenal di Batu Pahat.Malaysia. Sebenernya Ogura cake tengah nya di kasih cream.jadi cake nya di belah dua baru di kasih cream,tapi karena anak anak di rumah ngga terlalu suka makan cream dan lagi emak nya malas  buat butter cream jadi nya di makan nya begitu aja tanpa cream lagi. Cake nya ngga manis, kayanya cocok untuk di jadikan base cake buat birthday cake atau cake potong yang di oles pakai cream lalu kasih parutan keju..hmm cocok kalo di bawa buat pot luck atau kalo ada acara di rumah..hehe

Resep nya Melly lihat di  sini  tapi punya Melly terlalu hijau banget yah, kebanyakan pandan paste nya kayanya, lain kali mesti di kurangi atau lain kali kalo mau buat mau buat pandan paste sendiri deh, pasti wangi nya lebih harum dan lebih natural tapi ngga janji yah..hehe  hmmm.. lain kali mau buat dengan perasa lain nya. Joom lihat recipe nya di bawah ini yang sudah Melly translated dengan gaya bahasa saya..hehe





Pandan Ogura Cake
Recipe: Adapted from Food@Home Sweet Home

Bahan - Bahan A
65 gram minyak jagung
80 ml susu *melly pakai santan
1/4 sdt garam
5 kuning telur
1 butir telur
65 gram superfine tepung *melly pakai all purpose flour
20 gram of home made pandan juice *melly pakai 3/4 sdm ,lain kali pakai 1 sdt aja.

Bahan - Bahan B
5 putih telur
75 gram caster sugar *melly pakai 90 gram gula ,krn makan nya ngga pakai butter cream jadi Melly tambah
1/4 sdt cream of tar tar


Cara Membuat :
1. Kocok kuning telur, 1 butir telur,minyak jagung, santan dan garam sampai berbusa.
2. Masukkan tepung, kocok hingga merata.
3. Masukkan pandan paste dan kocok lagi hingga merata,sisihkan
*Jangan kaget  kalo adonan kuning telur nya agak cair
 4. Kocok putih telur sampai berbusa lalu masukkan cream of tar tar dan masukkan gula nya dalam 2 tahap, kocok hingga kaku , apabila di balikkan telur putih nya ngga jatuh.
5. Masukkan adunan  putih telur ke dalam adunan kuning telur dalam 3 tahap , aduk rata dengan menggunakan cara aduk balik hingga adonan nya merata.
6. Masukkan adunan ke dalam baking pan ukuran 9 " dan panggang dengan cara steam bake method * letakkan baking pan yang ada adunan nya di dalam oven bagian rak yang tengah lalu letakkan satu lagi baking pan / tray yang berisi kan air yang di letakkan di dalam oven bagian paling bawah Panggang selama 45 menit atau sampai matang dan kecoklatan  pada suhu 170"C tergantung dengan oven masing masing.
7. Kalo sudah matang,keluarkan cake,letakkan terbalik dan biarkan dingin.


Met mencoba.. ^_*


7 comments:

zila norazila said...

Pkai mysk jewvye melly..nmpk gebu..nnt2 zila nk cuba jgk..

Sweet red cherry said...

memang nampak moist tekstur kek ni..sedap dengan perisa pandan..suka la..

Unknown said...

nampak sedap sangat mesti nk try esuk lusa hijo je kan

suryabil said...

Dappp kek pandan mu itu...bikin kita terguda..:-)

CT Delima said...

Salam Melly

rindu bangat sama kamu juga blog yang dulu sentiasa dikunjungi. sejak kejadian kemarin hilang mood udahnya. Alhamdulillah nampak enak cakenya bikin tergoda harus ya dicoba ini nempak gebu :-)

salam rindu dari kak ct xoxo

Qasey Honey said...

nmpk sgt lmbut kek tu kak..tntu sedap

Christine Choy said...

Hi Melly, Nice Ogura cake! Glad to know that the recipe I shared at http://lazymamainkitchen.blogspot.com/2013/03/pandan-ogura-cake-2-7-mff-johore-month.html is helpful! Happy Baking