Monday, August 26, 2013

Cheddar Cheese Butter Cake


Good Morning semua.. ;)
Sudah lama rasanya ngga makan cake, jadi kangen mau makan cake buat temen minum teh. Sebenernya buat cake ini pun dalam rangka mau ngetes oven yang beberapa hari lalu sempet ngambek, mungkin terlalu cape masa kemaren kemaren oven nya selalu kerja lembur ngga ada henti nya, tiba tiba timer nya ngga berfungsi ngga mau berputar , sangkain oven yang sudah di pakai 4 tahun an ini dah mau retire eh ternyata setelah di putar putar  kayanya timer nya bisa berfungsi lagi. Mangka nya penasaran aku testing aja buat cake, nasib baik bisa di  pakai lagi timer nya tadi nya baru mau ngumpulin uang buat beli oven baru tapi kayanya ngga jadi deh punya oven baru..huhuhu.... hehehehe




Cake nya enak dan lembut, nyesel cuma buat yang kecil , masih mau tapi uda abis. Mungkin karena uda lama ngga buat cake jadi anak anak pun semangat makan nya. Apalagi ade Orel yang sudah request minta di buatkan lagi ,cuma Orel mah seperti biasa kalo makan cake ngga mau ada topping dan pinggir nya. Jadinya topping sama pinggir nya yah di potong dan masuk ke mulut emak nya..hehehe. Cake ini pake resep dasar  butter cake aka pound cake yang bahan bahan nya sama semua ukuran nya, cuma Melly tambah dengan cheddar cheese aja, karena cuma buat 1/2 resep jadi nya pake loyang loaf buat nya.

Cake nya enak , lembut ngga seret makan nya tapi ngga cheesy banget seperti kita makan cheese cake yang pakai cream cheese.. Joom lihat recipe nya . ini 1/2 recipe nya yah, cake nya kecil, kalo mau banyak buat 2 kali dari resep di bawah ini. .. ;)





Cheddar Cheese Butter Cake 
Sumber : Melly


Bahan - Bahan nya :
125  gram salted butter
100  gram gula kastor * sepatut nya 125 gram
3 telur ukuran sedang * kalo yang besar cukup 2 butir saja telur nya
100 gram cheddar cheese di parut halus
125  gram tepung
1/2  sdt baking powder
50  ml susu cair

Bahan Topping :
Cheddar cheese secukup nya.



Cara Membuat :
1.Preheat oven pada suhu 170’c. siapkan loyang oleskan dgn mentega.,kemaren aq pake loyang loaf.
2.Kocok butter sama gula kastor sampe creamy kurleb 4-5 menit sampe warnanya pucat.
3.Masukkan telornya satu persatu,sambil di kocok dengan kecepatan rendah,.kalo uda terkocok rata telornya baru masukkan telor berikutnya sampe telornya habis.
4.Masukkan parutan cheddae cheese nya sambil trus di kocok .
5.Masukkan campuran tepung dan baking powder yang sudah di ayak sedikit demi sedikit ,sambil trus di kocok dengan kecepatan rendah.. waktu masukin tepung nya di selingi dengan memasukkan susu cair nya. jadi masukkin tepung nya dulu lalu masukkan susu cair ,lalu tepung lagi begitu seterusnya sampai habis.. Di dahului dengan tepung dan di akhiri dengan tepung.
6.Tuang adonan nya ke dalam loyang yang sudah di sediakan. Taburi topping parutan keju di atas nya dan panggang pada suhu 170’C selama 35 - 40 menit  atau sesuai dengan oven masing2. .atau dengan menggunakan tes tusuk.
7.Kalo sudah mateng,keluarkan dari oven dan biarkan cake nya di dlm loyang nya sebentar, lalu keluarkan dari dalam loyang dan letakkan di atas cool rack sampe dingin, baru di potong.


Met mencoba .. ^_*


2 comments:

rahel said...

uuuu...wallaaa....sedapnya...tukar dong keknya ama onde2 ketan hitam...

Rohah said...

Pingin rasanya mahu nyicipi