Tuesday, September 3, 2013

Sayur Batang Keladi So Yummylicious



Ini kali kedua Melly makan sayur keladi, tapi pertama kali nya masak sendiri. *baca bantuin SIL masak di rumah. Kenal sayur keladi ini yah pas tinggal di Sarawak ini,selama tinggal di Sarawak Jadi kenal banyak sayuran dan daun - daun yang selama ini Melly ngga tau kalo bisa di olah jadi sayur..Hmmm..orang sini kayanya semua daun2 an bisa jadi sayur deh, dari batang nya sampai akar nya mereka bisa jadikan sayur, udah githu sayur nya gampang di temukan di mana mana, kalo rajin masuk hutan aja atau ngga malu ambil di pimggir jalan pasti ngga bakal kelaparan. Well ..frankly speaking Melly sih ngga rajin masuk hutan, ngga bisa dan belum biasa, tapi kalo mereka mau ke hutan atau ambil sayuran di pinggir jalan Melly tetep temanin, nanti tunggu mereka di dalam kereta..hihihi  Lagian mereka pun larang Melly ikutan ambil sayur katanya hanya akan memperlambat mereka aja karena harus jagain dan pegangin tangan Melly yang takut jatuh..huhuhu .  so tugas saya hanya jadi driver aja,tunggu di pinggir jalan sambil dengerin radio..hihihi

Sayur keladi ini di ambil di backyard nya mertua, keladi liar yang tumbuh sendiri dan konfiirmed ngga akan buat gatal, karena ada katanya keladi yang kalo di makan buat kita gatal. Sayur keladi ini enak rasanya kuah nya juga enak apalagi kalo pedesss. Di makan githu aja juga enak di makan pakai nasi di jadikan lauk sama enak nya, apalagi di temani dengan ikan asin goreng..beghhh... so yummylicious...slurrp

Ini resep nya yang Melly dapat dari kakak ipar , sebenernya kalo pakai ebi makin enak,tapi masa itu Melly ngga punya stock ebi di rumah jadi pakai ikan bilis aja dan teteuppp enak menurut saya.. Joom kita lihat recipe nya di bawah ini.





Sayur Batang Keladi
Sumber : Kakak Ipar

Bahan - Bahan :
5 batang keladi
2 keping asam gelungur kalo tak ada asam jawa juga bisa
3 helai daun kunyit di ikat simpul
Garam secukup nya
Gula secukup nya *sbg pengganti penyedap rasa, kalo mau pakai penyedap rasa ngga usah pakai gula lagi.
Sedikit air

Bahan Yang Di Haluskan : 
5 biji bawang merah
3 biji bawang putih
15 biji cabe merah
1 sdm balacan aka terasi
2 genggam ikan bilis aka ikan teri
1 inchi kunyit hidup
1 inchi halia aka jahe


Cara Membuat :
1. Buang kulit batang keladi nya lalu di potong kurleb 3 - 4 inchi lalu cuci bersih dan rebus dalam air mendidih sampai batang nya lembut, tiriskan air nya .Sisihkan. Jangan kaget kalo lihat batang nya jadi menciut, akan turun banyak dari sebelum di rebus.
2. Tumis bahan yang di haluskan sampai pecah minyak lalu masukkan keladi yang sudah di rebus tadi, beri sedikitttt air, masukkan garam nya dan aduk rata lalu masukkan asam gelunggur dan daun kunyit nya , aduk merata, dan biarkan masak dengan api kecil sampai keladinya benar benar lunak, jangan lupa cicipi rasanya, kalo rasanya sudah pas boleh di matikan api nya dan siap di hidangkan.


Met mencoba.. ^_*

2 comments:

rahel said...

Olalaaaa....yang i memang enak banget...gue suka....ngences

Amie said...

adeeehhh Melly... aku jadi rindu sama masakan lemak sayur keladi bundaku!