Saturday, December 8, 2012

Cumi Masak Hitam



Akhirnya kesampean juga buat cumi masak hitam ini setelah sekian lama ngga pernah menikmati nya.Di rumah cuma aq sendiri yang suka makan cumi yang di masak hitam ini, jadi nya malas kalo mau buat nya. Hubby dan anak2 ngga suka dengan alasan mereka geli liat warna hitam nya.. Hadehh..padahal kan kuah hitam nya itu yang enak dan gurih.

Melly sih sudah dari kecil selalu makan cumi masak hitam ini, yang melly ingat mak di rumah kalo masak cumi yah di masak hitam gini. Tapi heran loh orang sini mereka memang kalo makan cumi ngga di masak hitam ,rata rata kalo mereka mengolah cumi  tinta nya di buang, makanya hubby ngga mau makan cumi kalo di masak gini,. :(  Bahkan temen orang Indonesia di sini yang kampung nya deket di border sini juga katanya kalo di daerah nya orang masak cumi ngga pakai hitam nya..hmmm walopun sesama dari Indo ternyata berbeda juga cara masak nya,tapi Melly ingat kalo orang semenanjung pasti tau makan cumi masak hitam ini kan..

Masak cumi ini sih gampang banget,cepat pula masak nya, kan cumi ngga boleh di masak terlalu lama nanti daging nya keras. Resep nya hasil belajar masak sama mak, ingat dulu kalo mau masak apa aja  pertama kali selalu telepone  mak,tanya resep nya, kadang kena marah sama mak, mak kata dulu mak masak tak mau belajar ,sekarang tinggal jauh baru sibuk mau catat resep nya.. qiqiqi  Nasib lah kalo tinggal jauh dari mak.. ahh kangen sama mak jadi nya. T_T

Melly makan nya sama tempe goreng, hari hari makan tempe goreng pun ngga bosen..qiqiqi apalagi sekarang selalu ada stock tempe di freezer,jadi ngga pernah takut kebahisan tempe.. Eh di tambah dengan kerupuk nya juga.. so typikal Indonesia suka makan nasi sama kerupuk.. hehe
Okey deh.. got to go.. Have a great weekend my dear freinds.. :D




Cumi Masak Hitam 
By : Melly

 Bahan - Bahan :
500 gram cumi ukuran kecil
1 buah jeruk nipis ambil air nya
3 buah bawang merah di iris iris tipis
2 buah bawang putih di iris iris tipis
2 buah cabe merah besar di iris iris tipis
1 inchi jahe di geprek
1 inchi lengkuas di geprek
1 batang serai di geprek
2 lembar daun salam *melly ngga pake,ngga punya
Garam secukup rasa
Gula secukup nya
Lada bubuk secukup nya
Air secukup nya


Cara Membuat :
1. Bersihkan cumi,keluarkan tulang bagian belakang nya tanpa memecah kan kantong tinta nya. lalu lumuri cumi dengan air jeruk nipis kurleb 10 menit . Sementara itu potong potong bahan lain nya.
2. Panaskan minyak goreng nya lalu masukkan bawang merah, bawang putih,cabe merah,jahe,lengkuas serai dan daun salam *kalo pakai lalu tumis hingga bau nya harum.
3. Masukkan cumi nya lalu aduk rata dan tambahkan air sedikitttt aja, garam, gula dan lada bubuk nya.Aduk rata dan masak sebentar hingga kuah nya berkurang dan pekat. jangan lupa di cicipi kalo rasanya uda pas boleh di angkat dan sajikan. Enak di makan dengan nasi hangat..


Met Mencoba.. ^_*


7 comments:

zila norazila said...

makan sama nasi hangat best tue melly:)..tinggalkan zila sikit krupuknya tue..

zila norazila said...
This comment has been removed by the author.
Salami Simon said...

Kak Amie pun suka sotong masak hitam, ada rasa manis2 dalam kuahnya... tempe ya Melly, memang tempe termasuk diet yang menyihatkan kerana kandungan proteinnya... kalau terpandang tempe pasti kuterkenang Pulau Jawa... di mana-mana ada saja hidanga tempe & tahu!

Evelyn Gemina said...

Selamat malam sis melly, wah ini mmg menu kesukaaan saya dari kecil2 ni, memang x boleh tinggal, makan sampai gigi hitam,hehehe

rahel said...

Selamat malam Melly...
kalau cumi masak hitam kayak gini memang gue suka banget...makan nasi pun nambah terus..

Aneka Resep Masakan said...

patut dicoba nich resepnya
thanks banget yach

resep masakan said...

mba, yang lain kan geli ya kalo lihat warna hitam nya. gimana kalo di kasih pewarna makanan. apa bisa ya. sebenernya tinta cumi bisa menghilangkan sel kanker. tapi kalo geli jadi ngga makan deh