Saturday, December 1, 2012

Donut Yummeh Topping Nuttela & Choco chips


 Selamat malam semua, Saturday night yang dingin karena hujan kayanya cocok sekali untuk posting donut ini, hmmm lebih asyik lagi kalo posting nya sambil makan donut tapi apa boleh di kata semua tinggal photo nya aja, soalnya donut nya dah di buat beberapa hari yang lalu.. hehe

Selama liburan sekolah kalo ngga pergi kemana mana yah buat makanan kesukaan anak anak di rumah, buat nya pun di bantuin sama my 2 girls,mereka memang berminat bantuin masak masak, walaopun kalo mereka ikutan bantuin malah makin kacau karena semua pun mau tolong mommy nya  lama kelamaan nanti ada yang menangis kalo alat buat bantu nya ngga cukup..




It may not the nice looking donut apalagi ini photo nya pakai kamera HP aja, uda sebulan compact kamera di rumah rusak,belum sempet beli gantinya tunggu sambil nunggu coin bank nya penuh dulu sambil pilih pilih mau beli model apa. tapi donut nya enakkk lembut sekali bahkan sampe keesokan hari nya. Uda sering buat donut pakai resep ini,  Karena ngga punya coklat cair jadi topping nya pakai nuttela aja trus kasih coklat chip , Oddy yang letak topping nya, kalo aku sih lebih suka makan donut pakai gula donut.

Pernah buat Donut yummeh   ini sebelum nya, waktu itu buat 1/2 resep.hari ini buat 1 resep dan kali ini buat nya pake all purpose flour..hehe  Original resep nya dari Kak Rima , tapi masa itu Melly lihat nya di blog nya Mamafami . Terima kasih buat kak Rima ,resep nya enak. Melly minta Ijin share resep nya di sini sekali lagi. ;)





DONUT Topping Nuttela & Chocochips
Sumber :Kak Rima


 Bahan Bahan :
500  gram bread flour*pakai all purpose flour
100  gram gula
11  gram  instant yeast
4  kuning telor
200  ml air
100 gram  butter / margarine
1  tsp garam
 
Bahan Topping :
Nuttela secukup nya
Choco chips secukup nya
 
Cara Membuat :
1.Dalam wadah campur tepung,ragi sama gulanya aduk rata
2.Masukkan telor dan airnya ,aduk rata.uleni adonan nya hingga tercampur rata dan setengah kalis lalu  dan kasih garam dan butter nya sedikit demi sedikit sampe habis, terus ulenin sampe adonan nya kalis elastis.
3. Kalo sudah kalis elastis bentuk bulat dan diamkan biarkan mengembang sampe 2x lipat.kurleb 60 menit
4. Kalo  sudah mengembang tumbuk adonan nya dan giling adonan nya kurleb tebalnya 1 cm lalu bentuk pake cutter donut letakkan di atas tray yg sudah di taburi tepung lalu diamkan lagi kurleb 20 - 30 menit.
5. Goreng di minyak panas pake api sedang  sampe agak kecoklatan, saat di goreng donut nya jangan di bolak balik cukup di balik nya sekali aja agar donut nya ngga berminyak.
6.Kalo sudah kecoklatan angkat dan tiriskan minyak nya.
7. Biarkan dingin lalu oleskan dengan nuttela taburi  dengan choco chips atau  taburi dengan gula donut atau hias sesuai selera.


Cara membuatnya kalo pake Bread Maker:
Masukkan air,gula,garam , kuning telor lalu tepung dan raginya..pencet tombol dough,setelah di uleni selama 5 menit baru masukkan butternya,dan biarkan si BM bekerja sampai selesai dan bunyi beep.
Seterusnya sama dengan step 4 - 7 di atas.


Met mencoba.. ^_*


  
Audrey proudly show  her donut..mari jemput makan donut.. hehe

5 comments:

Amie said...

Oh Melly... enak kita makan donut sama secawan kopi panas.... ada lagi tak Melly?

Evelyn Gemina said...

Uiiihhh sedapnya donut kak melly, gebus gituuu...

Gee® said...

sedapnya donut.. nak!

zila norazila said...

hi melly
dghter dh besar la..nampak smakin cantik..show donut lg..nampak sedap la:)

Uncle Lee said...

Hi Melly, wow! I have always loved donuts, and yours looks real good. I think 4 pieces will do me fine, with iced coffee, ha ha.
Love the colours and the trimmings.
You have a nice day, and keep a song in your heart.
Lee.