Friday, April 19, 2013

Ayam Masak Lemak



Ayam masak lemak kurang lebih sama dengan  Opor ayam kalo di Indonesia  perbedaan nya di sini pakai daun kunyit dan asam gelugor  kalo di Indonesia biasanya menggunakan daun salam dan daun jeruk. Biasanya di Malay ayam masak lemak nya di kasih chili padi, buat lidah emak emak pasti lebih mantap kan ada sensasi pedess nya tapi karena yang mau makan anak anak yang ngga kuat pedes jadi nya chili padi nya di skip aja.

Melly juga masukkan kentang sama wortel sebagai tambahan nya sesuai sama selera anak anak.Kadang juga aq masukkin telur rebus jadi all in one . Anak anak suka sekali di makan dengan nasi hangat memang sedap. Hmmm ..kalo di Indo kan di makan sama ketupat juga enak..hehe






Ayam Masak Lemak 
Sumber : Melly

  Bahan Bahan:
1 ekor ayam : bersihan di potong 12
3 buah kentang ukuran besar di potong 4
2 buah wortel di potong potong sedang
500 ml santan cair
250 ml santan kental
2 batang  serai di geprek
2 helai daun kunyit
1 sdt kaldu ayam bubuk
1 keping asam gelugor 
Garam,gula secukupnya


Bahan yg di haluskan:
1 cabe besar *kalo suka pedes bisa di tambah
5 bawang merah
3  bawang putih
3  buah kemiri
1 inchi lengkuas
1 inchi kunyit
1 inchi jahe 


Cara membuatnya:
1. Tumis bahan yg sudah di haluskan & serai  sampe pecah minyak
2. Masukkan ayam dan masak sebentar lalu masukkan santan cair dan masukkan wortel dan kentang nya.
3. Masukkan garam,gula,kaldu bubuk lalu aduk rata dan masak hingga ayam nya matang.
4.Masukkan daun kunyit, asam gelugor  dan santan kental nya, aduk rata.biarkan masak hingga santan nya mendidih.
5. Cicipi , kalo rasanya uda pas boleh di angkat dan taburi dgn bawang goreng sebelum di hidangkan.


Met mencoba.. ;)

5 comments:

ady said...

mmg npk sedap ayam tu...yummy..

Sury Abil said...

Boleh cuba nnti..tapi ngga boleh pedas..:-)

Rohah said...

enak ni Melly...

Amie said...

Waduh! Enak banget dong! Udah duduk bersila ni dengan sepinggan nasi panas... tinggal minta daging ayam 2 ketul sama kuahnya bubuh banyak2 yah Melly sayangggg...

Puisi Artikel said...

CHIFFON MOUSE TELUR (Spanyol) + KOPASZTAS KOCKA (Kol Masak Pasta khas Eropa timur) + RESEP MASAKAN FISH CORTBOUILLON (New Orleans) + RESEP MINUMAN FRUIT PIE (Los Angeles) + RESEP MASAKAN BLACK JAIL (Mexico) + RESEP MASAKAN BLACK DEVIL (Mexico) + RESEP MASAKAN D’KILLER (Mexico) + RESEP MASAKAN MEXICAN CHICKEN (Mexico) + RESEP MASAKAN SAN QUENTIN SALMON (Mexico) + RESEP MASAKAN ALCATRAZ JUICE (Mexico) + RESEP MASAKAN GRILLED ALASKAN KING CRAB WITH SWEET SAUCE (Alaska) + RESEP MASAKAN GRILLED LAMB SATAY WITH SWEET SOYA SAUCE (Alaska) + RESEP MASAKAN HALF BABY CHICKEN (California) + RESEP MASAKAN THE BIG EASY NEW ORLEANS STYLE BLANKENED (Los Angeles) + RESEP MASAKAN GRILL SALMON FILLET WITH VEGETABLES (New York) + RESEP MASAKAN DALLAS SIGNATURE PAN FRIED CRAB CAKES (Miami) + RESEP MASAKAN ALBONDIGAS SOUP 1 (Mexico) + RESEP MASAK VANILLA ROLL CAKE (Brasil) + RESEP CAKE LAPIS KEJU (Brasil) + RESEP MASAKAN BEEF JOURNEY (Sidney) + KERANG HIJAU BUMBU NEW ZEALAND + BLECK PEPPER ALA SELANDIA BARU + FRIED BEEF WITH MELTED CHEESE KHAS PHILIP ISLAND + RESEP BEEF BLECK PEPPER KHAS SELANDIA BARU + RESEP BBW BEEF (New Zealand)