Friday, May 24, 2013

Kek Lapis Cadbury .. 1st Layer Cake From My Oven



Yesss.. I did it.. this is my 1st layer cake, ngga percaya rasa nya bisa buat kek lapis sendiri.Uhuyyy
 Sejak tinggal di Kuching Sarawak yang terkenal dengan kek lapis nya yang enak dengan berbagai macam perisa dan corak yang bermacam macam membuat keinginan belajar buat cake lapis sendiri. Musim perayaan di sini ngga lengkap tanpa sajian cake lapis. Sudah lama mau buat kek lapis tapi selalu ngga PeDe, karena ngebayangin nya pasti susah banget,apalagi dengar cerita kalo buat nya makan waktu sampai berjam jam,makin ngga berani mau buat nya padahal yang namanya iron yang buat press kek lapis dah di beli sejak tahun kemaren..huhuhu

Akhirnya memberanikan mencoba buat lapis cake ini, abis di tantang melulu sama hubby kapan mau belajar buat kek lapis, karena hubby sama anak anak memang suka makan cake lapis.Waktu habis membeli bahan bahan nya sempat kaget juga,pantesan harga kek lapis yang di jual terbilang mahal karena cost untuk buatnya juga memang sudah banyak belum lagi buat nya yang rumit dan menyita waktu.
Di hitung hitung kemaren cost bahan nya sudah mencapai Rm 45 belum di hitung electrik dan tenaga dan waktu masa membuat nya, jadi ngga heran lagi dulu kalo beli harga nya selangit.
Walaupun cost buat nya mahal dan buat cake nya rumit tapi berbaloi bagi Melly,cake nya enakkkk sekali, lembut malah kata hubby enakan yang di buat sendiri dari yang biasa di beli. Semua yang coba kek nya kata sedappp.. kalo ngga percaya buat aja sendiri..  :D:D:D




Sssttt.. My husband so proud of me karena bisa buat kek lapis ini *wink. Senang rasanya di puji husband sendiri..hihihi  apalagi hubby bukan type yang selalu puji istri nya,,huhuhu.. Kek lapis nya memang belum perfect sangat tapi bagi Melly dah happy banget bisa menjadi begini, ngga pernah ngebayangin sebelum nya kalo suatu hari nanti bisa buat cake lapis sendiri yang belajar buat nya cuma dari internet,ngga pernah lihat secara langsung cara buat nya.Cake ini Melly buat masa hubby out of town, malam sebelum hubby pulang Melly buat cake nya,setelah selesai di WA photo nya ke hubby, he so suprised kalo cake nya berhasil dan layernya pun boleh kelihatan, Hubby kata jangan photo dulu nanti esok hubby datang yang photo buat Melly,,aihhh tumben sekali mau bantuin photo,dulu dulu kalo minta tolong photoin makanan ngga mau padahal selalu mau kritik photo makanan Melly, selalu ada saja yang tak betul, tapi Melly sih tak peduli,,bagi Melly sih asal photonya jelas kelihatan boleh lah tuh, Melly orang nya ngga kreatif untuk memikirkan style photo nya dan aku rasa food photography susah, banyak yang perlu di persiapkan. Melly paling ngga bisa pake DSLR, dah di ajarin pun ngga ngerti ngerti , susah bagi Melly, ribet  lama mau nge set nya,tapi selalu kata sama hubby mau photo makanan nya ada bokeh nya seperti teman2 blogger lain nya, tapi mau nya pakai compact cam  jadi nya hubby beliin Olympus XZ1,yang Melly kasih nama "baby white" ..hihihi . Walopun compact senang senang Melly dapat photo yang ada bokeh nya tanpa di edit, prefer  pake compact cam selain kecil gampang di bawa ke mana mana  yang langsung point and shoot and upload senang kan,memang lah ngga sebagus kalo pake DSLR tapi bagi Melly sih sudah cukup puas .Sekarang malah suka  ambil photo makro , senang aja ngga perlu pikir style nya, yang penting photonya ngga out of focus and dapat bokeh nya..hihihi. Mangkanya my "baby white "selalu dalam hand bag atau dalam dash board kereta, sambil tunggu bel sekolah bunyi pun bisa hunting photo macro di halaman sekolah.. ;)




Since hubby volunteer mau photoin kek lapis ini jadi sekarang giliran Melly yang challange hubby untuk ambil photo makanan..hahaha
Melly ngga ikut campur ,cuma bantu potong cake nya aja,semua pakai style dan gadget nya sendiri,yah photo yang di sini pake DSLR nya hubby yah bukan my "baby white" dan akhirnya setelah selesai hubby  mengaku  juga kalo ambil photo makanan memang susah..haha..sekarang dah tau yah bang.. mangka nya mesti try baru tau. :P
Btw...hubby memang hobby photography dari masa bujang dulu sebelum digital photo ada,pake nya SLR,jadi masa dating dulu selalu pergi ke botanic garden, Zoo, mana mana banyak object yang bisa di photo, setelah punya anak giliran baby kami lagi yang jadi model nya,tapi sejak pindah ke Msia, hobby nya mulai di tinggalkan, karena sibuk urus kedai pergi pagi pulang malam jadi  ngga ada waktu untuk hunting photo, paling cuma photoin anak anak yang jadi model nya atau kalo ada saudara dan kawan yang kawin. Halah..jadi ngalor ngidul gini.. malah ngomongin hubby...qiqiqi




Back to kek lapis ini..sebenernya buat nya ngga sesulit yang Melly pikirkan sebelum nya,bagi yang belum pernah coba buat jangan takut untuk mencoba, adunan nya gampang mau di buat,ngga bakalan bantet yang penting mesti ada kesabaran dalam melapis nya karena membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menyelesaikan satu kek ini, kurang lebih butuh selama 3 jam, but it all worth it, karena kek nya sedapppp.Recomended deh.. Makasih buat Kak Dayang atas perkongsian recipi nya,  masih banyak cake lapis nya yang Melly mau coba. Minta ijin tulis recipe nya di sini dengan bahasa yang lebih mudah di pahami buat teman teman Melly yang lain..Mereka kadang compliant ngga ngerti bahasa Melayu.. So... sudah ready kah mau buat kek lapis.. kalo Melly sekarang lagi syook buat kek lapis dan sedang memikirkan mau buat kek lapis apa lagi..hihihi







Kek Lapis Cadbury / Kek lapis India

Bahan-bahan: loyang 9" x 9" *Melly pakai 8" x 8"
450 gram  mentega berkualiti tinggi
120 gram tepung hong kong / tepung gandum (diayak)
220 gram  gula halus
10 biji telur
100 gram  tepung biskut marie
65 gram serbuk horlicks
50 gram  serbuk santan (1 paket)
300 gram susu pekat manis aka SKM
2 bungkus kepingan coklat Cadbury
Pewarna kuning - optional*ngga pake



Cara Membuat :
1.Panaskan oven pada suhu 170 ~ 180 C api atas dan bawah ~ mengikut kepanasan oven masing-masing
2.Sediakan loyang kek dan oleskan dengan mentega lalu lapisi dengan baking paper bagian bawah nya sahaja,sisihkan
3. Kocok mentega dan gula hingga berkembang dan berkrim.
4. Masukkan telur satu persatu sambil terus di kocok  perlahan.
5. Masukkan tepung biskut marie, horlicks dan tepung, santan dan susu pekat sedikit demi sedikit sambil terus di kocok dengan kecepatan rendah hingga semua tercampur rata.
6.Masukkan pewarna kuning jika pakai dan kocok hingga rata.  
7. Masukkan adonan sebanyak 7 sendok makan  dan ratakan ke dalam loyang dan bakar hingga kecoklatan..Bakar kurleb 10 menit tergantung dengan kepanasan oven masing masing.*Melly pakai cara timbang adonan nya sebanyak 200 gram tiap lapis nya.
Pada lapisan pertama bakar dengan menggunakan api atas dan bawah. Untuk lapisan seterusnya gunakan api atas sahaja
8.Selepas membakar satu lapisan jangan lupa untuk menekan permukaan atas kek supaya kek padat dan membuang segala gelembung udara.
9. Ulangi  lapisan dan letakkan  kepingan coklat pada setiap lapisan ketiga.
10. Pada lapisan yang terakhir, Melly bakar dengan menggunakan api atas dan bawah lagi sampai atas nya kecoklatan.
10. Keluarkan cake dari dalam oven dan biarkan dingin sebelum di potong.

Nota:
  • Biskut marie di haluskan dan diayak baru ditimbang.
  • Serbuk Horlicks boleh digantikan dengan serbuk nestum bayi jika suka.
  • Susu dan gula boleh dikurangkan atau dilebihkan mengikut citarasa sendiri.
  • Gunakan mentega yang berkualiti tinggi untuk dapatkan hasil yang baik. 
  • Acuan saiz 9" x 9" digunakan untuk kek yang tidak terlalu tinggi. Boleh juga menggunakan loyang 8" x 8".
  • Cara menyusun coklat : Bakar adunan terlebih dahulu. Kemudian susunkan coklat secara rawak Tutupkan coklat dengan adunan seterusnya dan bakar hingga keperangan. ATAU masukkan adunan dan susunkan coklat secara rawak dan bakar. Terpulang pada keselesaan masing-masing.
  • Setiap layer dibakar/digril lebih kurang 7-10 minit mengikut kepanasan oven masing-masing atau sampai layer nya kecoklatan.

Met Mencoba.. ^_*




10 comments:

Bbwana adienia said...

salam melly..

wah..cantik la hasil kek lapis tu..memang menjadi dan kemas..yang pasti memang sedap..

Sury Abil said...

Yah...sudah manjadi kek lapis nya..tahniah ya kamu bejaya akhirnya..cantik sekli lapisan nya..kalau mcm ni ngak payah beli lagi ya...:-)
Berbaloi baloi kan..:-)

Bunda Nina said...

Speechless.....what a wonderful cake. Pengen bisa bikinnyaaa....

Amie said...

Akan kucoba ini dik Melly... memangnya belanjanya lebih sedikitvtapi hasilnya berbaloi2... resepi dari dapur DJ memang hebat!

rahel said...

waduh...serem deh...minta dua potong ya Melly..

Norzila Zakaria said...

cantik sudah ni melly..zila masih lum penah try

Rohah said...

cantek banget kek lapis yg Melly hasilkan..pasti enak ye..saya pun belum kesempatan untuk mencuba kek yg ini..

HomeKreation said...

Syabas Melly! Walaupun 1st time tapi amat cantik sekali lapisan nya.

Elisabeth Lie said...

baccarat online
baccarat online indonesia
casino online
casino online indonesia
live casino
live baccarat
live dealer
komisi rolling
judi online
live casino indonesia
komisi tanpa syarat

Rere Ria said...

Mba, kl di Indonesia, serbuk horlicks diganti apa yaa?