Sunday, June 23, 2013

Donut Kentang Empuk Ala Naura Cakes Setoran BMS # 3



Semua pasti suka donat kan.. Cemilan fav all the time. Begitu pula anak anak di rumah mereka suka sekali makan donut apalagi si bungsu, kalo pergi mall ngga pernah ngga beli donat. Dari beberapa hari yang lalau bungsu dah request minta di buatin donut, tapi karena cuaca lagi panas kayanya lebih cocok buat agar agar dari pada donat. Akhirnya kemaren buat juga donat ini walauoun cuaca masih panas, sekalian ikut meramaikan BMS # 3 di group BKR di FB yang kebetulan tema bulan ini donat kentang ala Naura Cakes.



 Seperti namanya donut ini memang empuk, adonan nya dough nya aja  ngga keras jadi gampang kalo diulenin nya, walapun di ulenin pakai tangan ngga bakalan menguras tenaga. Rasanya pun enak, ngga nyesel deh cobain resep nya. Makasih buat Ibu host BKR bulan ini Mba Nina yang sudah share resep donut kentang yang empuk ini.. Jangan kan anak anak ,emak nya pun doyan..hihihi.  Saya dan si  bungsu kalo makan donut suka nya pakai gula donut aja, kalo Audrey suka topping coklat rice dan Titen suka pakai topping nutella.. Joom tengok recipe yang Melly pakai kali ini.. :D





Donut Kentang Empuk
Sumber : Naura Cakes By Nina


Bahan A :
500 gram  tepung protein tinggi / sedang
75 gr gula halus
 250 gram  kentang kukus, haluskan

Bahan B :
11 gr ragi instant
150 ml air hangat suam kuku
1 sdt gula pasir
*Masukkan ragi dan gula ke dalam air hangat, aduk sampai larut dan biarkan hingga mengembang dan berbuih -+ 5-10 menit

Bahan C : 
2 kuning telur
75 gram  margarin
Garam secukupnya


Cara membuat :
1. Masukkan bahan A, aduk dengan tangan hingga tercampur rata.
2. Masukkan bahan B, uleni sebentar hingga tercampur rata
3. Masukkan bahan C, uleni hingga lembut dan kalis
4. Diamkan adonan kurleb  30 menit hingga mengembag.
5. Kempiskan adonan, timbang adonan sesuai selera, diamkan lagi hingga mengembang. *Melly timbang sebesar 40 gram lalu di bulatkan dan di cetak dengan cetakan donut.
6. Lubangi dan bentuk adonan lalu  goreng sambil di putar putar tengah nya menggunakan api kecil hingga kecoklatan.


Met Mencoba.. ^_*


5 comments:

Amallia Eka Widyastuti said...

Enak nih donat kentangnya, jadi ngiler nih.

Sury Abil said...

Mau gak mendonut ni...ambik resepi nya ya..:-D

zila norazila said...

hi melly aduhhh nampak gebuss sgt2 tau..sedapnya..

Qasey Honey said...

molek betul kejadian donut tu..nmpk enak banget..

Amie said...

Hai Melly sayangggg... sempat singgah di sini sebentar sementara menunggu kek lapis masak dalam kukusan...
Makanan jenis tepung begini memang elok untuk tumbesaran anak-anak, tambah lagi kalu dibikin pelbagai bentuk, pasti anak-anak akan tertarik untuk menikmatinya!