Monday, June 18, 2012

Tumis Daun Singkong, 1st Time makan Ikan Terubuk Masin


Selamat Malam temans... apa kabar nya semua.. ? Melly ucapkan terima kasih buat yang sudah mengunjungi dapur Melly selama ini, maaf yah kalo akhir akhir ini Melly jarang sekali updated blog ini di karenakan agak sedikit sibuk akhir akhir ini. :(( 
Ini menu makan siang tadi di rumah, menu yang simple tapi Melly suka sekali, makan nya sampe nambah terus.. gimana mau turun timbangan nya kalo makan yang kaya ginian.. huhuhu




Dulu waktu masih di Jakarta Melly ngga suka makan daun singkong, pas pindah ke sini selalu lihat kakak ipar makan ternyata enak juga daun singkong ini. Malah di belakang rumah Melly kakak ipar ada tanam daun ubi ini jadi nya kalo mau buat ulam daun singkong atau sayur daun singkong tinggal petik aja. It's fresh , healthly and free.. hehe.
 Tadi Melly buat daun singkong nya di tumis pake sambal balachan.suwer.. enak banget. slurrp
Di makan nya di temani dengan tempe goreng dan ikan Terubuk Masin. Karena anak anak ngga suka menu seperti ini jadi untuk mereka  melly buat Ayam Masak Kicap .




Btw.. Walau sudah hampir 6 tahun tinggal di Sarawak ini pertama kali nya Melly makan yang namanya Ikan Terubuk qiqiqi . Padahal Kuching terkenal dengan ikan terubuk masin nya dan ikan terubuk ini adalah salah satu buah tangan yang di beli kalo penduduk dari Semenajung datang ke sini.Ternyata memang enak, karena makan nya sendiri jadi tadi melly cuma goreng sedikit aja. ikan nya garing seharuskan di makan nya di kasih jeruk limau sama potongan cabe lagi, tapi tadi ngga punya limau.. :P . Cocok  banget di makan dengan  daun ubi balachan ini. Lain kali kalo Melly ke Kuching mau beli lagi ah yang banyak soalnya kemaren cuma beli seekor ,ceritanya buat tester aja,sekarang malah ketagihan.. hehe

So.. ini resep tumis daun singkong yang selalu melly buat, maaf yah resep nya cuma pake ukuran secukup nya, soalnya ngga pake di ukur2 kalo masak ini, tapi pasti semua dah pada tau deh resep ini, apalagi kalo orang sini, siapa sih yang ngga tau sayur masak balachan.. ;)


Tumis Daun Singkong Aka Daun Ubi
 Sumber : Melly

Bahan- Bahan :
Daun Singkong aka daun ubi secukup nya
Ikan teri asin aka ikan bilis secukup nya
Bawang merah dan bawang putih secukup nya
Terasi aka balachan secukup nya.
Cabe merah secukup nya
Garam secukup nya

Cara Membuat :
1. Cuci daun singkong nya tapis air nya dan beri garam secukup nya lalu di remas remas (seperti kalo mencuci baju ) sampe daun nya halus/lembut.
2. Kalo daun nya sudah lembut bilas daun nya lalu peras air nya .
3. Haluskan bawang, ikan bilis, cabe,terasi.
4. Panaskan sedikit minyak lalu tumis bahan yang sudah di haluskan sampe keluar bau nya. lalu masukkan daun nya, aduk rata bila perlu kasih sedikit air,beri garam secukup nya  dan masak hingga daun nya lembut.
5.Kalo daun nya sudah lembut dan rasanya sudah pas boleh di angkat, enak di nikmati dengan nasi hangat dan lauk lain nya.

 Met Mencoba.. ^_*


11 comments:

Shahriah Abdullah Novelis said...

Hi Melly salam kenal.. saya kesini keran terlihat sayur tumis pucuk ubi.. pingin tahu..:)) tq yaa

Amie said...

Enak banget kalu lauknya gini Melly... memang nambah2 nasi ni... terkenang daku pada bonda, memang dulu nkami selalu nikmatu laukpauk begini waktu tinggal bersama.....

ummiaisyah said...

dh lama tak mkn pucuk ubi...selalunya kt sini dimasak lemak cili api...jarang pulak ditumis..mesti sedap jugak tu...

zila norazila said...

hai melly cyg..rindu sangat2 dgn kamu..sihat x nie?..aduhhh ada sinkong lg..jarang zila msk camnie..biasanya dicelur ..pastu cicah sambal belacan atau sambal kacng..nnt nk coba jgk msk camnie:P

Qasey Honey said...

ngecess yer Melly...meh tukar dgn lauk2 tu semua...sedap..nmpk myelerakan...biasa pucuk ubi tu direbus aje...lum penah lg ditumis..

rahel said...

Mat pagi Melly..
kalau daun singkong tumis kayak gini memang enak...lagi2 kalo ada ikan asin..mantap beb.

Mamasya said...

Hi Melly. masak pucuk ubi..ikan masin...lauk kg gini mmg favorit. ikan terubuk masin tu mmg favorit...simpan bawa ke Cairo..baru habis stok...

~~zana@pb~~ said...

Hai Melly, lama tak nmpk ya? Ikan terubuk sedap masak asam pedas.

mayangsayang said...

wah melly lama gak singgah dapo melly... terliur nengok terubuk ikan masin tu....

Azilla said...

Sedapnya, terubuk ikan masin, dah lama tak makan....

obat jerawat herbal said...

mantaaap.