Saturday, October 20, 2012

LBT # 18 Wingko Jagung Manis



 Akhirnya bisa makan wingko juga, ngga tau uda berapa lama ngga pernah makan kue yang satu ini, sampai lupa gimana rasanya,kalo bukan karena PR nya LBT mungkin ngga pernah kesampean mau buat wingko sendiri..hihihi .Ngga kerasa LBT uda memasuki bulan yang ke 18. Bulan ini temanya Wingko dengan host nya Diah raki .Setelah bulan kemaren uda bolos ngga buat PR nya jadi bulan ini mesti buat lagian emang mau kenalin anak anak sama kue traditional Indonesia yang satu ini.




 Wingko babad aka Indonesian baked coconut cake adalah salah satu makanan tradisional khas kota Semarang di Jawa Tengah.Aslinya ngga di campur dengan bahan lain nya, tapi katanya sekarang sudah banyak variasi nya ada yang di campur dengan nangka, durian dan lain nya sesuai dengan selera.Tadi melly but di campur dengan jagung manis, maksudnya biar anak anak tertarik untuk mencoba nya,tapi ternyata mereka ngga  suka,cuma makan setengah abis itu malah makanin jagung nya doang .Untung cuma buat 1/2 resep karena takut anak anak ngga suka. Padahal kalo kata aku mah enak banget, lain kali mau buat di campur durian atau nangka,sapa tau aja kalo ada durian nya mereka suka..hehe

Sebenernya wingko katanya lebih enak di makan kekesokan hari nya,jadi ngga worry sih anak anak ngga mau makan nya, aku pikir buat temen nge teh besok sore tapi  kebetulan tadi kakak  ipar main ke rumah jadi di suguhin ini, eh ternyata mereka pada suka,malah lain kali mereka minta di buatin wingko ini buat di bawa pulang ke rumah nya.. ahhh seneng nya kalo buat makanan ada yang bantuin makan nya.. hehe
Resep nya Melly pake punya nya Alice bisa di lihat di Sini.  Thanks yah Alice, resep nya memang enak, aku suka, lain kali mau buat dengan varian yang lain.. Ijin share resep nya di sini.. ;)




Wingko Jagung Manis  Aka Indonesian Baked Coconut Cake  Makes 24 pieces
Sumber : Alice
Modified : Melly

Bahan - Bahan : 
250 gram  tepung ketan aka tepung pulut
150 gram  gula
400 gram  kelapa parut
1/2 sdt vanili *skip ngga punya
3/4 sdt garam
250 ml santan panas (200ml kara + 50ml air)

Jagung manis secukup nya *melly tambah

Cara Membuat :
1. Campur tepung ketan, gula. kelapa parut, vanillin dan garam, aduk rata.
2. Tuang pelan2 santan sambil  aduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata lalu masukkan jagung manis secukupnya dan aduk rata.
3. Panggang di wajan teflon  / happycall / snack maker yg sudah diolesi sedikit minyak - sampai kecoklatan, lalu balik dan panggang sisi satunya lagi juga sampai kecoklatan. *Melly panggang pake snack maker.

kalo mau di panggang dalam oven juga bisa, jadi masukkan adonan ke dalam loyang atau cetakan cup cake panggang pada suhu 180'C , panggang hingga warna kecoklatan dan matang. 
4. Sedap di makan setelah wingko nya dingin,karena kalo baru matang kulit luarnya keras., tapi kalo mau di makan panas panas juga bisa..hehe




Contoh Cetakan yang Melly pakai

Selamat Mencoba.. ^_*

2 comments:

Qasey Honey said...

alahai comeiiinye...rajin btul la akak ni buat kecik2 cmtu...nmpk pon sedap..nk spinggan tu...hehe

Mieza said...

nnt mau cuba kuih ni...nampak sedap..pakai tepung pulut ye melly...