Wednesday, March 13, 2013

Roti Goreng Inti Kacang Merah



Selamat sore..sudah minum petang kah.. Melly barusan minum teh sama roti goreng ini. Hari ini ada rajin sikit karena anak anak sedang ujian jadi nya ngga ada yang KK so by pukul 1 pm dah selesai tugas . Dulu kecil kecil emak selalu buat roti goreng tapi inti nya pisang raja karena ngga ada pisang di rumah jadi nya pake inti kacang merah aja lagian punya stock inti kacang merah . Inti kacang merah nya pun jauh datang nya dari Sabah kakak ipar yang bawa untuk Melly.. hehe

Kebiasaan buruk kan ngga pernah tulis resep nya emak, rencana mau telp emak tanya resep tapi malam tadi sebelum tidur kebetulan sempet google cari recipe roti goreng, landing  di blog nya Mama Hawa. Di lihat2 gampang juga recipe nya, jadi nya coba aja deh buat roti goreng nya pake resep ini, lagian semua bahan bahan ada di rumah. Jadi nya tadi abis lunch masukkan bahan bahan nya ke dalam BM, denger bunyi beep tinggal bulat bulatin dan goreng.  1 recipe cuma dapat 9 ketul aja tapi ukuran nya lumayan besar juga. Sebagian ada yang Melly letak biji bijan...pergghhh.. wangi makin enak tapi ngga di letak bijan semua karena anak anak  sih ngga suka kalo ada bijan nya .Di makan panas panas enak banget.. Tapi sudah dingin pun tetep enak loh..

Okey deh.. ini resep nya Melly tulis lagi . Makasih buat  Kak Anim  yang punya recipe nya , Melly minta ijin di copas sini recipe nya yang enak ini.dan makasih buat  Mama Hawa sudah share recipe nya. Selamat Sore kawan.. HAve a  Nice Day.. :D





Roti Goreng Inti Kacang Merah
Sumber Recipe  :Ilham DApur / Kak Anim 

Bahan-bahan:

1/2 cup air suam *
2 cup tepung terigu
3 sdm susu bubuk
2 st ragi/yis*
1/4 sdt garam
2 sdm butter
1 sdm gula *
Inti read bean secukup nya  sebaiknya  simpan dalam kulkas dulu jadi gampang di bulatkan
Biji bijan secukup nya # melly tambah
Minyak untuk menggoreng


Cara-cara membuat :
 
1. Dalam mangkuk satukan bahan-bahan yang bertanda *. Biarkan seketika (1-2 minit) kemudian masukkan butter cair, lalu aduk rata
2. Dalam wadah yang terpisah satukan tepung, garam dan susu tepung. Masukkan sedikit-sedikit kedalam wadah no 1 sambil di aduk  guna garfu , sehingga adunan tadi bersatu (menjadi seketul) tapi tidak keras. Kemudian ulenin adonan dengan tangan sehingga adunan menjadi licin dan tidak melekat pada tangan (adunan ni mesti lembut, kalau terlalu lembut tambahkan tepung seikit demi sedikit .
3. Tutup mangkuk dengan plastik wrap atau kitchen towel dan biarkan selama 30 minit. Kemudian tumbuk-tumbuk sedikit doh yang telah naik tadi. 
4. Ambil sebesar bola lalu leperkan sedikit, letak inti kacang merah nya  yang telah dibulatkan tadi dan tutup rapat. #kalo mau letak bijan basahin adonan nya dengan air lalu gulingkan di atas biji bijan.
5. Panaskan minyak dalam kuali dan boleh lah digoreng sebiji-sebiji sambil simbah minyak panas ke atasnya (supaya ianya jadi kembang dan lembut). Goreng sampai habis.. Enak di makan hangat hangat.

P/S : Tadi Melly ngulenin nya pakai BM.. hehe
 

Met  mencoba.. ^_*
 


5 comments:

suryabil said...

Mau seketoi roti goreng nya tu....lama dh mau buat ni..tapi blm gak nk buat...:-D

Love2cook Malaysia said...

Wow menarik pau goreng Melly ni! Mintak sepinggan ;)

Gear KHK said...

thanks,sudah memberikan resep

Rohah said...

rajinnya Melly meroti..

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.