Saturday, March 9, 2013

Sup Ayam Kunyit Terung Asam



Selamat malam kawan... ngga terasa kan sudah malam minggu lagi.seharian di rumah aja, malas mau keluar. cuaca juga panas banget yah. Hari ini relaks di rumah sambil ngemil2 . sempat juga Melly nonton 2 movies yang sudah di download , sekarang susah mau nonton movie di cinema, anak anak masih kecil ngga ada yang jaga, jadi nya download movie aja, kalo pas ada waktu luang baru di tengok. Tadi liat movie Habibi & Ainun yang sedang hot hot nya di Indonesia. Nasibbb bisa download khan ngga masuk sini movie nya.
aihhh...jadi ngomongin movie..qiqiqi 

Ini menu tengah hari tadi di makan dengan tempoyak goreng  yang pedess dan nasi hangat..yah cuma itu aja menu nya tapi nikmat nya tiada tara..hehe. Anak anak mah ngga suka makan terung nya apalagi tempoyak nya, mereka cuma makan ayam dan kuah nya aja. Mangkanya tuh tempoyak goreng nya di kasih chili yang banyak biar pedesss ,makan pun ada ummpphhh nya.. :D





Pertama kali mengenal  tentang terung dayak ini masa tinggal di sini. Waktu di Jakarta ngga pernah nemu terung ini. Pertama makan sih ngga suka rasanya agak pahit githu  paling cuma makan kuah nya aja, tapi lama kelamaan suka banget sama terung yang satu ini. Di masak apa aja enak,jadi kuah nya ada sensasi asam githu.. enak deh pokok nya.. ;)

Resep nya gampang aja Melly belajar sama ipar . selain di buat sup ayam bisa juga di buat sup ikan. katanya bisa juga di buat sambal tapi melly belum pernah coba.

Oke deh...  Happy weekend semua..anak anak dah tidur semua..so it's my happy hours...*wink





Sup Ayam Terung Dayak
Sumber : Melly

Bahan Bahan :
1/2 ekor ayam di potong kecil 
3 buah terung dayak di belah 4
2 buah serai di geprek
3 siung bawang putih di cincang kasar
1 inchi jahe di iris halus
2 inchi kunyit hidup di iris halus
Garam secukup nya
1 sdt gula pasir
1 lembar daun kunyit di simpul


Cara Membuat :
1. Tumis jahe, kunyit, bawang putih ,serai sampe kecoklatan dan keluar bau.
2. Masukkan ayam nya, tumis hingga berubah warna lalu masukkan air secukup nya.
3. Masukkan terung dayak , aduk rata, tutup panci nya dan  masak hingga ayam dan terung nya lembut sambil sesekali di aduk.
4.masukkan garam secukup nya dan gula aduk rata lalu masukkan daun kunyit nya aduk rata, masak sebentar dan cicipi kalo rasanya dah pas boleh di angkat dan siap di hidangkan dengan nasi hangat .

Met Mencoba.. ^__*

9 comments:

suryabil said...

Lama x makan terung asam ni melly,masak rebus dengan udang..pehh enak banget dong..kasi campur dalam asam pedas jugak enak..kalau mau buat sambal,dipanggang dulu terungnya baru dibuat sambal..ala2 kerabu gitu...mcm2 blh masak dengan terung asam ni melly,,unik nya terung ni mmg ada di sarawak aja dong...tmpt lain ngak ada..mau tanam sendiri baru ada kot,biji nya semaikan..waduhhh...pjg berjela komen nya..kalau blik kuching terung ni tdk lupa di beli bwk blik kl..:-D selamat malam ya..sweet dreamm :-D

Amie said...

Hai Melly sayanggg... lama tak singgah dapur Melly... hari ini langkah kanan sebab dapat jamu selera dengan sup ayam kunyit terung asam, menu sihat ni Melly!

ummiaisyah said...

terung asam ni masam k mel? nggak penah mkn..di semenanjung ni panggil apa ye?

Melly Octaviana said...

@ Sury.. sama dong anak buah kalo datang dari Kl mesti bawa balik terung ini banyak banyak, memang ada di sarawak saja..sedapp ooo


@kak Amie... nikmat kak,,apalagi di tambah ikan masin nya kak Amie.. hehe


@Ummi.. iya masam terung nya..hmm katanya sih tak ada kat semenanjung, kalo disini biasa di panggil terung dayak juga.. nanti main ke kch boleh rasa yah.. hehe

rahel said...

Mat pagi Melly...
Jangan lupa supa ayamnya satu mangkuk ya...gue laperrr

Qasey Honey said...

wah menu sihat ni kak...tentu sedap ni dmakan panas2...gluppp

Yudi Darmawan said...

kayaknya gak terlalu rumit juga masaknya ya mbak, paling yang agak susah cari terung dayak itu..

o ya, salam kenal, ditunggu foll back yaa..

CT Delima said...

Hai Melly, kak ct emang enggak pernah makan terung asam, bisa jadi jakun kan kalau dihidang begini hehehe. Tapi sesekali dicoba apa salahnya kan :)

Rohah said...

kita tak pernah buat sup yg ada kunyit ni Melly...next time bolehlah cuba kan..