Tuesday, June 11, 2013

Gulai Rajungan Pedasss





Hari ini ketiban rejeki nomplok... Pagi pagi terima telp dari kawan dia tanyain mau ngga ketam , tapi masih mentah di suruh masak sendiri..cepat cepat bilang mau lah.. namanya juga gratis siapa sih yang mau nolak..hihihi . So setelah jemur baju Melly ke rumah teman yang jarak nya ngga jauh dari rumah mau ambil ketam nya, eh ternyata bukan ketam tapi rajungan, yah di tempat Melly ketam yang kulitnya bercorak di panggil rajungan. Melly di kasih 4 ekor rajungan , cukup lah tuh di makan seorang, anak anak ngga makan crab apalagi hubby, bukan nya mereka ngga suka tapi katanya ngga enjoy makan crab,susah mau di makan nya.. nasibbb baik,makan nya ngga ada yang temenin..la ..la..la..la



 Sebelum pulang mampir ke kedai beli kelapa parut, sudah tau mau di masak apa rajungan nya, dah lama kepengen makan gulai rajungan,karena di tempat tinggal  Melly  susah dapat rajungan , kalo pergi daerah Lundu atau Kuching mungkin senang sikit mau dapat rajungan atau ketam. Malah ini pertama kali nya Melly masak rajungan sendiri, biasanya makan ketam di restaurant tapi  selalu nya order chili crab bukan di masak gulai. Di makan nya tadi sama tumis daun singkong. ahhh nikmat nya apalagi kuah nya pedasssss.. walaopun kuah nya tidak berwarna  merah tapi kuah nya pedes soalnya Melly letak cabe rawit nya banyak.. slurrrp

Resep nya gampang aja pasti semua dah pada pandai  buat gulai.. Ini resep nya yang versi saya buat tadi, cuma pakai bumbu yang semesti nya selalu ada di rumah..;)




Gulai Rajungan 
Sumber : Melly

Bahan - Bahan :
4 ekor rajungan
500 ml santan ~ tadi pake 1/2 kg kelapa parut 
2 batang serai di memarkan
3 lembar daun salam
1 keping asam gelunggor
Garam secukup nya
Gula secukup nya

Bahan Yang Di Haluskan:
10 buah cabe rawit 
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 inchi lengkuas
1 inchi jahe aka halia
2 inch kunyit
3 butir kemiri


Cara  Membuat :
1. Cuci rajungan sampai bersih lepas cangkang nya dan belah menjadi 2 bagian.
2. Di dalam kuali masukkan santan , serai , daun salam 
dan bumbu yang sudah di haluskan, masak dengan api sedang sampai santan nya mendidih sambil sesekali di aduk aduk, masukkan  garam dan gula secukup rasa.
3. Kalo santan nya sudah mendidih masukkan rajungan nya, masak hingga berubah warna nya lalu masukkan asam gelunggur nya.
4.Masak hingga rajungan nya matang jangan lupa aduk santan nya sesekali dan cicipi rasa kuah nya, Kalo rasanya sudah sesuai selera boleh di angkat ,letakkan di piring saji, kalo punya bawang goreng boleh di taburi di atas nya, kalo ngga ada juga ngga apa.



Met mencoba.. ^_*




6 comments:

suryabil said...

Halooo melly..mlm2 tayang ketam..waduhh lama dh x mkn ketam...sebenarnya kurang minat sbb byk kulit dr isi nya x ejoi lah kan...hihi..tapi kalau ada depan mata layan gak le..:-D

Nadz Nazharzan said...

Wah melly, sedapnya ada ketammmmm...lama dah x mkn ketam...terliur ni..

Unknown said...

sedapnye melly..macam teringin plak zila tgk..menarik

Rohah said...

Waahh, la la la Melly ngap sorang2 ye.....enak mkn ketam klu isinya penuh..mmg kena bersabar mkn lauk ni kan..

Amie said...

Ooo ada nama lain ketam selain kepiting ya Melly... enak ratah2 ketam! Tapi tak mau makan nasi sebab biki ganggu konsentarsi menikmati isi ketam he he ehh.

rahel said...

Wah...enak sekali kuah kepiting itew.....mauuuuuu