Friday, May 4, 2012

Sambal Tempe



Selamat siang  temans...jumpa lagi di hari Jumat yang cerah dan panas.. Ngga kerasa uda hari Jumat lagi, hmmm..besok jalan jalan kemana yah... hehe
Uda masak belum.. Kemaren  Melly masak sambal tempe.Sebenernya uda lama liat sambal tempe ini di blog nya Rosdaniar. Tapi karena belum nemu daun kemangi nya jadi di tunda terus deh bikin nya. Sebenernya ngga pake daun kemangi juga bisa sih tapi kayanya ada yg kurang deh, wangi nya itu loh.
Rasanya sedappp sekali, Katanya enak di makan dengan ikan asin sepat ,tapi sengaja ngga mau buat ikan asin takut lupa mau berenti makan nya, abis di makan begitu aja dengan nasi wangi yang hangat pun nikmat sekali.. perpaduan tempe ,cabe yang pedes dan daun kemangi yang wangi  cocok banget di jadiin sambal. It's a keeper for me.. nyam.. nyam



 Kemaren ke pasar  pagi pagi dan jumpa daun kemangi , seneng banget deh langsung Melly beli seikat nya Rm.1. Jujur Melly ngga tau bentuk daun kemangi, tapi tau wangi nya, soalnya dulu dulu ngga pernah masak tau nya kalo emak buat sambal daun kemangi uda jadi sambal ngga tau daun nya kaya apa..hehe
Temen aku bilang ini daun selasih jadi nya Melly tanya temen fb ternyata daun kemangi sama dengan daun selasih, cuma kalo kami di Jakarta panggil nya daun kemangi.

Yuukk di lihat resep nya yang Melly lihat di blog nya Mba Daniar. Makasih yah Mba uda sharing resep sambel tempe nya yang enak banget, melly ijin tulis  recipe nya di sini. ;)




Sambal Tempe
Sumber : Daniar @www.daniar72.blogspot.com
Modified by : Melly

Bahan Yang Di Haluskan:
150 gram tempe
5 buah bawang merah * 50 gram
3 buah bawang putih  * 20 gram
5 buah cabe merah besar * 30 gram 
10 buah cabe rawit  *15 gram 
1 sdt terasi aka balachan yang sudah di goreng


Bahan Bahan Lain nya :
1 batang serai di geprek
1 cm lengkuas di geprek
2 lembar daun jeruk *daun salam
1 buah tomat di iris halus
1 sdt gula melaka
1/2 sdt garam
3/4  cup air *1 cup
3 batang daun bawang di potong2 kecil
Daun kemangi aka daun selasih secukup nya

* Resep asli

Cara Membuatnya:
1. Tumbuk kasar Cabe,bawang merah,bawang putih jangan sampe halus, lalu masukkan terasi, dan tempe nya dan tumbuk lagi sampe halus.
2. Panaskan minyak dan tumis bahan yang sudah di haluskan, tumis sebentar tempe nya.
3. Tambah kan air nya lalu aduk rata.
4. Masukkan serai,lengkuas, daun jeruk,tomat ,garam dan gula lalu aduk rata dan masak hingga airnya habis
5. Cicipi rasanya kalo sudah pas masukkan daun bawang dan daun kemangi nya, aduk rata dan boleh matikan api nya.
6. Siap di hidangkan dengan ikan asin goreng atau di makan begitu saja dengan nasi hangat juga sedapp.

Met Mencoba.. ^_*




9 comments:

Qasey Honey said...

myelerakan la Melly lauk tempe tu...hubby QH suka sgt dgn tempe ni...nti bleh la cuba cra masak yg mcm ni pulak...tq resepi n idea...

Amie said...

Kayaknya enak banget ni olahan tempenya ya Melly... Kak Amie pinjam resepnya ya... mau dicoba jugak nih!

Nuridah said...

Melly sedap ni makan waktu panas2...tambah 2 pinggan nasi..hehehe.

Liza said...

fuhhh tempe, bestnya...mintak sepiring, mau dimakan dgn nasi panas2....hihihih

zila 4ever said...

sedappp ..kita suka makan tempe goreng sama sambal kicap..masak mcmnie x pernah dicuba lg..keep resepi,,nnt2 harus dicoba..h ehee

mayangsayang said...

sedapnya melly ... apa2 yang berkaitan dengan tempe memang saya suka.. nasib baik melly letakkan gambar daun kemangi .. sbb saya pun tak tau macam mana gayanya.. thanks ya... nak di cubain resepi ini ...

rahel said...

Mat sore Melly,
wah..ini dia sambal kesukaan gue..bisa mkn byk nasi kalau ada sayur tempe..aduhai..

Mamasya said...

Slmt berhujung minggu Melly.sypun tak kenal daun kemangi....pernah tengok rasanya tp tak tahu nama.kalau sambal tempe mmg enak...kena dg nasi panas2..
tk Melly wish bday utk my sons.

ummiaisyah said...

Melly apa kabar..lama menyepi..sunyi ni...take care ya!