Saturday, November 24, 2012

LBT # 19 Pastel Tutup aka Pastup




Selamat siang  temans..  Ketemu lagi di ajang LBT yang ke 19 dengan tema Pastel tutup dan bertugas sebagai host bulan ini ialah Mba Dida Rachmadiah dan mba Fifi Fitrianto. Sebelum nya sering banget denger pastup ini tapi belum pernah buat atau makan pastel tutup sebelum nya..hehe
Baca dari doc LBT katanya  Pastel Tutup adalah sajian Pie ala Indonesia, orang Belanda menyebutnya Indische Pastel. Pastel Tutup ini adalah masakan yang cukup populer di Indonesia, perpaduan antara kuliner Belanda dan China. Sebuah sajian penuh gizi berisi daging dan sayuran yang seringkali disajikan di jamuan pesta pernikahan, arisan, dan pesta ulang tahun.




Sesuai namanya, semua adonan isi pastel ini seluruhnya tertutup oleh adonan kulit yaitu adonan kentang yang di haluskan dan biasanya disajikan dalam cup alumunium atau pinggan tahan panas. Kalo menurut Melly kurang lebih seperti shepheards pie yang pernah Melly buat , cuma isian dalam nya yang agak berbeda, mungkin isian nya di sesuaikan dengan lidah orang indonesia.. hehe

Ternyata rasa nya enak dan cukup mengeyangkan.Ngga rugi deh buatnya,maksih buat LBT kalo bukan karena PR LBT mungkin ngga pernah kesampean mau buat pastup sendiri.. hehe
Resep isian nya Melly dapat dari Bun Bun Rini.   Tapi resep kulit kentang nya Melly pake resep shepheards pie soalnya melly ngga mau pakai telor  hehe.  Makasih yah bun resep nya, Melly ijin share di sini, maaf resep nya sudah melly utak atik sesuai isi dalam kulkas.. ;)




Pastel Tutup 
Sumber : Angrainy Diah
Modified by : Melly

Bahan Bahan :
500 gram kentang *buang kulit nya dan rebus hingga lunak dan haluskan

2 sdm mentega
50 gram parutan keju
50 ml susu segar
Garam & lada bubuk secukup rasa


Bahan Isian
250 gram dada ayam * rebus, lalu potong dadu 

150  gram mixed vegetable * isi kacang polong,jagung,wortel
50 gram  jamur kancing  *potong dadu
1 bungkus  soun jepang * rendam dengan air 
2 buah sosis ayam *potong kecil
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdm margarin untuk menumis
100 cc susu segar (kalo ga suka pake air kaldu aza smua)
150 cc air kaldu (dari rebusan ayam tadi)
 1 sdm tepung maizenna * larutkan dengan sedikit
Garam, gula,merica secukup nya

Bahan Topping ; 
keju cheddar secukup nya *melly pakai mozarella
kuning telor (u/olesan)*melly pakai SKM

Cara membuat Isian
1. Haluskan bawang merah dan putih, tumis menggunakan margarin hingga harum.
2. Masukkan mixed vegie aduk rata lalu masukkan  susu segar dan air kaldu, masak sebentar.
3.Masukkan ayam, jamur, sosis, soun. aduk rata
4. Masukkan  garam, merica, gula, aduk rata , masak sebentar.
5.Masukkan larutan maizenna, sambil diaduk aduk hingga kental padat. Sisihkan.

Cara Membuat Pastel Tutup:
 1.Kentang yang sudah di haluskan campur dengan mentega, susu,keju,garam dan lada bubuk lalu aduk rata.
2. Olesi pinggan tahan panas dengan  margarin,
 3. Letakkan  sedikit kentang halus ∂i dasar pinggan lalu  masukkan bahan isian dan  ratakan.
4. Tutup lagi dengan kentang halus  (sisakan sedikit kentang u/ hiasan )
5. Olesi seluruh permukaan kentang dengan kuning telor, lalu taburi dengan keju parut.
6. Beri hiasan atas nya dengan  sisa kentang dengan  cara pake spuit lalu  olesi dengan kuning telor.
7. Panggang pastup di preheated oven  hingga atasnya kuning kecoklatan.
8. Keluarkan dan siap di hidangkan.

Met Mencoba.. Salam LBT.. ^_*


5 comments:

zila norazila said...

wahh melly rajin baget nie..nampak enak lg.

Qasey Honey said...

nmpk sedap..klau mkn smangkuk tu mesti kenyang..mcm2 ade kt dlm tu..rajinn

Amie said...

Cantiknya... berkilat! Oh... Melly teringinnya kak Amie merasa hasil air tangan Melly... tentu enak banget nih!

Evelyn Gemina said...

Oh ingatkan apa yg tutup tadi sis melly, nama resepi rupanya, hehe...mesti enak ni kan??semua resepi sis melly unik2 : )

♥LOVE2COOK MALAYSIA♥ said...

Sooooo delicious dear! Mouthwatering here ;)