Wednesday, March 7, 2012

Ayam & Rebung Masak Kari


Met  sore.. Masak apa hari ini..?  kalo Melly hari ini masak kari ayam yang di campur dengan rebung dan kentang. Orang di rumah suka banget sama yang namanya masak kari, apalagi hubby. Kalo yang melly tau sih kari ada yang kuah nya kental dan ada juga yang cair Banyak macam nya masak kari, kari buatan melly aja beda dengan kari buatan emak di Jakarta, kalo emak kuah kari nya agak encer sedangkan kalo Melly masak kari kuah nya yang kental gitu.Karena hubby  suka makan kari  jadi pas pindah sini Melly pun belajar masak kari dengan kakak ipar  Pertama tama juga masih belum sesuai rasanya,kadang keasinan,kadang ngga ada rasa tapi lama kelamaan Melly bisa juga menyesuaikan rasanya..


Ini menu makan siang  tadi sama anak anak,lagi ngga mood mau ambil photo dan uda di tungguin sama anak anak yang kelaparan jadi nya photo nya ala kadar nya aja.. Biasanya juga sih photo nya emang selalu ala kadar nya sih.. hehe.Kari ayam nya di campur dengan rebung kebetulan tadi ke pasar beli rebung Rm1,karena anak anak ngga makan rebung jadi nya di campur dengan kentang juga. Melly kalo buat curry bumbu nya ngga macam macam, tapi anak anak dan hubby suka dan curry nya juga bukan buat yg pedess, cuma pedess dikitttt aja jadi anak anak bisa ikut makan juga. Oke deh..Melly cabut dulu yah, mau temenin anak anak belajar dulu buat persiapan ujian besok di hari terakhir, malam nanti baru Melly jalan jalan di dapur nya temen temen.. :D Dan ini resep curry yang selalu Melly buat dan menjadi menu fav di rumah.. 


Ayam & Rebung Masak Kari
Recipe : Melly

Bahan Bahan :
1 ekor ayam di potong sesuai selera
4  buah kentang di potong 4
Rebung secukup nya *ngga tau ukuran nya tadi belinya RM 1
50 gram bumbu kari *2 bungkus kecil ,melly pake merk 888 (ngga pedes banget)
10 bawang merah *cincang kasar/haluskan
5 bawang putih*cincang kasar/haluskan
2 sdm kerisik
200 ml santan kental *pake kara kotak kecil
Rempah 3 sekawan secukupnya *melly pake 1 bungkus kecil yg isinya cengkih, bunga lawang, kayu manis.

Cara Membuat :
1. Tumis bawang yang di cincang kasar atau di haluskan dan rempah 3 sekawan hingga keluar bau dan bawang nya kecoklatan, masukkan bumbu curry yang sudah di larutkan dengan sedikit air, lalu tumis hingga pecah minyak.
2. Masukkan ayam nya dan aduk rata , beri air sedikit agar tidak terlalu kering, masak sebentar lalu masukkan rebung dan kentang nya, aduk rata dan masukkan air secukup nya, sampe menutupi ayam nya dan masak hingga ayam nya matang*biasanya kalo melly buatnya pake santan fresh melly masukkan santan cair nya tapi karena tadi pake santan kotak jadi nya di ganti sama air.
3.Kalo ayam nya sudah matang masukkan santan kental nya, aduk rata dan masukkan garam dan gula nya, aduk rata lalu masukkan kerisik nya dan masak hingga santan nya mendidih. kalo rasanya dah pas boleh matikan apinya dan siap untuk  di hidangkan. 

Met Mencoba.. ^__*





2 comments:

Nuridah said...

Melly,

Mau mamper sini mkn boleh ngak? Kak Nur suka mkn dgn sambal terasi....pasti enak.

rahel said...

mat malam Melly...
waduh..kayaknya enak banget tuh...pengen dong ama kari rebungnya..