Sunday, April 8, 2012

New York Cheese Cake For My Son's 9th Birthday.. ^_*


Kemaren tagl 6 April 2012 bertepatan dengan hari kelahiran anak pertama Melly. Seperti biasa ngga ada perayaan atau party, cuma tradisi aja di keluarga kami kalo ada bday mau tiup lilin, sudah pasti kalo mau tiup lilin mesti ada kek nya khan.. hehe
Tanya sama bday boy mau cake apa untuk birthday nya kali ini  Titen mau nya  cheese cake, hmmm... teringat  punya  resep cheese cake yang uda di bookmarked sejak setahun yang lalu..hehe   Pas kasih unjuk ke titen langsung titen nya mau, ahh..akhirnya ada alasan untuk membuat cheese cake ini.. ;)


Pertama kali liat New York Cheese Cake ini di fb nya Diah raki yang berhasil buat aku ngeces, ternyata betul kalo tekstur cheesecake ini mirip sekaliiiiii  dengan unbaked cheesecake. Jadi teksturnya tuh sangat lembut basah githu dan tentu nya creamy dan cheesy. 



Resepnya di lihat dari  pennylanekitchen.blogsome.com  yang sumber asalnya dari Majalah Santap Indonesia, tapi aku cuma buat 1/2 resep aja pake loyang ukuran diameter 20 cm ( cuma punya loyang yg ukuran segitu ) mangkanya cheese cake nya ngga tinggi. kenapa buat 1/2 resep soalnya takut nanti yg makan cheese cake ini hanya aku dan titen soalnya hubby, odie sama orel ngga begitu suka cheese cake yg terlalu cheesy dan lembut kaya gini. sebenernya kalo bagi aku di makan githu aja tanpa topping juga uda enak banget, tapi Titen suka kalo ada selai strawberry nya. 
 

Bener banget kata Bu Hiang Marahimin (editor Majalah Santap), jangan bicara soal cheesecake kalo belum mencicipi cheesecake New York! . So buat yang suka makan cheese ini recomended banget dan mesti lupakan diet pas makan nya biar ngga feeling guilty.. hehe
So ini resep nya yang aku pakai kemaren , ini 1/2 resep dari resep asli nya . Makasih buat  Diah Raki memperkenalkan cheese cake ini dan ijin copas resep nya di sini :


My precious kids


New York Cheese Cake 
Recipe Sumber : Majalah Santap Indonesia
Recipe di copas  dari : Diah Raki

Bahan - Bahan :
250 gr cream cheese
100 gr gula pasir yg halus
1/2 sdm maizena
2 btr telur ukuran kecil *harus benar2 ukuran kecil * krn untuk 1 resep pke 3btr telur ukuran besar
3 sdt jus lemon *td aq pake orange juice sunkist..hehe
1/2 sdt vanila extrak *klo ngga  ada mending di ignore aja jangan diganti dengan vanila bubuk
1/4 sdt garam
250 ml sour cream*aq ngga punya sour cream jadi pake yogurt.
*sebelum nya melly ada tanya di Fb substitute nya sour cream dan menurut Kak Ayu  untuk membuat            1 cup sour cream = 3 tbsp melted butter stirred into 7/8 cup buttermilk or plain yogurt.

Bahan lapisan bawah :
110 gr biskuit oreo ditumbuk halus *bs diganti dengan marie biscuit
70 gr butter cairkan

Bahan topping :
Selai strawberry yg dilarutkan dengan sedikit air
buah strawberry segar *aq ngga pake, pake strawberry yang dari selai nya.. hehe


Cara Membuat nya:
1.Panaskan oven 180 derajat Celsius. Olesi dasar loyang bongkar pasang ukuran diameter 16 cm dengan mentega *aq pake diameter 20 cm, lapisi dengan kertas roti, lalu olesi kertas roti dengan mentega pula. Bungkus dasar dan bagian luar loyang dengan 2 lapis heavy duty aluminium foil untuk mencegah air masuk merembes ke dalam loyang.
2. Haluskan  biskuit oreo lalu campur dengan butter yg dah dilelehkan, aduk rata. kemudian tata di atas loyang yg sudah dilapisi dengan mentega dan kertas roti tadi lalu tekan2 sampe padat dan simpan dalam freezer selama 10 menit. sisihkan
3. Dalam mangkuk yang besar, kocok cream cheese dan gula hingga sangat lembut. Kocok ke dalamnya tepung maizena, lalu tambahkan telur satu demi satu, kocok sampai rata. Tambahkan jus lemon, vanila extract dan garam, kocok lagi. Masukkan sour cream, kocok sampai tercampur rata.
4.Tuang adonan ke dalam loyang bundar yg sudah ada lapisan oreonya. Taruh loyang bundar dalam loyang persegi yang berisi air panas setinggi 2,5 cm. Panggang secara water bath aka au bain marie selama 45 menit.*aq panggang selama 1 jam.
5.Setelah selesai pemanggangan, matikan api, tapi biarkan pintu oven tertutup. Dinginkan cake dalam oven selama 1 jam. Keluarkan dan pindahkan ke rak kawat, lalu dinginkan lagi hingga mencapai suhu ruang (1 jam). Tuang topping ke atas permukaan cheesecake. dan simpan di lemari es semalaman.
Met Mencoba.. ^_*


Birthday's Boy ngga kerasa uda 9 tahun usianya.

Makasih buat aunties yang sudah kasih ucapan dan doa di fb. Lastly.... Happy Birthday for my dearest son, panjang umur nya murah rejeki nya, sehat selalu, makin pinter dan dapat menjadi anak yang berguna bagi agama ,orang tua dan bangsa. We love you so much.... :D

Orel pun mau ikut cut the cake


3 comments:

Amie said...

Selamat pagi Melly,
kalau cheese cake memang tak tolak punya... tentu seronok sekali Titen dapat potong kek yang enak bikinan mamanya.

Nadz Nazharzan said...

Wah Melly...Sungguh sedap nampaknya kek mu itu... Senyum lebar anak2 depan kek yg mamanya buatkan... Pasti sedap dan puas hati..

rahel said...

Selamat siang Melly...
psti enak yah cheese cakenya..mau dong...hehe..oh ya,selamat harijadi buat Titen..