Tuesday, April 17, 2012

Pisang Molen


 Akhirnya kesampean juga buat pisang molen atau biasa di panggil pismol ini. Pisang molen salah satu jajanan yang sudah ngga asing lagi yang di jual abang abang di pinggir jalan kalo di Indonesia, sebenernya udah lama Melly kepengin makan pismol ini tapi karena ngga punya alat gilingan nya untuk menipiskan adonan kulit nya jadi nya mundur terus mau buat nya. Akhir akhir ini banyak temen fb yang membuat pismol ini jadinya keinginan mau buat nya semakin menjadi jadi, kebetulan abis beli pisang raja,jadi nya kemaren pulang dari pasar langsung deh buat pismol ini walaupun menggiling adonan nya hanya menggunakan rolling pin, tapi ngga apa deh yang penting rasanya enak loh, gurih dan renyah, malahan kalo kata aku lebih enak dari yang di jual abang abang di pinggir jalan,karena adonan kulitnya pake margarine, kayanya kalo yang di jual sama abang abang margarine nya dikit kali yah..hehe . Apalagi pake pisang raja yang sudah matang dan manis pisang nya..hmmm..ngga nyesel buat nya,apalagi anak anak suka semua, padahal baru pertama kali loh anak anak di rumah cobain yang namanya pisang molen.




Pisang Molen makes 18  buah
Sumber : Resep Masakan Indonesia


Bahan Pisang Molen:
9  buah pisang raja
Minyak untuk  menggoreng

Bahan Kulit :
350 gram terigu/tepung
50 gram gula halus
1/2 sdt vanilli bubuk *ngga pake
1/4 sdt garam
150 gram margarine
75 ml air  atau secukup nya * melly pake 150  ml air 


Cara Membuat :
1.  Potong pisang melintang menjadi 2. sisihkan
2. membuat kulit nya : campur semua bahan kering menjadi satu dan aduk rata.
3. Masukkan margarine, aduk aduk  dengan ujung jari  hingga berbutir butir kecil.
4. Masukkan air nya sedikit demi sedikit sambil di aduk rata mengunakan sendok kayu hingga adonan kulitnya bercampur rata,  bisa membentuk adonan yang kalis dan licin juga tidak menempel di tangan.
5. Gilas adonan kulit dengan rolling pin  hingga tipis sekali membentuk persegi panjang.*kalo punya gilingan mie / pasta maker lagi bagus
6. Potong potong adonan selebar 2 cm  hingga membentuk seperti pita / tape. 
7.Lilitkan kulit adonan dengan rapi ke potongan pisang hingga pisang tertutup kulit adonan.dan sambil di tekan agar sewaktu di goreng tidak terbuka lilitan nya.
8. Goreng dalam minyak panas dan banyak menggunakan api sedang hingga kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan
9. Siap di sajikan hangat hangat ,selebih nya simpan di tempat kedap udara.


Met Mencoba.. ^_*





8 comments:

ady said...

sedap ni Melly untuk minuman petang..

Mamasya said...

Hai Melly.pernah makan pisang molen ni masa ke Bandung beberapa thn lepas.ada yg tabur cheese kat atasnya...sedap...

zila 4ever said...

hai melly..
mesti dah habis nie..h ehhee nak kena buat sendiri baru dapat rasa..sedappp nya.:)

Qasey Honey said...

sedapnya...buat makan2 kt depan TV...

rahel said...

mat sore Melly...kalau di Sabah memang banyak dijual pisang moleng ni..suka banget..enak dimakan sambil minum teh o..

Amie said...

Hai Melly,
kenangan makan pisang molen tahun lepas dalam perjalanan dari Bandung ke Yogyakarta masih terasa... sedap! Lain kali buat ebih ye Melly, kak Amie mahu tapau!

Naz / Nadz COSK said...

Hai Melly..

Ermm naz tak pernah ras pisang molen. Ni lebih kurang pisang yg dibalut dgn doh yg nipis dan digoreng yer.. Ermm..interesting.. Boleh buatkan utk Naz tak??

mochie said...

Salam kenal ya melly, sy suka intip resep2 nya.. Easy n yummy