Monday, January 2, 2012

Durian Cotton Cake


Akhirnya kesampean juga buat durian cotton cake ini.Uda lama kepengen buat ini tapi setiap kali beli durian ngga pernah awet yah, beli berapa aja anak anak bisa ngabisin nya,orang di rumah emang durian monster semua.Tiba tiba abis natalan kemaren banyak lagi yang jual durian,mungkin karena selalu hujan dan banyak angin yah jadi nya banyak durian yang jatuh..hehe  Kemaren hubby JJS sama anak anak pulang nya bawa durian,cepet cepet deh aku umpetin sebuah yg kecil untuk di jadikan cake ini.


Cake nya lembut banget, ringan, moist sekali soalnya di bake ala au bain marie.Waktu buat cake ini ngga ada yang tau pada sibuk nonton dvd,eh pas cake nya nya di panggang dan bau nya uda keluar pada ke dapur semua nanyain mommy nya buat cake apa.. Sangking penasaran sama rasanya cake nya masih hangat uda di potong ,ternyata betul kata mba Rachmah makan nya sampe merem melek..hehe  Aku buat nya pake resep nya mba Rachmah.Setyawati Makasih yah mba Rachmah uda share resep cake yang enak ini , ijin share resep nya yang enak ini biar orang lain juga bisa merasakan nya sampe "merem melek" ........  hehehe


DURIAN COTTON CAKE
 Sumber : Kedai Rachmah

Bahan-bahan :
60gr mentega
75 gr tepung terigu
75 cc susu cair putih
6 butir kuning telur, kocok biasa
150 gr daging buah durian montong, haluskan

6 butir putih telur
125 gr gula pasir
sedikit garam halus
1 sdm air jeruk nipis*aq pake cream of tar tar


Cara Membuat :
1.Hangatkan susu(sampe hangat saja) lalu tuang ke dalam kocokan kuning telur, aduk rata, sisihkan. Jaga tetap hangat.
2.Didihkan Mentega lalu  matikan apinya dan  masukkan  tepung terigu yang sudah di ayak,aduk hingga rata hingga adonannya  licin.Lalu masukkan daging buah duriannya, aduk rata.Lalu masukkan segera adonan telur kocok&susu ke dalamnya, Campur kedua adonan menggunakan whisk/spatula hingga rata, sisihkan.
3.Kocok Putih telur dengan sebagian gula, kocok sampe 1/4 mengembang lalu masukkan cot atau air jruk nipis, tambahkan sisa gula pasir sedikit2, sambil terus dikocok hingga gula nya habis, kocok hingga  soft peak saja .
4.Ambil sedikit adonan putih telur, campurkan ke dalam adonan tepung lalu aduk rata secara ringan(jgn di aduk terlalu lama). Jika adonan telah tercampur rata,tuang adonan ini ke dalam sisa kocokan putih telur, campur semua hingga rata.
5.Tuang adonan pada loyang 20X20X 7 cm , TANPA POLES MARGARIN/MENTEGA,lalu panggang  dengan cara au bain marie, dengan suhu pertama 155"C, setelah 3/4 mengembang kecilkan hingga 150"C, panggang sekitar kurang lebih 50 menit atau sampai atas cakenya bewarna kecoklatan.

Met Mencoba  ^_*

6 comments:

HomeKreation said...

Happy New Year Melly. Semuga 2012 membawa 1000 kebahagiaan!

rahel said...

Selamat siang Melly...
waduh...gebu skali kek duriannya...pasti enak banget yah...bagi dong sepotong..

Melly Octaviana said...

K'Along.. makasih yah, happy new year to you too and all the best ;)

Siang Rahel, yukk kemari ,masih ada nih cake nya.. lembutt cake nya, kalo buat rahel nanti di kasih 5 potong deh.. hehe

Ajeng Rani R said...

Waahh..bahannya dikit yaa..jadi pengen bikin, tapi suami ga suka dureeenn..hikkss.. :(

Melly Octaviana said...

ranne.. sayang nya suami ngga suka yah, buat aja kalo ngga bisa abisin kirim2 kesini.. haha

mayangsayang said...

WAH MELLY... MOHON IZIN AMIK RESEPINYA YA.. DI RUMAH ADA BUAH DURIAN NGAK TAU DI BUAT APA? BUBUR DURIAN UDAH DI BUAT, PENGAT DURIAN PUN UDAH DI BUAT.. KALI INI MAU BUAT KEK PULAK..