Wednesday, April 4, 2012

Agar Agar Pelangi Fav Dessert All The Time.. ;)


Hello temans..apa khabar nya semua..dah seminggu ngga updated blog serasa kangen sekali, minggu ini sibuk sekali ngga ada waktu mau online dan lagi jarang masak di rumah,walaopun masak juga cuma buat telur ceplok aka telor mata lembu di makan dengan kecap manis fav nya anak anak. Sekarang dah selesai semua urusan jadi dah banyak masa lagi mau updated blog atau fb an.. ;)





Agar agar pelangi udah ngga asing lagi di keluarga melly, karena tiap ada acara mereka request minta di buatkan agar agar pelangi buat dessert nya,entah lah mereka tak pernah bosan makan nya. Sebenernya Melly ngga menerima order kue ,hanya sebatas buatkan untuk ipar saja, entah itu cake atau pudding tapi  minggu lalu salah satu temen nya ipar pesen minta di buatkan agar agar pelangi sebanyak 100 potong dan pudding kastard tapi last minute mereka ganti cancell pudding kastard nya di ganti dengan pudding tahu

Biasanya Melly kalo buat agar agar selalu pake merk swallow globe yang warna clear, tapi di tempat melly tinggal kadang susah mau dapat yg warna clear, kakak ipar bilang sih karena biasanya kalo mau agar agar yg warna clear kebanyakan mereka memakai agar agar yg tali bukan yang serbuk yg harganya juga jauh lebih murah. Saat itu melly butuh sebanyak 20 bungkus agar agar tapi dah cari ngga ketemu juga sebanyak itu akhirnya melly memutuskan unutk mencoba buat nya dengan agar agar tali aja ,karena melly belum pernah buat sebelum nya jadi nya  melly coba dulu buat agar agar pelangi ini pake agar agar tali dan santan,untuk tester ke customer takut nya nanti dia complaint kalo rasanya beda sama yang pernah dia coba sebelum nya saat ada party di tempat kakak ipar. Ternyata customer nya oke aja, malah dia tak tau kalo melly buat dengan agar-agar yang beda,apalagi harga jual nya jadi berkurang karena  total cost nya lebih murah di banding yang biasa melly buat. Sebelum nya melly pernah posting  Agar agar pelangi  ini tapi ngga apa yah Melly posting lagi yang ini dengan memakai agar agar yg berbeda jenis nya. yuuk lihat resep nya.. ;)






Agar Agar Pelangi
Modified by : Melly


Bahan A
Agar- Agar tali 15  gram *biasanya  selalu pake merk swallow globe 1 packet isinya 10 gram..
Gula pasir :  110 gram
Air : 1 liter
daun pandan : 5 helai

Bahan B
Agar - Agar : 15 gram
Gula pasir : 110 gram
Santan : 1 liter dari 1 kelapa  *selalu nya  pake kara ukuran 500 ml lalu campur air 500 ml(kalo suka santan nya bisa di ganti dengan susu cair)
garam : 1/2 sdt

Bahan C
Pewarna : tergantung mau pake warna apa

Cara Membuat :
1. Sediakan loyang ukuran 8'' x 8 '' atau ukuran apa aja, biasanya kalo pake acuan yang lain melly masukkan air sebanyak 2 liter ke dalam acuan nya,dari situ bisa di lihat kira kira berapa tinggi nya kalo agar agar nya uda jadi dan baru decided mau di bagi menjadi berapa warna nya.
2. Masak Bahan A sehingga mendidih. Masak pula Bahan B sehingga mendidih.
3. Misal kata  mau buat 4 warna 
tuang ke dalam gelas ukuran sebanyak 250 ml agar-agar santan (Bahan B).,lalu beri pewarna setetes atau secukupnya,aduk rata, lalu tuang ke dalam loyang.Tunggu sebentar sehingga agarnya setengah keras.
4. Sementara menunggu agar lapisan pertama hampir mengeras, tuang ke dlm gelas ukuran sebanyak 250 ml agar-agar yg ngga pake santan (Bahan A).,lalu beri pewarna yg sama seperti lapisan sebelumnya,aduk rata lalu tuang ke atas lapisan pertama,yg sudah agak mengeras tadi..
5.Ulangi step 3 dan 4 sampai agar-agarnya habis digunakan.
6.Setelah selesai melapisnya, tunggu hingga dingin, barulah di masukkan ke dalam kulkas. biarkan sampe betul - betul  mengeras.
6. Kalo sudah dingin potong potong sesuai selera. *ini melly pake cookies cutter potong nya, enak di sajikan kalo dingin.


Tips u/ melapis agar2 nya seperti yg aku selalu buat:
1.Agar-agar yg hendak digunakan itu haruslah berada di atas api yg kecil, supaya selalu mencair dan mudah bila di campur dgn pewarna.
2.waktu melapis agar agar nya , harus dlm keadaan setengah keras,jgn terlalu cair nanti warnanya menyatu, kalo terlalu keras nanti ngga mau menempel.
kalo aku biasanya di kasih kipas angin biar rada cepet, trus di pegang kalo uda ngga nempel di tangan berarti uda bisa di taro lapisan seterusnya.
3. Biasanya untuk  lapisan kedua s/d habis,aq tuang agar2 nya ke sendok jadi ngga langsung jatuh di atas lapisan sebelum nya.. waktu di tuang perlahan lahan dan sedikit sedikit ,jarak sendok ke lapisan sebelum nya jangan terlalu tinggi,nanti lapisannya pecah.. (bercampur )


Met Mencoba.. ^_*




7 comments:

zila norazila said...

cantiknya ..rainbow colour..:) syg nak dimakan

Qasey Honey said...

wow sis Melly...Qh sgt suka tgk puding ni...cntik btul kaler2 tu...mesti sedap ni...jom tukar dgn muffin..nk resepi yer...tq

Melly Octaviana said...

Zila..hehe di pandangi aja yah,tak payah di makan.. enak di makan kala dingin.

Qasey.. iya warnanya cantik,anak anak suka. sedap di makan dingin dingin.. mau kalo di kasih muffin.. hehe

mayangbakingmadness said...

rajinnya melly, saya penah wat sekali tapi colournya bercampur sedikit dan ada lapisan yang tak melekat dgn lapisan lain.. frusttt. terus ngak mau buat lagi...

CT Delima said...

Hai Melly

k.ct laam udah pingin buat agar2 seperti Melly ni, tapi bila udah beli agar2 serbuknya mulalah kelain pulak hasilnya..hehehe

cantik banget susunan kaler agar2 nya Melly pandai dan halus buatan tangan dari Melly ni :)

Nadz Nazharzan said...

Melly, Naz pun suka masuk blog Bro Rozzan tu.. Kek lapis dia..mak aiii..mengancam.. Puding2 dia pun ..cantik2 kan.. Suka tgk puding yg melly buat ni. Kalau dekat sebelah rumah, mesti Naz minta sepinggan..hehehe..boleh kan?

Amie said...

Selamat pagi Melly,
cantiknya agar-agar pelangimu itu... warna2nya meriah, menceriakan hari ini...tumpang jamu mata lama2 ye Melly sayang!