Wednesday, March 28, 2012

Ayam Kicap & Tumis Baby Kailan


Good Morning.. ini menu dinner kami semalam, salah satu menu fav kami di rumah, biasanya kalo no idea mau masak apa, males browsing  di dapur teman teman yah melly buat soup ayam atau ayam kicap ini aja. Pastinya menu yang gampang di buatnya dan ngga perlu liat liat  recipe lagi kalo buatnya uda hapal dan lagi cuma  masuk masukin aja kecap  nya sambil di cicipi sampai rasanya pas sesuai dengan selera.. 



Kami di rumah setiap hari selalu nya makan sayuran ,apalagi hubby ngga bisa makan kalo ngga ada sayuran nya, so teman makan nya tadi malam melly buat tumis baby kailan saos tiram, pasti dah pada tau semua khan buat nya, ngga payah yah di tulis lagi resep nya.. hehe
Oh yah kali ini Melly masak ayam kicap nya yang ada kuah nya, kuah nya kental githu meli kasih tepung maijena untuk mengentalkan nya, anak anak suka sekali makan nasi di kasih kuah/gravy ayam kicap ini. So ini recipe nya, seperti biasa kalo ayam kicap ukuran kecap nya kurang lebih aja dan pasti nya sesuai sama selera masing masing juga.. ;)


Ayam Kicap
Sumber : melly

Bahan Bahan :
1/2 ekor ayam *di cuci bersih lalu potong potong kecil
2 ulas bawang putih di cincang kasar
2 inchi halia/jahe di iris tipis panjang kaya korek api
1 buah serai di geprek
2  sdm kecap pekat
4 sdm kecap cair/light soya
Garam secukup nya
1 sdm gula
1 sdm tepung maijena *cairkan dengan sedikit air
Daun bawang di potong panjang kurleb 1 inchi iris kecil2 untuk taburan
Minyak untuk  menumis


Cara Membuat :
1.Panaskan minyak dalam wajan lalu tumis halia/jahe  dan serai ,masak hingga keluar bau dan masukkan bawang putih nya, masak hingga kecoklatan dan harum.
2. Masukkan ayam nya, lalu aduk rata dan tumis sebentar ayam nya.
3. Masukkan kecap pekat dan kecap cair nya lalu aduk rata.
4. Masukkan air secukupnya , kasih garam secukup nya dan gula pasir teruskan masak hingga ayam nya matang airnya sambil sesekali di aduk rata.
5. Masukkan tepung maizena yang sudah di larutkan dengan sedikit air .masak hingga kuah nya kental dan pekat, masukkan daun bawang nya,aduk rata cicipi kalo rasanya uda pas boleh matikan api . Taburi dengan daun bawang dan irisan cabe sebelum di hidangkan.


Met Mencoba.. ^_*





11 comments:

izahdaut said...

melly .. selamat pagii.. semlam pun saya buat ayam masak kecap tuk anak2. berselera benar mereka makan. hehe.. lauk mcm ni mmg evergreen..pulak2 untuk kanak2 kan

Mas Sani said...

sangat sedapppp menu melly tu :)

kakna said...

tengahari melly...
masak kicap ni memang ramai suka bukan anak2 saja.. mudah dan sedapkan..

ady said...

sedapnye Melly lauk tengahari Melly ni...ayam masak kicap tu terliu tgk..

zila norazila said...

hai melly,
asam masak kicap mmg kgmaran sy jg..mudah dan simple suka..;) tp lg terliur tgok baby kailan tue..wahh sepiring utk sy sorang saja..:)

rahel said...

mat siang Melly,kalau ayam masak kecap dengan sayur baby kailan memang gue nggak bisa nolak...gue deman banget...nyam nyam..

Nadz Nazharzan said...

Hai Melly.. Lama tak bersua di alam cyber.. Banyak urusan menyebabkan slow sikit mengupdate blog..hehehe..

Mmg lauk kegemaran anak2 di rumah ni Melly cuma tak pernah Naz letak baby kailan ni.. Boleh dicuba nanti..

Melly Octaviana said...

Kak Izah..memang kak,senang mau di buat nya dan anak anak pun suka,melly kalo tak tau masak apa buat ayam kecap saja..hehe

Mas.. sedap khan buat sendiri.. ;)

Kak Na.. betul kak semua orang kayanya suka yah ayam kicap..hehe

Ady.. hehe..ady punya masakan selalu buat melly ngeces lah.. ;)

@zila.. dah habis nanti melly buatkan special unutk zila yah.. ;)

Rahel..sama dong.. kemana aja..miss you lah.. ;)

Naz.. sama melly pun banyak kerja minggu ini,baru sempet mau blogging lagi coba lah baby kalian dgn ayam kicap sedap loh.. ;)

mochie said...

Melly, resep baby kaylan nya ♏ªñä? Sy mau coba nih.. Look yummy sprti ∂ï restauran tuh

Melly Octaviana said...

Hey Mochie.. Melly kalo masak baby kailan gini : tumis bawang putih yg di cancang kasar sampe wangi lalu masukkan baby kailan nya .aduk rata dan masukkan saos tiram dan sedikit kecap inggris, aduk rata, masukkan sedikit chicken stock yg bubuk,aduk rata dan angkat, ngga usah di masak lama lama.githu deh

Dinna Raharjo said...

Kak Melly
Saya baru coba resep ini dan hasilnya luar biasa. Keluarga makan dengan lahap 2 lauk ini. Baby kailannya pun ludes des des. Gak salah deh ikutin resep cik Melly. Sedap-sedap semua :D