Showing posts with label Decorated Cake. Show all posts
Showing posts with label Decorated Cake. Show all posts

Friday, January 18, 2013

Moist Chocolate Cake For LBT's 2nd Anniversary




 Happy 2nd Annivessary LBT ku tercinta.. ngga kerasa uda 2 tahun bergabung di group baking ini, banyak suka dan duka nya sejak bergabung di sini..Suka nya ketemu banyak teman punya hobby yang sama bisa belajar bersama tentang baking,,duka nya kalo uda waktu deadline nya mesti setor pr tapi belum ada waktu mau buat juga..:(
Hampir aja ngga sempet kumpulin PR bulan ini untung masih ada perpanjangan waktu, makasih yah ibu host ,maklum belakangan ini sibukkk sekali sampe ngga ada masa buat baking..huhuhu

Kebetulan anak anak di rumah request mau makan kek coklat dan rasa nya emang dah lama ngga buat cake dgn memamfaatkan bahan bahan yang ada jadi lah pagi pagi dah krasak krusuk di dapur.
Moist chocolate cake ini dah lama melly simpan dalam bookmarked dan akhirnya sempat juga di buat hari ini. Coklat cake nya gampang buatnya,semua pasti bisa .ngga bisa buat dekor yang cantik2 jadi nya atas nya cuma di siram ganache doang.
Senang nya anak anak suka, pulang sekolah langsung makan cake nya, ternyata hujan hujan gini enak juga makan coklat cake..apalagi cake nya enakk, betul deh moist, apalagi di tambah dgn ganache..hmmm.. ngga nyesel coba resep ini.

Resepnya melly lihat di blog nya Love 2 Cook Malaysia.. Thanks sista for sharing the recipe.. it's really moist ..nyam..nyam

So.. Happy 2 nd Anniversary LBT .sukses selalu dan All the best.. Many more years to come.. *Group hugs





Moist Chocolate Cake 
Sumber : Love 2 Cook Malaysia
Translated by : Melly

 Bahan - Bahan :
100 gram all purpose flour
50 gram coklat bubuk
1/2 tsp baking powder
1/2 tsp baking soda
180 gram butter
180 gram gula pasir halus *melly pakai 150 gram
2 butir telur ukuran besar
1 tsp vanilla essence * melly pakai coklat essence
200 ml evaporated milk * melly pakain full cream milk

Cara Membuat :
1. Campur dan ayak bahan bahan kering seperti tepung,cokat bubuk, baking soda dan baking powder
2.Kocok butter dan gula sampai lembut dan warna putih
3. Masukkan telur nya satu per satu sambil kocok lalu masukkan essence chocolatenya.
4. Menggunakan mixer kecepatan rendah masukkan campuran tepung berselang seling dengan susu nya. Jadi di awali dengan tepung nya dan di akhiri dengan tepung juga. Lalu aduk rata dengan spatula.
5. Masukkan ke dalam loyang bulat ukuran 20 cm dan panggang di prehated oven pada suhu 170 " C tergantung oven masing masing selama kurleb 40 menit atau buat tes tusuk ( masukkan tusuk gigi ke dalam cake nya, kalo sudah tidak ada adonan yang menempel berarti cake nya sudah matang ).
6. Keluarkan dari dalam oven dan dinginkan di cool rack sebelum di siram dengan ganache.


Chocolate Ganache
100 gram DCC (dark cooking chocolate ) *potong potong kecil
200 ml Susu kental manis aka condensed milk * Melly pakai full cream milk
3 tbs butter *melly pakai 1 sdm butter

Cara Membuat :
Dengan menggunakan doube boiler di api yang kecil  masak DCC , skm dan butter nya.aduk hingga coklatnya meleleh dan semua nya tercampur rata.
Kalau sudah mengental boleh di siram di atas cake yang sudah dingin.


Met Mencoba.. ^_*



Sunday, April 8, 2012

New York Cheese Cake For My Son's 9th Birthday.. ^_*


Kemaren tagl 6 April 2012 bertepatan dengan hari kelahiran anak pertama Melly. Seperti biasa ngga ada perayaan atau party, cuma tradisi aja di keluarga kami kalo ada bday mau tiup lilin, sudah pasti kalo mau tiup lilin mesti ada kek nya khan.. hehe
Tanya sama bday boy mau cake apa untuk birthday nya kali ini  Titen mau nya  cheese cake, hmmm... teringat  punya  resep cheese cake yang uda di bookmarked sejak setahun yang lalu..hehe   Pas kasih unjuk ke titen langsung titen nya mau, ahh..akhirnya ada alasan untuk membuat cheese cake ini.. ;)


Pertama kali liat New York Cheese Cake ini di fb nya Diah raki yang berhasil buat aku ngeces, ternyata betul kalo tekstur cheesecake ini mirip sekaliiiiii  dengan unbaked cheesecake. Jadi teksturnya tuh sangat lembut basah githu dan tentu nya creamy dan cheesy. 



Resepnya di lihat dari  pennylanekitchen.blogsome.com  yang sumber asalnya dari Majalah Santap Indonesia, tapi aku cuma buat 1/2 resep aja pake loyang ukuran diameter 20 cm ( cuma punya loyang yg ukuran segitu ) mangkanya cheese cake nya ngga tinggi. kenapa buat 1/2 resep soalnya takut nanti yg makan cheese cake ini hanya aku dan titen soalnya hubby, odie sama orel ngga begitu suka cheese cake yg terlalu cheesy dan lembut kaya gini. sebenernya kalo bagi aku di makan githu aja tanpa topping juga uda enak banget, tapi Titen suka kalo ada selai strawberry nya. 
 

Bener banget kata Bu Hiang Marahimin (editor Majalah Santap), jangan bicara soal cheesecake kalo belum mencicipi cheesecake New York! . So buat yang suka makan cheese ini recomended banget dan mesti lupakan diet pas makan nya biar ngga feeling guilty.. hehe
So ini resep nya yang aku pakai kemaren , ini 1/2 resep dari resep asli nya . Makasih buat  Diah Raki memperkenalkan cheese cake ini dan ijin copas resep nya di sini :


My precious kids


New York Cheese Cake 
Recipe Sumber : Majalah Santap Indonesia
Recipe di copas  dari : Diah Raki

Bahan - Bahan :
250 gr cream cheese
100 gr gula pasir yg halus
1/2 sdm maizena
2 btr telur ukuran kecil *harus benar2 ukuran kecil * krn untuk 1 resep pke 3btr telur ukuran besar
3 sdt jus lemon *td aq pake orange juice sunkist..hehe
1/2 sdt vanila extrak *klo ngga  ada mending di ignore aja jangan diganti dengan vanila bubuk
1/4 sdt garam
250 ml sour cream*aq ngga punya sour cream jadi pake yogurt.
*sebelum nya melly ada tanya di Fb substitute nya sour cream dan menurut Kak Ayu  untuk membuat            1 cup sour cream = 3 tbsp melted butter stirred into 7/8 cup buttermilk or plain yogurt.

Bahan lapisan bawah :
110 gr biskuit oreo ditumbuk halus *bs diganti dengan marie biscuit
70 gr butter cairkan

Bahan topping :
Selai strawberry yg dilarutkan dengan sedikit air
buah strawberry segar *aq ngga pake, pake strawberry yang dari selai nya.. hehe


Cara Membuat nya:
1.Panaskan oven 180 derajat Celsius. Olesi dasar loyang bongkar pasang ukuran diameter 16 cm dengan mentega *aq pake diameter 20 cm, lapisi dengan kertas roti, lalu olesi kertas roti dengan mentega pula. Bungkus dasar dan bagian luar loyang dengan 2 lapis heavy duty aluminium foil untuk mencegah air masuk merembes ke dalam loyang.
2. Haluskan  biskuit oreo lalu campur dengan butter yg dah dilelehkan, aduk rata. kemudian tata di atas loyang yg sudah dilapisi dengan mentega dan kertas roti tadi lalu tekan2 sampe padat dan simpan dalam freezer selama 10 menit. sisihkan
3. Dalam mangkuk yang besar, kocok cream cheese dan gula hingga sangat lembut. Kocok ke dalamnya tepung maizena, lalu tambahkan telur satu demi satu, kocok sampai rata. Tambahkan jus lemon, vanila extract dan garam, kocok lagi. Masukkan sour cream, kocok sampai tercampur rata.
4.Tuang adonan ke dalam loyang bundar yg sudah ada lapisan oreonya. Taruh loyang bundar dalam loyang persegi yang berisi air panas setinggi 2,5 cm. Panggang secara water bath aka au bain marie selama 45 menit.*aq panggang selama 1 jam.
5.Setelah selesai pemanggangan, matikan api, tapi biarkan pintu oven tertutup. Dinginkan cake dalam oven selama 1 jam. Keluarkan dan pindahkan ke rak kawat, lalu dinginkan lagi hingga mencapai suhu ruang (1 jam). Tuang topping ke atas permukaan cheesecake. dan simpan di lemari es semalaman.
Met Mencoba.. ^_*


Birthday's Boy ngga kerasa uda 9 tahun usianya.

Makasih buat aunties yang sudah kasih ucapan dan doa di fb. Lastly.... Happy Birthday for my dearest son, panjang umur nya murah rejeki nya, sehat selalu, makin pinter dan dapat menjadi anak yang berguna bagi agama ,orang tua dan bangsa. We love you so much.... :D

Orel pun mau ikut cut the cake


Saturday, February 25, 2012

Devil's Food Cake & Bolu Hongkong For My SIL


Selamat Malam Minggu temans.. ^_* . Melly baru sampai  dari rumah ipar , kebetulan hari ini hari jadi ipar dan anak nya,jadi nya malam ini kami ada makan malam bersama. Banyak makanan yang di hidangkan jadi nya lupa diet dulu tadi..:P  Padahal mah sekarang ngatuk tapi ngga mau tidur dulu, takut nasi jadi lemak  .. hehe ,jadinya duduk dulu di depan lappy abis itu nonton tv sama hubby, kalo anak anak mah dah tidur semua, tadi juga si bungsu dah ketiduran dalam perjalanan pulang.




Minggu kemaren ipar telp katanya mau minta di buatin 2 cake rasa  pandan dan coklat,maksudnya mau pesan dari aq tapi Melly bilang ngga usah pesen nanti aq yang buatin aja ganti nya ang pao.. hehe Melly seneng kalo ada yang suruh buat Birthday cake , walopun ngedekor nya masih berantakan anggap aja latihan megang spuit  khan practise makes perfect . So far buat cake yang di dekor masih bisa di hitung dengan jari.


Pagi tadi abis sarapan Melly buat Devil's Food Cake  dan Bolu Hongkong Pandan. Siang nya baru di dekor seada nya, soalnya emang belum bisa dekor cake ,jadi dekor nya seada nya aja. Melly bawa ini tadi ke B'day's party nya ipar, buat nya 2 karena kebetulan ipar dan anak nya Bday nya bareng di rayain nya.
Setelah makan siang baru mulai dekor cake nya. Seneng liat anak anak dan tamu yang lain makan cake nya. Ini pertama kali nya loh BDCK nya go on public, biasanya kalo cake yang di dekor cuma anak anak dan hubby yang jadi tester nya, Kalo githu mah cape di dapur memoles cakenya ngga terasa

Yang mau tau resep Bolu hongkong bisa di lihat sini sedangkan resep Devil's Food Cake bisa di lihat di sini . Melly tinggal tidur dulu yah, uda ngga tahan banget matanya ngantukk sekali. bye.. take care yah.. ;)


Thursday, January 12, 2012

1st Anniversary LBT ~ Triple Chocolate Caramel Cake


Hey LBT ers.. ketemu lagi di ajang LBT, LBT kali ini terasa special yah,karena Bday nya LBT, ngga kerasa yah sudah setahun berarti uda 12 kali kita setor PR tiap bulan nya dengan tema yang selalu berbeda. Tema bulan ini ialah  " 1st Anniversary LBT " .
Pertama tau temanya bebas bisa baking apa aja ,asal ada unsur anniversary nya , tanya anak anak mau makan cake apa ,semua kompak bilang coklat.. Teringat akan resep TCCC  yang  katanya resep andalan nya bakuler di indonesia kalo buat BDCK. Resep ini dah lama masuk di list aku sejak di share di group LBT tapi baru kesampean buatnya sekarang di moment yang special ini. hehe




Karena agak sibuk akhir akhir ini , jadi baru  kemaren buat cake nya dan semalaman TCCC nya  duduk manis di kulkas dulu , *tadi malam mau di photo ternyata  batere cameranya flat  :P Padahal anak anak uda sibuk mau potong cake nya. Mungkin ini TCCC yg tersimple yg pernah di buat  yah, temen 2 kalo buat TCCC cakep cakep  semua tapi karena aq belum bisa yah uda deh dekornya seadanya aja,sesuai dengan kemampuan ,yang penting rasanya ngga kalah enak nya.. hehe
Baru deh tadi siang di photo dan akhirnya bisa menikmati TCCC ini. ternyata emang enak yah cake nya, lembut dan nyoklat sekali, pertama aq kira rasanya akan manis bgt tapi ternyata ngga , pas rasanya kalo kata aku, sebanding sama buat nya yang lumayan repot karena banyak yang harus di persiapkan..hehe
Dan akhirnya pas anak anak sampe rumah ,so happy liat cake nya uda di atas meja dan uda boleh di nikmati.belum makan siang uda makan cake dulu tuh ..hehe
Resep nya aq liat di doc nya LBT, Katanya resep asli nya dari Teh Uceu. Aq buat nya cuma 1/2 resep dari resep asli nya,jadi cuma pake telor 5 buah dan pake loyang bulat 18 cm.. Joom kita lihat resep nya yang aq copas dari document nya LBT dan sudah aq adjust sesuai yang aq buat semalam.

Triple Chocolate Caramel Cake  

Sumber :  Teh Uceu

Bahan Bahan Cake :
5  butir telur
75 gram gula
1/2  sdm emulsifier
70 gram  tepung terigu
30 gram  cocoa powder
40  gram  DCC
50 gram  butter  cair

Cara membuat :
1. Sediakan loyang bulat diameter 18 cm,olesi dgn mentega lapisi dgn baking paper oles tipis mentega lagi. sisihkan.
2.Panaskan margarine sampai mencair, masukan DCC, aduk rata, dinginkan dan sisihkan.
3. Kocok telur dan gula hingga setengah mengembang lalu masukkan emulsifier dan kocok lagi hingga adonan putih mengembang.
4. Masukkan tepung terigu kedalam adonan sedikit demi sedikit.
5. Tambahkan kedalam adonan campuran margarine dan DCC, aduk rata.
6. Masukkan adonan kedalam loyang yang telah dialasi kertas roti.
7. Oven dengan suhu 180'C selama kurleb 35-40 menit sesuai dengan oven masing masing.atau gunakan tes tusuk. kalo sudah matang keluarkan dari loyang dan biarkan cake nya dingin.

Chocolate Ganache
250 ml Fresh Cream
250 gram  Dark Cooking Chocolate
40 gram  Butter

Cara membuat :
1. panaskan fresh cream dengan api kecil, matikan api.
2. Masukan dark chocolate (iris kasar), butter aduk rata.
3. Dinginkan dan siap untuk dipergunakan.

Caramel syrup
50 gram Gula
25 ml air 1
50  ml air 2

Cara membuat :
1. Panaskan gula dengan air 1 diatas api (masak sampai menjadi caramel)
2. Tambahkan air 2 kedalam campuran caramel tersebut, masak dan aduk sampai caramel mencair dan tercampur rata.matikan api, dinginkan

Simple syrup
1/ cup gula + 1/2 cup air di campur dan di masak sampe mengental

Cara penyajian :
1. Siapkan cake, belah menjadi 2 bagian.
2. Siram ke dua bagian cake tersebut dengan mempergunakan simple syrup.
3. Siram dengan menggunakan caramel syrup.
4. Olesi bagian tengah cake dengan menggunakan ganache dengan ketebalan kurang lebih 1 cm.
5. Tutup dengan setengah bagian lagi.
6. Hias bagian atas cake dengan mempergunakan ganache, buah dan chocolate modeling.

Met Mencoba.. ^_*


Lastly.. Happy 1st Anniversary LBT ku, semoga LBT ke depan nya makin sukses lagi,makin banyak anggotanya yang pinter baking . Terima kasih buat para host yang selama ini selalu kreatif dan sudah meluangkan waktu nya demi kemajuan LBT. dan Terima kasih juga buat para teman2 LBT ers yang ngga pelit semua share ilmu baking nya,semoga kita semua bisa makin pinter bersama LBT kita tercinta.. I'm So lucky to meet you all in FB .. *group hugs

Salam LBT.. ^_^


Saturday, December 17, 2011

My 1st Edible Cake on Aurel 4th Birthday


 Ngga terasa anak bungsu mommy uda 4 tahun kemaren tepatnya tanggal 16 Dec, kayanya baru kemaren deh di bawa pulang dari RS Bau , baby  kecil yang  melengkapi dan menambah keceriaan keluarga kecil kami.
Ngga ada pesta di Bday nya Orel,setelah tiup lilin, kami keluar jalan jalan .


1st destination pastinya Toy R Us,jadi the bday girl bisa pilih hadiah nya sendiri, tentunya sebelum nya uda di bisikin sama mommy berapa budget nya..hehe.. Akhirnya Orel pilih soft toys kitty, di antara banyak mainan dia pilih mainan itu, mommy nya ok aja, apalagi price tag nya jauhh di bawah budget.. Orel memang good girl tau aja mommy lagi hemat..hehe

Abis itu kita ke Spring , Makan makan lalu jalan jalan sebentar di Parkson sambil beli tas sekolah. Orel pilih Mickey Mouse Club House bag , begitu juga dengan tempat pencil dan tempat minum nya.
Setelah itu kita pergi nonton movie Alvin and The Chipmunk.. Seneng banget anak anak, secara baru pertama kali nya mereka nonton movie di cinema, semua exicitng banget malah ketagihan tuh, minggu depan minta nonton movie lagi. Akhirnya kemaren di akhiri dengan supper makan roti canai dan teh tarik.. sampe rumah uda jam 11 malam dan Bday girl pun uda tertidur pulas di pindahin ke tempat tidur.


 Untuk Birthday Orel kali ini mommy buat Birthday cake sendiri, buat edible cake. Sebenernya rencana awal mau buat edible nya yang temanya Bubble Guppies sampe uda diskusi sama my best friends  gimana nanti mau ngedekor nya yg temanya aquarium,tetepi pas kirim photonya untuk di print ternyata  kata nya size nya terlalu kecil untuk di buat edible, jadinya last minute pindah Tema. Dan jadi lah Birthday cake pinky sesuai sama my little girl.
 Base cake nya pake sponge cake resep nya Yongky. Penasaran mau coba cake yang cukup terkenal di kalangan bakuler di Indo jadinya aq buat juga, ternyata cake nya lembutttt deh, emang enak, gimana ngga lembut pake kuning telur nya 10 buah. Baru kali ini aq buat cake dengan jumlah telur yang banyak..Kalo buat cake nya pake telur kuning nya banyak ngga boleh sering sering kali yah, takut sama kolesterol nya.. hehe



Cake nya aq buat 3 layers, Ada rasa vanilla, pandan dan coklat. Jadinya buat 1 1/2 resep. Tiap lapisan nya tingginya kurleb 2 cm jadi ngga perlu di belah lagi tinggal di oleskan sama butter cream lalu di tumpuk..dan di  dan di cover dengan Butter Cream Special nya Mama Itara. Cake nya aq buat malam sebelum nya,paginya setelah selesai breakfast baru deh  dekor cake nya. Dekornya nya juga ala kadarnya, masih berantakan,maklum pemula tapi tetep semangat mau buat BDCK sendiri.Oh yah pada saat lagi ngedekor cakenya tiba tiba Odie teriak dari ruang tamu teriak teriak kalo ada ular dekat sofa, ternyata emang benar ada ular kecil sepanjang kurleb 50 cm di depan pintu dalam rumah, karena panic aku telp hubby suruh pulang ,untung hubby cepet sampe rumah buang ular nya,walu ular nya bukan jenis yang berbisa dan kecil tapi tetep takut juga sama yang namanya ular. hehe



SPONGE CAKE ALA YONGKI GUNAWAN (Versi 1) 
Disalin oleh Shirley ,Aku liatnya di Blog Dapur Solia

Bahan A:
10 butir Kuning telor
5 butir Putih telor
10 gram Emulsifier
150 gram Gula kastor
100 gram Tepung terigu protein sedang (Kunci Biru)*aq pake all purpose
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Tepung maizena

Bahan B:
50 gram Hollman butter *aq pake 150 gram butter jadinya ngga pake room butter dan margarin lagi.
50 gram Room butter*skip
50 gram Margarin*skip
1 sdm Susu kental manis
Pasta (mocca, pandan dll sesuai selera)*aq pake pasta vanilla ,pasta  pandan dan pasta coklat.

Cara Membuat:
1. Panaskan Oven pada suhu 175"C . Siapkan loyang ukuran 22 x 22 x 3 cm . olesi tipis dgn butter dan kasih baking paper.
2. Ayak tepung terigu, susu bubuk, maizena . sisihkan
3. Cairkan butter , jangan sampe mendidih (supaya tidak daya ikatnya tidak rusak) cukup setelah meleleh matikan apinya dan aduk aduk sampe mencair semua dan masukkan susu kental manis nya dan aduk rata.
4. Kocok telur & gula hingga  agak kental lalu masukkan emulsifier dan terus kocok hingga adonan kental & mengembang.
5. Masukkan butter nya, aduk balik dengan menggunakan spatula sampe tercampur rata..
6. Kalo mau buat 2 lapis , bagi menjadi 2 adonan nya lalu tambahkan pastanya sesuai selera.*aq pake vanilla dan pandan..
7. Tuang ke dalam loyang
8.  Panggang selama 18-20 menit di suhu 175 °C sesuai dgn oven masing masing, hingga bagian atasnya kuning matang dan adonan tidak basah lagi atau gunakan tes tusuk.
9. Kalo sudah matang dinginkan di cool rack dan setelah benar2 dingin hias mengikut selera masing masing.

Note.. Kalo mau buat yang rasa coklat.. tambah dgn  coklat bubuk lalu terigu yg di gunakan di kurangi jumlah nya sesuai dgn banyak nya coklat bubuk yang di pakai.




 Makasih semua tante tante yang sudah kasih ucapan dan doa untuk Aurel.. Amiin.
Lastly..Happy Birthday to my lilttle girl. Semoga panjang Umur nya, sehat selalu, sayaang mommy,baba, Odie dan Titen, Besar nanti menjadi anak kebanggan orang tua.. We Always Love You.. muachhhh

Saturday, November 12, 2011

Devil's Food Cake on my 35th Birthday


Ngga kerasa umur dah 35 tahun on 20 Oct 2011 kemaren, kadang ngga percaya juga dah punya anak 3 , selalu merasa masih muda aja ..hehe *takmalu.com
Sebenernya uda lama anak anak  request minta di buatin coklat cake,jadinya pas Bday kemaren  buat DFC ini .Walopun tidak ada perayaan dan ngga ada yang kasih hadiah tiap ada yang  bday di rumah  uda kebiasaan selalu ada cake,kalo dulu selalu beli BDCK di bakery tapi sejak setahun yang lalu karena uda hobby yang namanya baking jadi selalu berusaha buat cake nya sendiri.walopun ngga bisa dekor2 cake seperti layaknya yg di jual di bakery atau seperti karya temen2 yang lain tapi PeDe aja deh, jelek jelek juga hasil buatan sendiri khan.. hehe

my very 1st "BDCK" yg pernah di buat

Teringat tahun lalu ,aq maksain banget buat my very 1st decorated cake ceritanya,padahal mah cuma buat brownise trus di kasih gula gula berwarna tapi bangga nya minta ampun, gimana ngga aq yang dulu nya cuma bisa buat pisang goreng ternyata bisa buat brownise sendiri..;) 
 Halah malah ngelantur ngomongin cerita ttg last year.. :P

 DFC ini di buatnya dah malem sebelum nya, tapi sayang ngga sempet di photo the whole cakenya,ketika itu keesokan hari nya  agak repot di dapur ,ceritanya buat nasi kuning dan simple lauk pauk nya untuk makan malam sama anak anak dan hubby,  Pas ada waktu mau photo cakenya ternyata kamera nya ngga ada memory card dan di cari kemana mana ngga ketemu juga, yah sutra lah..karena dongkol jadi lupa mau photo pake hp.. T_T

Simple menu on my bday

Dan akhirnya si memory card ketemu juga tadi pagi, ternyata di lappy nya si Baba..jadi malu sama anak2 soalnya pas cari si memory anak2 kena ikutan di marahin.. hehe


DFC nya enak bgt, moist cake nya di lapisi sama ganache,makes perfect coklat cake,buatnya juga gampang.. my hubby yg ngga ngefans sama coklat cake aja suka sampe abis 2 slice.. It's a keeper ;)
Original resepnya dari Martha stewart tapi aku liatnya di blog nya sis Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani.
aku buat nya cuma 1/2 resep ,kalo mau liat resep asli nya bisa di liat di di sini

Me n my three adorable kids on my Bday


  Moist Devil's Food cake 
Original recipe By Martha Steward ,Modified by Ricke

Bahan Bahan nya:
170 gram unsalted butter
30 gram coklat bubuk
60 ml air mendidih
200 gram gula kastor
1 sdt essence vanila
2 butir telor ukuran besar ~ di kocok lepas
180 gram tepung cake aka tepung protein rendah
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam
120 ml susu cair

Ganache:
250 gram Dark Cooking Coklat  di potong kecil kecil
250 whipcream cair
40 gram unsalted butter

Cara Membuatnya:
1. Siapkan loyang ukuran diameter 20 cm,oles tipis mentega dan lapisi dengan baking paper. sisihkan dan panaskan  oven pada suhu 180"C.
2.Ayak coklat bubuk ke dalam mangkok masukkan air mendidih nya dan aduk rata sampe menjadi pasta lalu sisihkan dan biarkan dingin.
3.Dalam wadah yang lain campur dan ayak terigu,bakung soda dan garam.sisihkan
4.Kocok butter dengan mixer kecepatan rendah sampe le,but lalu masukkan gula nya sedikit demi sedikit sambil terus di  kocok hingga putih dan lembut,kurleb 3 - 4 menit. 5.Tambahkan vanilla essence nya dan kocok rata lalu masukkan kocokan telurnya sedikit demi sedikit ,kocok rata sebelum masukkan telor berikutnya..Kocok sampe adonan rata dan tidak memisah.
6. Matikan mixer dan aduk rata pake spatula sampe ke bagian pinggir mangkoknya.
7. Campurkan susu cair ke dalam adonan coklat yang sudah dingin.aduk rata hingga adonan coklat larut dengan baik.
8. Deangan mixer kecepatan rendah masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit dan berselang seling dengan adonan coklat susu. Di awali dengan terigu dan di akhiri dengan terigu juga. lalu aduk rata dengan spatula .
9. Masukkan ke dalam loyang yang sudah di sediakan.
10.Panggang dalam preheated oven suhu 180"C hingga matang kurlen 30-40 menit,tergantung oven masing masing atau buat tes tusuk (masukkan tusuk gigi ke dalam cake nya kalo tidak ada yang menempel berarti cake nya uda mateng)
11,Biarkan cake nya di dalam loyang selama 15 menit lalu keluarkan cake nya dan dinginkan di cooling rack.

Cara Membuat Ganache :
Panaskan whipcream cair hingga lembut dan hangat di atas api kecil. Masukkan DCC dan butter,aduk hingga meleleh,matikan api nya.Aduk terus hingga merata dan kental. Dinginkan dan tutup dgn plasti wrap,masukkan ke dalam kulkas semalaman.
Ketika akan di gunakan kocok dengan mixer sampe lembut dan ringan . Siap untuk di gunakan.

Penyelesaian nya:
Belah dua cake nya,ambil satu lembar cake olesi  dengan ganache tutup dengan cake satunya lagi.Oles seluruh permukaan dengan coklat ganche ,hias dengan coklat serut atau hias sesuai kreatifitas masing masing.. *kalo aq blom mahir dalam hias menghias cake.. hehe



Met Mencoba.. It;s worth to try.. Trust me .. *wink



Birthday Card from my girl.. :D