Sunday, January 15, 2012

Bakwan Sayur Udang

Yang Ini goreng nya pakai acuan

Hello My friends, duh lagi ngga enak badan nih,demam  dan ada flu,kepala juga agak pening,jadi nya Minggu ini ngga kemana mana deh, di rumah aja.masak pun malas sekali. Anak anak pagi tadi uda sarapan susu sama toast bread terus barusan makan nasi sama telur rebus dan kecap.. hehe  Tadi sebelum hubby pergi kedai uda ingetin di suruh makan soalnya mau minum obat,tapi namanya lagi ngga enak badan , ngga ada nafsu makan,bosan rasanya sarapan makan roti. Kemaren ada buat bakwan udang, karena cuma makan sendirian jadi masih ada sisa adonan nya yang aku simpan di dalam kulkas,yah uda aku goreng aja buat brunch barusan,makan nya di temani secangkir teh hangat, abis itu aku makan obat flu nya dan felling better now.

Kalo mau cepat atau malas goreng nya ngga pake acuan lagi,jadi nya bentuk nya kaya gini, soal rasa sama aja enak nya.

Bakwan sayur emang enak yah, fav all the time, ngga pernah ngebosenin makan bakwan ini,di makan pake cabe rawit , di cocol pake saos sambel atau pake saus kacang sama enak nya, apalagi kalo di tambah udang..hmm yummeh.. makan tiap hari juga ngga bakalan bosen.Semua pasti tau buat bakwan, biasanya kalo buat langsung cemplung 2 aja, ngga pake di ukur . tapi karena mau di upload di sini, kemaren sempet di timbang2 pas buat nya. Oh yah aq pertama kali belajar cara goreng bakwan bentuk nya bulat di Website Cookle. Cekidot deh di website nya semua masakan ada step by step nya dengan photo nya ,berguna banget bagi yang baru belajar memasak.

Bakwan Sayur Udang

Bahan Bahan :
120 gram terigu
30 gram tepung beras
250 gram udang atau secukup nya di bersihkan dan buang kulit nya sisakan ekor nya kalo suka
100 gram daun kol di iris kecil
1 buah wortel di parut
100 gram toge
Daun bawang di potong potong kecil
1 butir telur
Air secukup nya
Minyak goreng

Bahan Yang Di Haluskan
5 buah bwang merah
3 buah bawang putih
3 buah  kemiri
2 sdt garam atau secukup nya
1 sdt kaldu ayam bubuk *aq pake maggie cukup rasa
1 sdt gula
1/2 sdt lada bubuk

Cara Membuat :
1. Bahan sayur yang sudah di potong2 di masukkan ke dalam wadah . masukkan terigu dan tepung beras lalu masukkan bumbu yang sudah di haluskan dan aduk rata.
2. Masukkan telor nya dan aduk rata lalu masukkan air nya sedikit demi sedikit, adonan nya jangan cair.
3. Panaskan minyak goreng secukup nya unutk menggoreng deep fried dgn api yg sedang, apinya jangan kebesaran nanti cepat hangus dan jangan terlalu kecil nanti  bakwan nya akan menyerap minyak yang banyak.
4. Kalo mau bakwan nya  menjadi bulat bentuk nya gunakan acuan atau sendok soup saat di goreng nya. karena aku ngga punya acuan nya jadi aku pake sendok soup,jadi rendam  sendok soup ke dalam minyak yang panas dan setelah benar2 panas minyak dan sendok soup nya di angkat lalu masukkan adonan bakwan ke dalam sendok soup nya dan letakkan udang di atas nya sambil di tekan udang nya agar tidak terlepas saat di goreng.segera di celupkan ke minyak panas nya lagi ,kalo sudah bewarna kekuningan lepaskan bakwan nya dari sendok soup nya dan goreng sampe matang dan warna nya kecoklatan, (kalo susah keluar nya bisa di bantu pake hujung pisau unutk melepaskan nya )demikian seterus nya sampe habis.
5. Kalo malas buat nya seperti di atas bisa juga langsung di goreng aja ngga usah pake acuan, tinggal masukkan adonan nya ke dalam minyak yang panas dan letakkan udang di atas nya atau udang nya sudah di potong kecil kecil dan masukkan semua ke dalam adonan nya. Masak hingga matang dan bewarna kecoklatan.  Terserah mau gimana goreng nya, rasanya sama sama enak.. hehe

Met Mencoba.. ^_*

3 comments:

Amie said...

Hai Melly, barangkali disuruhnya kita santai2 Ahad ini, baring2 aje males2 gitu, tapi kalau sudah kena flu memang tak selesa, jangan lupa makan ubat ya , nanti bisa jalan-jalan lagi ke rumah kawan2.

Kuih itu sama dengan nama cucur udang, baru semalam berangan mahu buat sarapan cucur udang begitu tapi bahannya tak lengkap ( taugeh sama daun kucai tidak ada), jadi tak jadi buat. Kok sampai sini ada kuihnya, ya... kuat benar telepatinya ya...Kak Amie numpang makan di sini ya sambil mijetin Melly yang ngak enak badan!

rahel said...

Selamat sore Melly...gue mampir bentar ya..mau ikutan mkn bakwan..enak dimakan sambil gigit cabe hijo..

Melly Octaviana said...

Hey..K'Anie.. aduh baik nya mau pijitin melly,no wonder melly uda fell better sekarang ,punya kawan yg care.. bakwan memang enak yah kak,apalagi kalo di nikmati hangat hangat, tapi melly buat ngga pake daun kucai, cuma pake daun bawang aja..hehe

Hey Rahel.. mampir lama pun ngga apa friend.. met menimati bakwan nya yah, kalo cabe nya kurang silahkan ambil lagi..hehe