Saturday, January 28, 2012

Sotong Masak Kunyit


Selamat siang temans, huhuhu baru sempet update blog jam segini, biasa kalo weekend bangun nya agak siangan,apalagi anak anak di rumah semua susah mau duduk depan lappy. Jam segini baru nyantai uda buat semua kerjaan rumah,udah brunch tadi makan kolo mee, beli di pasar.. hehe

Ini menu dinner kami semalam, uda lama ngga makan sotong,pas kebetulan ke pasar ada sotong yang fresh langsung  beli  deh, tadinya pikir mau di masak kari tapi hubby request di masak kunyit aja, aq mah nurut aja deh,di masak apa aja kalo sotong mah doyan..hehe



Makan nya di temani dengan tumis kacang panjang dan tempe goreng.. tuh tempe goreng cuma aku yang makan sendirian, yang lain nya ngga ada yang suka tempe di rumah,jadi kalo makan tempe ngga ada saingan nya..hehe  Kalo Odie sama Orel belum suka cumi jadinya mereka tadi malam makan telor ceplok pake kecap,kami makan cumi nya bertiga doang.. Resep nya simple aja, kakak ipar yang ajar masak ini.. Ini resep nya yang Melly buat semalam..

Sotong Masak Kunyit
Bahan Bahan:
500 gram sotong
1/2 sdt kunyit bubuk
2 ulas bawang putih di iris halus
1 inchi jahe/halia di iris iris halus
1 buah cabe merah di iris halus
1 inchi kunyit di hiris halus
1 batang serai *geprek
1 buah tomat di potong 4
Garam secukup nya
Gula sejumput
Sedikit minyak unutk menumis.

Cara Membuat:
1. Sotong nya di bersihkan dan di potong potong bulat lalu kasih serbuk kunyit dan aduk rata.
2. Tumis jahe/halia, bawang putih,kunyit,cabe merah,serai sampe kecoklatan dan berbau harum.
3.Masukkan sotong nya dan aduk rata,kalo mau ada kuah nya kasih sedikit air, ngga usah banyak karena sotong nya juga akan mengeluarkan kuah.
4. Masukkan tomat, garam secukup nya,sedikit gula *aq selalu pake gula untuk mengimbangi rasanya karena masak nya ngga pake micin. lalu aduk rata dan masak sebentar hingga sotong nya masak. Jangan masak sotong terlalu lama nanti akan keras kaya karet.
5.Angkat dari kuali dan siap di hidangkan dangan nasi hangat.

Met Mencoba.. ^_*

2 comments:

Rohah said...

Sedap ni Melly,saya selalu buat..

Melly Octaviana said...

Hey Kak Rohah.. iya sedap kak,gampang juga masak nya.makasih kak sudah mampir di sini . ;)