Friday, January 13, 2012

Sup Ikan Tilapia Terung Dayak



Good morning my friends.. ngga kerasa yah udah hari Jum'at lagi ..yipiee.. besok weekend ngga harus bangun pagi dan keluar rumah,bisa santai santai take my sweet time.. hehe
Hari ini melly cerita tentang terung dayak ini. Pertama tau tentang terung dayak ini sewaktu tinggal di sini *baca Kuching  kurleb 6 tahun yang lalu,Waktu tinggal di jakarta  ngga pernah liat terung ini sama sekali,bahkan sewaktu masih tinggal di spore kalo pulkam kesini my hubby pasti makan terung dayak ini ,tapi aku ngga suka,menurut aq waktu itu rasanya pahit dan ngga enak..hehe
Setelah lama tinggal di sini dan lidah nya uda beradaptasi dgn makanan lokal sini akhir nya melly suka juga sama terung ini,ternyata  enak,emang agak pahit dan asam tapi di masak apapun rasanya kuah nya jadi segar, asam asam githu.


Biasanya orang sini mengolah terung ini di jadikan soup, biasanya aku buat soup ayam atau ikan , bahkan bisa juga di campur pake sardin yang di goreng tuh yang ada dalam tin.Untuk dinner tadi malam melly buat sup ikan, pake ikan tilapia..hmmm segar soup nya,ada rasa asam asam nya dan manis , anak anak masih ngga suka makan terung nya tapi kalo soup nya walaupun rada asam mereka tetep suka. Tadi malam makan nya cuma di temani dengan ikan hiu masin yang di potong kecil2 lalu di goreng.. Hmm..walaupun cuma menu yang simple tapi kami makan nya lahap sekali.


penampakan terung dayak


Walopun terung dayak tuh termasuk sayur lokal tapi harga nya lumayan mahal kalo di banding dengan sayur lokal lain nya di sini. semisal sayur lokal  seikat nya seharga Rm 1 kalo terung dayang ini sekilo sampe RM 8 ringgit,. Kemaren aq beli 4 buah harga nya sampe Rm 6, coba kalo beli sayur biasa bisa beli 6 ikat khan dan bisa makan di buat lauk untuk  6 hari. :P

Sup Ikan Tilapia Terung Dayak

Bahan Bahan :
1 ekor ikan tilapia di potong  6 *kemaren ikan nya besar
4 buah terung dayak di potong ,i buah di potong menjadi 4 atau 6
2 batang serai di geprek
1 inchi halia di iris tipis tipis
2 ulas bawang putih di cincang kasar
1 lembar daun kunyit*di ikat simpul
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara Membuat:
1. Tumis bawang putih,jahe dan serai nya sampe harum lalu masukkan air dan masukkan terung dayak nya, masak sampe terung dayak nya setengah matang atau agak lembut.
2. Masukkan ikan nya , garam dan gula , aduk rata lalu masukkan daun kunyit nya dan masak hingga ikan dan terung  nya matang.
 3. Cicipi kalo rasanya uda pas boleh di matikan dan sedap di nikmati hangat 2 dengan nasi putih.


Met Mencoba.. ^_*


6 comments:

CT Delima said...

Morning Melly

k.ct nggak tahu dan nggak pernah ketemu sama terung dayak. kira ni first time lihat, atau mungkin ada tapi k.ct masih nggak kenal kot..hehehe mahal juga ya 4 biji RM6 besar macam buah tomato ker Melly

lauknya udah sedap, selera juga kalau sekali2 masak cara gini Melly. baca entrinya ada ikan masin lagi tembah liur...hehehe.

rahel said...

Selamat pagi Melly,pa khabar?
mampir bentar..pengen nyicipin soup ikan tilapia itew..kayaknya enak dan seger yah..

Melly Octaviana said...

Siang Kak Ct..

kemungkinan terung macam ini ngga ada di daerah semenanjung yah,anak buah juga kalo pulang sini akan tapao terung dayak ke KL.
iya bulat macam tomato ..ada juga yg bentuk nya kecil sebesar tomato,tapi bagi kami lebih suka yg besar ,lebih bnyk buah nya bisa di makan..iya Kak seperti yg melly bilang emang rada mahal,terlebih kalo stock nya tak bnyk.. hehe. hehe makan apapun kalo di tambah ikan masih jadi tambah selera yah kak.silahkan di nikmati.. ;)

Hello rahel.. khabar baik say, masak apa hari ini.. bentar melly dtg ke dapur nya yah mau intip rahel masak apa..hehe

nia marlissa said...

mcam best je

Amie said...

kalau tak silap Kak Amie pernah makan terung begini semasa di kampung, kami panggil terung asam, biasanya digunakan dalam masakan berkuah campur dengan ikan, seperti masak singgang.

Melly Octaviana said...

Kak Nia.. yah sedap.. makan dgn nasi hanat.. thanks yah kak sudah dtg ke blog saya.. ;)

K'Amie.. yah rasanya memang asam, memang biasa di masak macam masak sinigang , di masak dgn ayam pun sedap.. kalo di sini kita biasa panggil nya terung dayak.. hehe