Monday, January 16, 2012

Zuppa Soup



Hello There.. Ayo semangat yah walo pun ini Monday tapi jangan kena Monday blue dong.. hehe . Sepi juga sendirian di rumah, mau buat kerja rumah lagi ngga enak badan *alasan.com bilang aja malas khan.dari pada bengong sendirian mendingan  nongkrong di depan lappy ,mau nonton TV juga boring, jadi mendingan browsing ke blog nya temen temen sambil cari idea ,cari recipe yang menarik dan sesuai selera lalu di bookmarked dan masuk list deh ke recipe yang mau di coba..hehe




Kali ini melly mau share recipe Zuppa soup yang pernah di coba di dapur ku beberapa waktu yang lalu. rasanya enak loh, ngga kalah sama yang di jual di dalam paket atau di resto,sekarang kalo mau makan cream soup selalu pake resep yang ini, uda ngga beli yang paket lagi,apalagi kalo mau buat nya banyak dan mau di makan berulang ulang..Tapi jujur kadang kalo lagi malesssss banget tetep kadang masih pake yang gampang nya alias buat yang sudah di paket.. hehe


Anak anak makan nya sama nasi..enak juga.. slurrp

Kalo anak anak  makan nya pake nasi karena mareka memang dah biasa makan cream soup pake nasi, karena  dulu waktu mereka kecil,kalo mamanya males masak *baca blom bisa masak, suka buat cream soup yg di paket trus di kasih nasi lembek,jadinya kaya bubur bagi mereka..hehe Resep asli nya aku lihat di Blog nya Ricke. Thanks yah sister, uda share resep nya soup nya yang enak ini dan sekarang sudah menjadi salah satu menu di fav nya anak anak di rumah.Ijin share resep nya di sini. 

Zuppa Soup 

Bahan Bahan :
 Kulit puff pastry siap pakai *potong potong sesuai ukuran mangkok yang akan di gunakan

250 gram fillet ayam , di potong dadu kecil kecil
5 buah sosis ayam, di potong dadu kecil
100 gram jamur kancing , di iris tipis
1 buah wortel, di potong dadu kecil kecil *aq tambahin
Jagung manis pipil sesuai selera
2 siung bawang putih, di cincang halus
1 buah bawang besar/bombay di cincang kasar
1 liter air
125 ml susu evaporated
1 1/2 sdt garam atau sesuai selera
1 sdt  kaldu ayam bubuk *aq pake maggie cukup rasa
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt  gula pasir
3 sdm margarine
5 sdm terigu/tepung

 Bahan Olesan: Kuning telor di kocok lepas

Cara Membuat:
1.Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu, kecilkan api nya lalu masukkan terigu dan aduk rata hingga terigu nya tercampur dengan bawang nya.Lalu tuang air sedikit demi sedikit sambil di aduk aduk sampai air nya habis.
2. Masukkan ayam ,masak hingga mendidih dan mengental dengan api sedang, lalu masukkan sosis, wortel,jamur dan jagung nya, beri garam,lada bubuk, kaldu ayam dan gula nya. Masak sebentar hingga semua nya matang.
3. Masukkan susu nya,masak sambil hingga mendidih pertama kali sambil di aduk aduk agar susu nya tidak pecah. Matikan api dan cicipi sampai sesuai dengan selera.
4. Panaskan oven 200 'C . siapkan mangkuk keramik tahan panas,lalu tuang soup nya ke dalam mangkuk nya (jangan sampe penuh) tutup dengan kulit pastry, lalu oles dgn kuning telur atas nya. panggang dalam oven hingga pastry mengembang, warnanya kecoklatan dan matang. Angkat dan sajikan hangat hangat.

Tips :
1. Jangan mengisi soup terlalu penuh, karena ketika di panggang soup akan mendidih,kalo terlalu penuh nanti soup nya akan meluap keluar menyebabkan kulitv pastry nya basah.
2. Jika menginginkan zuppa puff pastry nya mengelembung tinggi (high dome ), masukkan suop ke mangkok dalam keadaan panas,ketika soup di panggang akan menghasilkan uap panas dan menekan kulit puff pastry sebelum sempat mengembang berlapis lapis,hingga akan menghasilkan zuppa yang mengelembung membulat ke atas.
3. Jika menginginkan zuppa puff pastry nya mengembang berlapis lapis dan tebal,masukkan soup ke dalam mangkok dalam keadaan dingin jadi pada saat di panggang kulit puff pastry nya akan mempunyai cukup waktu untuk mengembang lapisan lapisan nya sebelum sup mendidih.

Met Mencoba.. ^_*

11 comments:

CT Delima said...

Morning Melly

Adohhh...enggak bisa tidur ni, sebab mahu jalan2 blog teman2 juga. nanti kalau udah tidur bangun nya udah bizi mahu masak pulak..hehehe

k.ct ada juga ambil resep zuppa soup ni udah lama juga Melly, tapi sampai sekarang masih tak sempat mahu buat. Bila nampak Melly udah tayang diblog nya, macam mahu coba juga deh. Nampak sangat enak kan makan angat2.

Melly Octaviana said...

Morning Kak CT.. sama ngga bisa tidur balik nih, jadi nya di depan lappy aja. Mau buat kerja rumah belum ada mood nya. hehe

Coba deh kak Zuppa soup nya, Melly pake pastry yg di dalam paket buat nya . memang sedap khan,kalo buat sendiri bisa tambah dan tambah lagi.. hehe

kakna said...

nampak sedap bagat..mesti cuba ni

Melly Octaviana said...

Met Pagi Kak Na.. iya sedap kak, kalo di makan panas2 lagi yummy.. slurrp

mayangbakingmadness said...

salam melly, nampak mudah gitu, bleh di cuba ini.. tp bu melly ingin di tanya jamur kancing itu apa ya? mintak tolong ya.. ingin dibuat cuma satu ini gak tau apa nya..

Anonymous said...

Suweeet nya set hidangan si Comel...sgt cute gitu : )

Melly Octaviana said...

Hey Mayang mayang.. Salam kenal yah, Jamur kancing itu adalah jamur champignon,biasanya di dalam kemasan kaleng/tin. btw..lain kali panggil melly aja,biar lebuh akrab..hehe

K'Linda.. hehe.. iya kak,di beli kat IKea..warna warni khan, anak anak suka dan tidak pecah,memang khas untuk anak anak.makasih kak uda mampir.. ;)

mayangbakingmadness said...

ooo melly.. cendawan rupanyer... adehhh.. tenkiu... baru la boleh buat resepinya... hahahahahah...

Anonymous said...

yum2..chicken pot pie..

Nadz Nazharzan said...

Hai Melly..

Baru perasan you ada 3 adorable kids rupanya.. I thought Melly still anak dara bila tgk gambar profile tu..hehehe..

Best jugak tgk sup ni.. Time hujan2 dan cuaca sejuk2 mmg sedap kalau pekena Zuppa Soup ni kan..

Melly Octaviana said...

@mayang.. silahkan di coba, senang aja khan buat nya.. hehe

@Hey.. Naz.. hehe.. iya lah sekarang dah ada anak 3 loh, but dont mind lah kalo mau di bilang masih anak dara.. lol
iya emang cocok makan soup ini kalo hari dingin kha, seperti sekrang selalu nya turun hujan.

@anonymous.. yummy.