Saturday, April 21, 2012

Rainbow Chiffon Cake




Met malam, ketemu lagi setelah beberapa hari ngga sempet duduk di depan lappy mau updated blog atau mau initp dapur nya temen temen.. Kali ini melly datang membawa rainbow chiffon cake untuk temen blogger tersayang.. ;)
Temen fb melly minggu ini sedang hot hot nya buat nya rainbow cake, sebenernya dari dulu mau buat rainbow cake juga , semenjak melly selalu lihat rainbow cake di blog temen temen di Msia. tapi karena males dan banyak alasan nya dari yang ngga punya acuan banyak, jadi mesti panggang nya satu satu sampe malas mau buat butter cream nya.. aarrgghh banyak deh alasan yang hingga akhir ini belum kesampean juga buat si rainbow cake ..ssttt padahal dah inbox my dear friend Rahel  minta tips nya kalo mau buat rainbow cake , but dont worry.. someday Melly akan buat rainbow cake ,mungkin tunggu anak melly birthday dulu kali yah ,jadi ngga ada alasan malas untuk membuat butter cream nya.. hehe
So..takut "punan" akhirnya siang tadi  Melly buat juga yang tema nya rainbow, tapi buatnya Chiffon cake, khan senang kalo rainbow chiffon  cake, panggang nya langsung sekalian, yang penting ada juga warnanya keluar macam macam rainbow. juga lah.. :P

My hubby sama si bungsu memang suka sekali chiffon cake selalu nya melly buat Pandan Chiffon Cake  dari pertama buat chiffon cake selalu pake resep nya NCC Indonesia, belum pernah pake resep yang lain dan memang selalu nya cuma buat pandan chiffon cake, nah kali ini Melly buat yang rainbow deh tetep pake resep nya NCC, sebenernya resep nya sama dengan yang pandan chiffon cake cuma beda nya ini di tambah paste yang lain nya, dan tentunya dengan berbagai pewarna jadi seperti rainbow khan.
ini resepnya yang melly lihat di website nya NCC Indonesia. rasanya.. ngga di ragukan lagi.. enak  loh teksturnya yang ringan,lembut sampe ngga kerasa walo sudah makan beberapa iris.. hehe




Rainbow Chiffon Cake 
Sumber :  Ibu Fatmah Bahlawan ( NCC Indonesia )

Adonan Pasta
50 gram Gula pasir
20 gram Susu bubuk full cream
20 gram Tepung maizena
140 gram Tepung terigu
1 sdt Baking powder
100 ml minyak sayur
100 ml santan sedang *melly pake santan kotak
140 gram kuning telur ( 8 butir telur )

 Adonan Putih Telur
 300 ml    Putih telur ( 7 butir telur )
150 gram Gula pasir
½ sdt        Garam halus
1 sdt         Cream of tartar 

Untuk Warna Rainbow:
1/2 sdt  pasta pandan untuk warna hijaunya
1/2 sdt  pasta strawberry * melly pake pewarna pink  untuk  warna pinknya,ngga punya pasta strawberry
1/2 sdt  pasta cokelat * 1 sdm coklat bubuk di larutkan dengan sedikit air panas unutk warna coklatnya
1/2 sdt  vanilla essence di tambah sedikit pewarna kuning untuk warna kuningnya


Cara Membuat:
1.Panaskan oven 150 derajat Celsius.Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm *resep asal pakai ukuran 20 cm.
2. Buat Adonan pasta nya :
Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena , tepung terigu, dan baking powder lalu  lubangi tengahnya  Tuang telur di tengah nya lalu  aduk searah dari arah dalam dengan menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta menjadi halus.
3. Adonan putih telur:                                                                                                                
Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tartar  hingga puncak tumpul atau soft peak
4. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
5. Sediakan 4 mangkok/bowl  dan bagi rata adonan menjadi 4 bagian. Campur 1 bagian adonan dengan pasta pandan, 1 bagian lain dengan pasta strawberry *melly pewarna pink dan 1 bagian lain dengan pasta coklat *melly pakai coklat bubuk yang di larutkan dengan air panas dan 1 bagian lain biarkan putih *melly kasih vanilla essence dan pewarna kuning.
6. Tuang adonan nya selang seling *melly tuang yang warna coklat dulu,baru warna hijau,setelah itu warna pink dan terakhir warna kuning ke dalam loyang chiffon ukuran 20 cm tanpa di oles apa apa *melly pake ukuran 24 cm.
7. Panggang pada suhu 150'C kurang lebih 90 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal)*melly di panggang selama 50 menit atau tergantung oven masing masing.
8. Keluarkan cake dari dalam oven lalu  balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
9. Kalo sudah dingin ,jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar cake,hingga cake nya terlepas dari loyang nya.
10. Potong potong cake nya dan siap di hidangkan.


Met Mencoba.. ^_*

16 comments:

zila norazila said...

hai melly..sy yg pertama nie..ada lg ngakk?..he heheh eh..dh lama sy x buat kek ciffon ..tgok pic nie..aduhhh jatuh cinta..:)

nitnot said...

tuang adonan langsung aja ato harus dipanggang dulu tiap lapisan?

MANISMANIS said...

Mell..boleh tuh tukaran ma chiffon duran heehee...

Liza said...

salam melly, cantiknya kaler kek tu, mst sedap kan...mintak sepiring....hihihhii

ady said...

WOW!! CANTIK NYE mELLY RAINBOW CHIFFON CAKE TU..SUKA TGK YG BERWARNA -WARNI TU..

ogyep yummy mellow said...

hai... cantik beralun keknya... gebussss aje... sure sedap..

Rohah said...

selamat tengahari Melly,
meling2 keknya, pasti lembut dikunyah..canteeekk

Azlita Aziz said...

Petang Melly

Akak suka sangat kek Chiffon
lama dah akak tak buat..
bila lihat melly buat terasa macam buat hari ni juak!

Amie said...

Hai Melly sayanggg...
di tempat Kak Amie hujan, dingin sekali... kok sampai sini ada rainbor chiffon cake pula, ngam betul itu, kita makan sama-sama yok, minuman panasnya ada Mel? he he hehhh muka tak tahu malu nih!

rahel said...

Selamat pagi Melly...enak kan rasanya chiffon cake ini..Rahel juga suka chiffon cake..tapi belum pernah coba resep cake chiffon ibu Fatmah..mgkn suatu hari nanti akan dicoba juga.Cantik skali warna keknya Melly...

Mrs.Hurray!! said...

Gulp#%*//.. Sedapnya..

Mamasya said...

Hai Melly...nampak cantik dan lembut chiffon kek tu..warnanyapun ceria.kek chiffon belum pernah cuba lagi..

ummiaisyah said...

oh melly ku...aku nggak pernah lulus buat kek cifon..merajuk suda! melly punya tu cantik menjadinya..pandai melly!

Unknown said...

cantiknya kek...nampak gebu dan semestinya sedap:)

Nadz Nazharzan said...

Hai Melly..

cantik rainbow nya.. Rajin main2 dgn warna yer..Tau tak, Naz tak pernah lagi buat apa jenis pun kek chiffon..hihihhi..Sbb rasa nak pengsan bila tgk jumlah telur yg nak kena guna..hahaha.. TUnggu tak pengsan nanti baru boleh buat..kih..kih..kih..

CT Delima said...

Hai Melly

Ya sangat cantik kalernya mirip seperti rainbow cake juga ni, cuma yang ni sekali gus dibakar..hehehe. Okeylah Melly jadi juga kaler2 yang menarik, k.ct lama juga enggak buat chiffon cake rasanya mahu juga buat sebab anak2 juga suami suka sangat chiffon cake berbanding kek2 yang berat dan mampat :)