Saturday, December 31, 2011

Pandan Chiffon Cake and Happy New Year 2012


 Hey Teman ..ngga terasa yah uda tgl 31 December 2011 , beberapa jam lagi kita akan memasuki tahun 2012 aka tahun Naga.. btw.. ini tahun nya aku nih.  Dulu waktu masih muda ngga punya anak,kalo malam tahun baru biasanya kita keluar rame rame sama temen sambil nunggu countdown ,sekarang mah di rumah aja deh,lebih comfortable lagian tetangga di sini kalo malam tahun baru akan bakar firework,jadi bisa sekalian numpang lihat tampa harus mengeluarkan uang untuk beli firework nya.. hehe



Sambil menunggu countdown nya lebih baik makan makan di rumah sambil ngemil dan nonton TV..hmm best nya. Btw.. chiffon cake ini dah di buat beberapa waktu yang lalu tapi baru sempet mau di post di sini.. hehe Entah sudah berapa kali buat chiffon pandan cake ini, kalo ngga salah ini yang ke 4  kali nya dalam 6 bulan terakhir. Chiffon cake ini fav nya hubby dan Orel, biasanya kalo orel mau makan cake ini bilang nya green cake.


Kami suka makan chiffon cake.karena teksturnya yang ringan ,makan beberapa potong pun ngga kerasa khan yah.. hehe . Chiffon cake yang aku buat ini pake resep nya NCC indonesia, uda cocok sama resep nya, resep nya NCC emang top deh.. enak enak.... ;)

Pandan Chiffon Cake
Sumber : NCC Indonesia

Bahan Adonan Pasta
50 gram Gula pasir
20 gram Susu bubuk full cream
20 gram Tepung maizena
140 gram Tepung terigu
1 sdt Baking powder
100 ml minyak sayur
100 ml susu cair *resep asli pake santan
140 gram kuning telur *8 telur ukuran sedang
1 sdt pasta pandan

Bahan Adonan Putih Telur
300 ml Putih telur *8 telur ukuran sedang lebih dikit
150 gram Gula pasir
1 sdt Garam halus
1 sdt Cream of tartar (optional)

Cara Membuat:
1.Panaskan oven pada suhu 150 derajat Celsius.
2.Adonan pasta: Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena , tepung terigu, dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
3.Adonan putih telur: Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tartar (jika pakai) hingga puncak tumpul (soft peak).
4.Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
5.Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 24 cm tanpa dioles apa-apa. *ada lebih nya kynya mesti pake loyang chiffon nya gedean lagi.. Panggang kurang lebih 60 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
6.keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
7.Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar kue.
8.Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan pisau. Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji.

Met mencoba ^_*


Buat yang punya rencana merayakan tahun baru di luar nanti malam jangan lupa sedia payung biasanya akan hujan khan, Ingat.. don't drink and drive.:D Bye.. Bye 2011 and Welcome 2012.. 

We will open the new book.
Its pages are blank.
We are going to put words on them ourselves.
The book is called Opportunity
and
its first chapter is New Year's Day.


HAPPY  NEW YEAR  2012   ^_*

4 comments:

CT Delima said...

Hai Melly

Melly...maaf ya lama udah k.ct enggak jalan2 kemari, bizi menguruskan hal2 anak2 yang akan kesekolah nanti. Jadinya blog Dapur CT senyap sekejap..hehehe

K.ct suka banget sama kek chiifon. kalau makan tidak terasa mahu setengah juga akan kehabisan engak mahu berhenti...hehehe. Jom melly malam nanti k.ct mahu nonton movie dulu. baliknya mahu sama anak2 juga suami tengok fireworks ..Jom yok kita tengok sama2 Melly !


I wish you and your family love, peach, healty and joy for 2012!!!

rahel said...

Selamat sore Melly...
tergoda lagi dengan kek sifon itew..kangen ama kek sifon..enak dan lembut...

Selamat menyambut tahun baru 1 jan 2012..untuk Melly sekeluarga..moga sihat dan bahagia selalu.

Melly Octaviana said...

Hey K'CT.. Happy new year to you too..
Pantesan dah seminggu senyap aja dapur nya,melly kira pergi holiday, anak anak di rumah pun uda siap back to school, dah beli semua peralatan sekolah dah potong rambut juga.. hehe

Hey Rahel.. sifon kek emang lembut yah,makan banyak pun tak terasa..hehe
Happy new year too, semoga tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelum nya.. :D

bulan sabit said...

makasih ya melly sudah saya coba sih resepnya bagus jadinya dan ringan kuenya.