Thursday, June 20, 2013

Nasi Ayam Istimewa Yang Sedapp

Semalam tengok nasi ayam nya Zila di FB, ngeces  tengok nya, dalam hati mau di bookmarked ahh resep nya, lain kali buat nasi ayam mau di coba juga. Melly kalo malam sebelum tidur selalu tanya anak anak esok pagi mau bekal apa.. begitu pula kalo dalam perjalanan ke sekolah selalu tanya anak anak siang nanti mau makan apa..biasa lah selalu masak tiap hari sampai kadang tak ada idea mau masak apa lagi,jadinya mending tanya anak anak mau makan apa dan pastinya kalo mereka yang minta mau makan apa mereka akan lahap makan nya. Anak anak Melly di rumah ngga pernah susah makan nya karena saya selalu masak makanan kesukaan mereka.  Ternyata si bungsu kata mau makan nasi ayam, nasinya yang warna kuning... .Melly langsung teringat akan nasi ayam istimewa nya Zilla. So dari sekolah si bungsu langsung ke pasar beli ayam satu ekor. Senang rasanya kalo pagi pagi dah ada idea masak lauk apa buat tengah hari.. ;)




Anak anak di rumah sama seperti Zila juga penggemar nasi ayam, itulah sebab nya Melly sering buat nasi ayam,malah anak anak kata nasi ayam buatan mommy lebih sedap dari yang di jual.. memang pandai anak mommy angkat mommy nya yah..hehehe

Nasi ayam ini sebenernya hampir sama dengan  nasi ayam  yang selalu Melly buat untuk anak anak cuma nasi nya biasanya Melly ngga kasih bahan rempah lagi,itu lah nasi ayam nya jadi istimewa kan.. Rasa nya memang sedap padahal Melly cuma pakai beras wangi doang, lain kali mau coba buat nasi ayam pakai beras basmathi . Kalo Zila buat ayam nya di goreng tapi Melly tadi buat nya di panggang, biasa di panggang di Happy Call..jimat minyak...hehehe

Oke deh..ini recipe nya Melly lihat  dari blog nya Zila. Makasih yah Zila sudah share recipe yang istimewa ini dan makasih juga buat Kak Azie Kitchen yang punya recipe nya. Melly ijin share recipe nya di sini dengan sedikit modifakasi..  ;)






NaSI Ayam IStimewa
Recipe : Azie Kitchen
Modified : Melly

Bahan - Bahan 

Untuk Rebus
1 ekor ayam 
2 ulas bawang putih
2 cm halia / jahe di ketuk aka keprek 

Cara Membuat :
Ayam dipotong ikut suka besarnya,*ayam nya ngga di potong potong cuma di belah tengah nya. bersihkan dan lumurkan  dengan 2 ulas bawang putih yg ditumbuk dan 2 cm halia yg diketuk. Rebus sehingga ayam nya empuk.



Untuk Perap 
1 sudu besar kicap pekat
1 sudu besar sos tiram
1 cm halia aka jahe
2 ulas bawang putih
Sedikit kicap cair
Sedikit minyak bijan
2 sudu besar lada hitam 
1 sdt maggie cukup rasa *Melly tambah
1 sdm gula

Cara Membuat:
Kalo ayam nya sudah empuk, angkat ayam nya dan perap dengan bahan bahan perap.diamkan selama 15 - 20 menit  agar bumbunya menyerap ke daging nya.  Lumurkan sedikit madu lalu goreng hingga keperangan. Angkat ayam dan diketuk sedikit sebelum dihidangkan.
*Melly buatnya dengan cara seluruh permukaan ayam di lumuri dengan bahan bahan perap dan melly masukkan ke dalam Happy Call (biar ngga banyak cucian piring ..hihihi ) biarkan selama 20  menit atau lebih baru di panggang dengan api sedang hingga kecoklatan.


Ayam yang baru matang 


.Untuk nasi
5 cawan beras - zila guna basmathi *melly beras wangi
3 sudu besar butter
1 cm halia - ditumbuk
4 ulas bawang putih – ditumbuk
air rebusan ayam secukupnya
Sedikit garam
1 sdt maggie cukup rasa *melly tambah
1 bunga lawang
2 buah pelaga
1 kayu manis
1 batang serai – ketuk
2 helai daun pandan
Pewarna kuning*melly guna 1 sdt serbuk kunyit

Cara Membuat :
Cuci beras dan tos kan. Di wajan panaskan butter, tumis bahan penumis , daun pandan,serai,halia serta bawang putih hingga garing lalu masukkan air rebusan ayam secukup nya sesuai dengan jenis beras yang di pakai,masukkan serbuk kunyit nya aduk rata  lalu masukkan ke dalam panci rice cooker dan masak seperti biasa.





Untuk sos/sambel
5 biji cili merah
5 ulas bawang putih
2 cm halia
1 sudu teh cuka
1 sudu teh garam 
1 sudu teh gula
1/2 cawan air rebusan ayam

Cara Membuat :
Blendkan semua bahan di atas. Boleh ditambah tomato sos/sos cili jika suka. Boleh juga dimasak sebentar (jika suka)*Melly ngga buat sambel yang ini karena di fridge ada stock sambel/sos nasi ayam .. hehe


Untuk sup
Air rebusan ayam
1 biji bawang besar kisar
Rempah sup
Garam
Daun sup yg dihiris.

Cara Membuat :
Air rebusan ayam didihkan bersama bawang besar, rempah sup, garam dan daun sup tadi. Tabur bawang goreng sebelum dihidangkan.*Melly buat nya  
Tumis bawang putih cincang dan masukkan sisa rebusan ayam tadi,lalu masukkan garam,lada bubuk secukup nya. lalu masukkan wortel dan kentang.*kalo di kedai biasanya cuma sup kosong aja, tapi anak anak suka makan wortel jadi nya di masukin aja, kalo ada daun kubis pun boleh di masukkan. .Masak hingga wortel dan kentang nya lunak lalu  masukkan irisan daun sup dan bawang goreng.


Met Mencoba.. ^_*


9 comments:

Unknown said...

sedapnya..terliur la tgh ayam butterfly melly tu..nk tnya
kalau guna pemanggang ajaib tu..berapa lama masa digunakan
utk setiap belah ayam tu?tq

suryabil said...

Ngencesss ku melihat nya...hari ni mmg plan nk buat..tapi malas byk pulak..hehhe...esok kot masak nasi ayam..ank2 sury pun gemar nasi ayam..mmg enggak jemu sih...:-)

rahel said...

waa...ini yang bikin gue ngga sabar mau makan nasi ayam...mantap deh...jadi kepingin banget..

Sweet red cherry said...

hai melly..

sedapnya nasi ayam tu..memang telan liur tengok menu nasi ayam yang enak tu

Evelyn Gemina said...

Hi sis melly, wah dkt sini pun ada nasi ayam!!! semuanya special..aduhhhhh....

cik cek said...

hai! Melly...masih ingat cik cek tak...lama tul tak jenjalan kesini....emmmm...bestnya nasi ayam....:)

zila norazila said...

Hi melly..jika di pggng lg sihat ni..zila msih ngk punya pan tue..nmpk garing ayamnya..

Melly Octaviana said...

@ Kak Ashra Nani.. karena ayam nya sudah di rebus terlebih dahulu dan sudah matang,jadinta tak lama juga di panggang nya, kurang lebih dalam masa 5 menit lalu Melly balik dan panggang 5 menit lagi.. guna api sederhana.

@sury.. ayoo di buat lalu hantar ke KCh yah..hehe

@Rahel... nanti melly antar kat Sabah yah, barter sama cookies raya nya,, ;)

@Bbwana... iya memang sedap.. sesuai selera kami.. makasih sudah mampir.. ;)

@evlyn.. tak special seperti buatan cake nya Evelyn yg keren dan mantapp ..;)

@kak Cik Cek..ingat kak, kemana aja tak pernah tengok,, miss u.. ;)

@zila... di panggang jimat minyak..hehe Ayoo beli double pan, its worth it to buy..;)

Qasey Honey said...

nadi ayam ni mmg terbaekkn kak..mletoppp