Thursday, June 6, 2013

Kek Lapis Nutella



Ini gara gara waktu pertama kali buat kek lapis langsung di bilang sukses,jadi nya ketagihan mau buat kek lapis. Apalagi ternyata anak anak suka makan nya.Melly sih enjoy aja tuh masa ngelapis nya, malah sembadi nunggu layernya matang sempat juga whatsapp an sama temen temen and fb an juga..hihihi

Kek lapis ini Melly buat untuk di makan sama sama di rumah ipar saat cuti hari Gawai kemaren, sebenernya mau buat 2 kek lapis, satu lagi mau buat kek lapis cheese nya Kak Amie  tapi hari saat Melly rencana mau buat kek lapis tuh dapat berita yang kalo bapa di Jakarta sedang sakit, jadi nya Melly langsung down banget, pikiran galau sedih teringat bapa di rumah, jadi ngga semangat mau buat kek lapis,malam nya sebelum tidur sudah kata sama hubby kalo esok ngga jadi bawa kek lapis ke rumah kakak nya, dan mereka pasti mengerti . Tapi karena sudah janji sama SIL yang datang dari jauh dan ngga enak rasanya kalo tidak menepati janji , akhirnya pagi hari nya setelah selesai semua kerja rumah, Melly mulai buat kek lapis ini dari jam 7 pagi ,nekat banget tuh karena Melly sudah appoitment akan sampai di rumah SIL jam 12 petang, untung rumah nya dekat aja..hehe

Nasib baik selesai tepat waktu nya,dari mulai timbang timbang bahan cake nya sampai selesai cuci piring makan waktu sekitar 4 jam an. Semua nya ada 14 layers,cake nya masih hangat lagi masa di bawa,betul betul fresh from the oven, tuh photo yang di atas potongan nya ngga rapi soalnya masih hangat sudah di potong di bagian pinggir nya buat documentasi..hihihi. Photo yang di bawah di ambil keesokan hari nya, jadi Melly bawa pulang ke rumah sedikit buat photo, abis masa itu baru sempat photo sekali aja, nasib di rumah SIL sendiri jadi ngga malu minta bawa pulang sedikit buat photo.. hehehe





Kek lapis ini pakai resep kek Lapis cadbury nya  Kak Dayang yang Melly pernah buat sebelum nya di sini. Cuma Cadbury nya Melly ganti dengan nutella. Makasih buat kak Dayang atas perkongsian recipe nya, maaf kalo kali ini Melly letak nutella bukan nya cadbury. Jadi di setiap lapisan ketiga Melly sapukan nutella.Melly belum mengerti pasal kek lapis ini, ini kali kedua Melly buat kek lapis jadi sebelum buat  inbox dulu Sury yang Melly kenal selalu buat kek lapis, tanya dulu boleh kah tidak letak nutella ,abis takut nya nutella nya akan melt and spoilt the whole cake. Makasih yah Sury sudah cepat jawab inbox nya saya dan di kasih tips juga bagaimana mau letak nutella nya,tapi sayang Melly ngga punya piping bag nya.... ;)

Rasa nya... sedapppp.. lemak dan lembut , di tambah dengan nutella lagi.. mnatappp deh, kalo ngga percaya buat aja sendiri..hehe  Menurut Melly kalo masih mau belajar buat kek lapis seperti saya cocok dengan recipe ini, recipe nya ngga pakai telur yang banyak seperti kebanyakan recipe kek lapis yang lain yang pakai sampai 30 kuning telur. Walaupun pemakaian telur nya sedikit tapi cake nya ngga kering, moist dan lembut di jamin ngga seret di makan nya,mungkin karena pemakaian butter yang berquality dan tepung hongkong nya.





Kek Lapis Nutella
Adapted dari  Kek Lapis Cadbury Sumber   dayangjack@dapurku sayang
Modified : Melly

Bahan-bahan: loyang  8" x 8"
450 gram  mentega berkualiti tinggi
120 gram tepung hong kong (diayak)
220 gram  gula halus
10 biji telur
100 gram  tepung biskut marie
65 gram serbuk horlicks
50 gram  serbuk santan (1 paket)
250  gram susu pekat manis aka SKM
Nutella secukup nya



Cara Membuat :
1.Panaskan oven pada suhu 170 ~ 180 C api atas dan bawah ~ mengikut kepanasan oven masing-masing
2.Sediakan loyang kek dan oleskan dengan mentega lalu lapisi dengan baking paper bagian bawah nya sahaja,sisihkan
3. Kocok mentega dan gula hingga berkembang dan berkrim.
4. Masukkan telur satu persatu sambil terus di kocok  perlahan.
5. Masukkan tepung biskut marie, horlicks dan tepung, santan dan susu pekat sedikit demi sedikit sambil terus di kocok dengan kecepatan rendah hingga semua tercampur rata. 
6. Masukkan adonan sebanyak 150 gram atau 5 sendok makan dan ratakan ke dalam loyang dan bakar hingga kecoklatan..Bakar kurleb 8  menit atau hingga kecoklatan tergantung dengan kepanasan oven masing masing
Pada lapisan pertama bakar dengan menggunakan api atas dan bawah. Untuk lapisan seterusnya gunakan api atas sahaja
7.Selepas membakar satu lapisan jangan lupa untuk menekan permukaan atas kek supaya kek padat dan membuang segala gelembung udara.
8. Ulangi  lapisan dan letakkan/sapukan nutella  pada setiap lapisan ketiga.
9. Setelah lapisan yang terakhir sudah matang / kecoklatan tutup dengan alumunium foil dan panggang lagi dengan menggunakan api atas dan bawah selama kurleb 10 menit. tujuan nya di tutup agar bagian atas nya ngga gosong.
10. Keluarkan cake dari dalam oven dan biarkan dingin sebelum di potong.


Nota:
  • Biskut marie di haluskan dan diayak baru ditimbang.
  • Serbuk Horlicks boleh digantikan dengan serbuk nestum bayi jika suka.
  • Susu dan gula boleh dikurangkan atau dilebihkan mengikut citarasa sendiri.
  • Gunakan mentega yang berkualiti tinggi untuk dapatkan hasil yang baik. 
  • Menurut Sury .. Nutella bisa di masukkan ke botol sos atau piping bag untuk mempermudah meletakkan ke dalam loyang, karena Melly ngga punya piping bag jadi Melly cuma pakai senduk aja meratakan nya, Melly letak nutella nya di dalam mangkuk  tahan panas dan letakan di atas oven supaya nutella nya lebih lembut dan gampang pada saat meratakan/menyapukan ke dalam lapisan nya.
  • Nutella nya Melly letak di setiap lapisan ketiga, kalo mau letakkan di setiap lapisan atau setiap lapisan keberapa aja juga boleh, tapi Melly buat nya buru buru dan takut nya nanti jadi nya kemanisan.


Met Mencoba.. ^_*




9 comments:

rahel said...

Wa wa waaaa....jadi ngga tahan ni....

Sweet red cherry said...

hai melly..

cantiknya kek lapis tu..kemas..dan yang pasti rasanya mesti sedap..pkai nutella lagi..hehe..

Unknown said...

Keliatannya enak nih

Unknown said...

cantik jugak pakai nutella ye melly..

Amie said...

Hai Melly sayangggg...
ada rupanya teman Kak Amie buat kek lapis. Memang sangat ketagih kalau sudah sekali buat & menjadi. Tapi hasilnya sangat berbaloi kok... Kek Lapis Masam Manis Keju yang kak Amie biki itu sampai juga ke kampung kakak di Selangor, buat titipan untuk bonda. Kelmarin siap sebiji kek lapis aiskrim keju untuk dikirim ke Labuan buat anak bujang kami di sana. Berbaloi bikin kek lapis kan Melly, biarpun memakan masa tapi istimewa untuk dijadikan buah tangan dan kiriman. Cuma, kalau fikiran tidak tenteram, usah dibikin kek lapis, nanti lain pulak jadinya ye... wokey, mulai saat ini kalau kak amie ingin melapis lagi, pasti kak amie ingat sama Melly suapa semangat melapis terus bertambah!

zila norazila said...

angin melapis sudah sampai nie..zila pun sama kalu ank suka makan..semangat semakin bertambah..lapisnya cantik skali tue.

Unknown said...

cake lapis trnyata agak susah bikinnya... yg suka emping melinjo & krupuk udang silahkan mampir http://empingrenyah.blogspot.com/p/harga-dan-jenis-produk.html?m=1

suryabil said...

Wahhhh....suksess sukses sudah ya..sudah gian dia mlapis..hehe...kapan mau pos ke kl ya...mau nutella nya lebih2 sikit ya...rajin mencuba,sabar melapis pasti bjaya!

ummiaisyah said...

waa...melly ..sama rajin ngan kak amie...tiup sikit smgt tu k smnanjung ni...mesti sedap tu..nutella klao diratah pon sedp..apa lg dlm kek!