Sunday, January 1, 2012

Ayam Panggang Ala Kenny Rogers


Uhuy... ngga terasa yah uda hari pertama di awal tahun 2012, semoga tahun ini akan lebih baik lagi segala gala nya dari tahun kemaren. Malam tahun baru  ngga kemana mana seperti biasa di rumah aja, jadi nya masak agak special dikit ala ala western githu.  2 Minggu yang lalu waktu Aurel bday kami makan di resto Kenny Rogers,jadi nya terinspirasi buat ayam panggang ala kenny rogers ini di malam pergantian tahun. Rasanya yummy, bumbunya meresap  ke daging nya ,soalnya ayam nya sudah aq marinate selama semalaman sebelum nya. Resep aslinya aku liat dari sini


Karena ceritanya ala ala western githu makan nya ngga pake nasi, Makan ayam panggang nya di temani dengan kentang goreng, mushroom soup, baked potato, baked bean, salad, cheese sausage  dan minum nya syrup mangga.*ngga ke photo waktu photo ini sausage nya masih di oven dan aku lagi siapin syrup mangga nya. Biasa khan kalo anak anak dan hubby uda duduk di meja makan, mana sempet mau ambil photo2 makanan, nasib baik ini sempat minta tolong hubby ambilin photo nya, itu juga cuma ambil 2 photo doang..soalnya dah pada lapar ,uda pada sibuk makan..  

Ayam Panggang Ala Kenny Rogers
Sumber : Hanamemories.blogspot

Bahan-Bahan
1 ekor ayam
3 biji bawang bombay
4 biji bawang putih
2 inci jahe
3 sdm sos tiram
2 sdm kecap manis
2 sdm madu
lada hitam secukupnya..*aq pake 3 sdm saos lada hitam
1 sdt kaldu ayam bubuk
2 sdm gula pasir
1 sdm garam
 Sedikit mentega* aq pake 1 sdm

Ayam nya yang di marinate malam sebelum nya

Cara membuat :
1.Blend bawang bombay,bawang putih dan jahe kasih air sedikit.
2.Letakkan di dalam wadah dan campukan semua bahan bahan bumbu lain nya.
3.Lumurkan keseluruhan bahan tadi diluar dan dalam ayam yang telah dibersihkan.
4.Marinate selama 2 jam - lebih lama lebih baik,semalaman.*aq marinate semalaman
5.Bakar/panggang selama 1 1/2 jam atau sehingga ayam masak. Sewaktu membakar, setelah 1/2 jam pertama, oleskan ayam dengan minyak n campuran bumbu yang menitis. Ini supaya ayam tidak terlalu kering .
6.Kalo sudah matang letakkan di atas piring saji dan siram dengan bumbu yang menetes sewaktu di panggang.

Met Mencoba.. ^_*


Btw.. tadi malam ada kejadian lucu,sewaktu sedang membereskan meja dan cuci piring,aq mencari screw yang tadi di pake untuk mengunci ayam nya waktu di panggang . *aq panggang nya di dalam oven yang yang ayam nya di tusuk ke besi lalu putar putar itu.. uda di cari di seluruh dapur sampe korek korek sampah bekas cuci piring tetep aja ngga ketemu, uda bete juga soalnya kepikiran gimana kalo next time mau pake lagi,uda githu khan ngga ada spare screw nya malah mungkin ngga ada yang jual . Tadi pagi pas panasin sisa ayam nya ketemu juga tuh screw ,ternyata screw nya ketinggalan di ayam nya bersembunyi di balik bumbu nya, phewww.. nasib baik ngga kemakan tuh screw tadi nya hari ini rencana mau pergi xray takut nya anak anak kemakan screw nya tadi malam.. LOL

9 comments:

rahel said...

Selamat sore Melly...
enyak banget bisa makan ayam panggang di tahun baru ini..nyum nyum nyum..

Melly Octaviana said...

Hey Rahel.. sorry baru lihat koment nya..
iya pas moment nya makan ayam panggang di malam tahun baru..hehe

retha said...

hi mbak, aku mau tanya, ini kl dipanggang di oven, temprature berapa derajajat yaa? makasih :)

Melly Octaviana said...

Hey Retha.. aku biasanya di panggang nya pake suhu 200'C pake mode gril yang muter2 itu ayam nya tapi tergantung oven masing masing juga.

retha said...

wah jadi pengen buru2 coba bikin buat dirumah.oh iya 1jam 30 menit itu panggangnya nggak kelamaan ya mbak?

nuraisya said...

helo... salam kenal. wah sepertia lezat yaa. cuma tunggu'a lama harus semalaman. saya mau coba.

Melly Octaviana said...

Retha.. maaf baru liat.. ngga kelamaan, tapi tergantung oven masing masing juga sih.. lebih baik di cek aja,kalo uda matang atau belum nya. ;)

@nuraisya..
Hey salam kenal, makasih dah mampir di blog melly.. ngga di tunggu semalaman pun boleh , atleast 6 jam agar bumbunhya menyerap di dalam daging ayam nya. ;)

Unknown said...

Halo mba salam kenal,,
Mau nanya nich, kalo mau diamkan semalaman !! Taruh dalam kulkas atau taruh di suhu ruang biasa ?? Takutx ayamx jdi bau kalo ngak di taruh di kulkas...

Unknown said...

kalo memanggang tanpa oven gimana ya kak?