Friday, January 27, 2012

Hati Ayam,Badal Masak Kicap & Sambal Goreng Tempe


Good Morning.. It's Friday.. cepet banget yang ngga kerasa udah jumat lagi, baru sekolah 2 hari besok uda libur lagi, yipiee..bisa bangun siang lagi .. hehe

Ini Menu dinner tadi  malam, bosen makan ayam, hubby request minta di buatin  hati ayam sama badal. Anak anak di rumah ngga suka sama hati ayam jadi  melly masak ayam goreng aja untuk mereka. Kalo anak anak mah ngga ada bosen nya makan sama ayam yah, tiap hari ayam pun ngga apa yang ada yang masak nya yg bosen mengolah ayam mulu..hehe



Kebetulan ada tempe jadinya buat goreng tempe juga karena lagi ada stock sambal di kulkas jadinya tuh tempe di  kasih sambal. Resep sambal nya bisa di lihat di  sini. Oh yah makan nya tadi malam juga pake sayur cangko manis *ngga sempet di photo soalnya masak nya sesaat sebelum makan.


Sebenernya kalo buat masak kicap ngga pernah di ukur kecap nya , celup celup aja , tergantung selera nanti mau sepekat mana kecap nya,tapi melly tulis aja di sini resepnya yah, kalo ada yang mau cobain nanti ukuran kecap nya di sesuaikan sama selera masing 2, ukuran kecap di sini sbg guide line nya aja. Joom kita liat resep nya.

Hati Ayam & Badal Masak Kicap
Sumber : Melly

Bahan Bahan :
5 buah hati ayam dan 5 buah badal ayam *di cuci bersih lalu potong potong
2 ulas bawang putih di cincang kasar
2 inchi halia/jahe di iris tipis panjang kaya korek api
1 buah serai di geprek
1 sdm kecap pekat
3 sdm kecap cair/light soya
Garam secukup nya
1 sdm gula 
Daun bawang di potong panjang kurleb 1 inchi iris kecil2 untuk taburan
Minyak unutk menumis

Cara Membuat :
1.Panaskan minyak dalam wajan lalu tumis halian dan serai ,masak hingga keluar bau dan masukkan bawang putih nya, masak hinggakecoklatan dan harum.
2. Masukkan hati dan badal nya, lalu aduk rata dan tumis,kasih sedikitttt air dan terus masak hingga air nya abis katanya dengan begitu nanti hati ayam nya ngga amis.
3. Masukkan kecap pekat dan kecap cair nya lalu aduk rata Kasih air sedikit unutk membantu hati nya masak.
4. Kasih garam secukup nya dan gula pasir teruskan masak hingga airnya mengering dan masak sambil sesekali di aduk rata.
5. Masukkan daun bawang nya,aduk rata cicipi kalo rasanya uda pas boleh matikan api . Taburi dengan daun bawang dan irisan cabe sebelum di hidangkan.

Met Mencoba.. ^_*



8 comments:

ady said...

as-salam Melly

menu yg menyelerakan..sedapnye hati ayam dan Badal tu..mkn ratah2 pun sedap..

ummiaisyah said...

betul tu melly...hr2 mkn ayam pon jemu...sesekali mkn hati cam melly msk ni mmg berselera la..

cik cek said...

Ni...memang menu fav akak...tapi anak2 kurang suka...

izahdaut said...

salam pekenalan melly.. wahh nice blog. banyak sekali resep2 yang bagus2. benar kan, kalau buat masak kicp, kicap nya ngak perlu diukur. tuang saja sepekat mana yang mahu mengikut selera. sedap sambal tempe. kesukaan saya

CT Delima said...

Hai melly

Hati aya ni k.ct nggak bisa makan lah Melly. kalau makan ulu hati macam sakit gitu. Tapi kalau makan sikit2 buat rasa2 okeylah nggak bisa makan banyak2. anak2 juga tak pernah makan, katanya sedap lagi ayam. Ya.. ayam melulu bosan juga lihat ayam ni hari2 ya Melly...hehehe

Tapi hari ni menu makan malam k.ct masak semur ikan tongkol, lihat anak2 mesti tarik muncung panjang..hahaha

rahel said...

Mat malam Melly..baru sampai ni..cape' jalan kaki..huhuhu..mau dong badal masak kicap itu..enak..

Azlita Aziz said...

morning melly..
singah sini pagi2 buat perut akak lapar...
sedapnya melly harus di coba ni.. >^<

Melly Octaviana said...

Hey Ady,.. yah sedap nih menu, my hubby fav.

@Kak Ummi.. betul kak, anak anak saja yang tak bosan makan ayam tiap hari..hehe

@Cik cek.. sama kak, anak anak disini juga ngga suka sama ati ayam dan badal, suka ayam nya saja.. hehe

@Hey Kak Iza.. salam kenal juga, makasih kak uda mampir di sini, blog kak Iza juga banyak recipe yang melly mau coba nanti. ;)

@Kak Ct.. oh ic.. tapi semur tongkol enak tuh kak,kalo mau ikut anak anak mah tiap hari maunya ayam terus,bosan juga mau masak nya,kalo anak anak sini suka juga sama ikan ,tapi di goreng aja.

@Kak Ita.. makasih kak sudah mampir di blog melyy, aq suka masuk blog nya kak Ita,dari sebelum melly ada blog sendiri, photo nya cantik2,buat mau mabil makanan nya.. hehe