Sunday, December 18, 2011

Sambal Ikan Bilis Aka Sambel Ikan Teri




Sambal ikan bilis ini salah satu fav nya hubby, so far ngga pernah buat sendiri,biasanya di kasih sama SIL.
Liat postingan nya Ma Mamafami,jadi terinspirasi mau buat sendiri, akhirnya tanya Mama resepnya, ternyata resep nya mama kurleb sama dgn yg selalu di buat my SIL.

Seperti yg Mama bilang kalo sambal ini adalah sambal dasar,kalo di campur ikan bilis yg dah di goreng jadi sambal ikan bilis, boleh juga di campur sama telor rebus atau telor ceplok, dan ini juga di kenal sbg sambal nasi lemak, malah hubby selalunya bilang sambal nasi lemak..hehe





Ini resep nya yg aq buat tadi, resep nya liat di Blog nya  Mamafami
Tapi tadi aku buatnya bnyk sekalian jd stock,jd nya resepnya dah aq sesuiakan dgn selera kami.Resep di bawah jadinya bnyk,bisa u/ di mkn berkali kali.Jadi sisa sambal nya aku masukin ke container dan masuk ke dalam kulkas,kapan kapan mau makan yang ada sambal nya jadi gampang..;)


Bahan - Bahan :
350 gram chili kering yg sudah di rebus dan di blender.. *aq bijinya di buang soalnya hubby takut pedees
100 gram bawang merah di haluskan
60 gram bawang putih di haluskan
10 sdm gula pasir kurleb *hubby suka manis
1- 1/2 sdm garam*kurleb
10 bawang bombay besar di iris iris *kami suka bnyk bawang nya
minyak goreng secukupnya
50 gram asam jawa campur air *kurleb
ikan bilis aka ikan teri secukupnya di goreng
kacang tanah secukupnya di goreng


*kalo suka boleh di tambah dengan terasi, tapi krn hubby alergi sama terasi,jadinya aq ngga pake.



Cara Membuat:
1.Panaskan minyak goreng bekas goreng ikan bilisnya,tumis chili paste sampe wangi.
2.masukkan bawang merah dan bawang putih yg sudah di haluskan. aduk rata,masak sampe pecah minyak
3.masukkan jus asam jawa, garam dan gula secukupnya.
*sebaiknya masukkan gula dan garam nya sedikit demi sedikit sampe dapet rasa sesuai dgn selera.
4. kalo sudah matang dan keluar minyak masukkan bawang besar/ bombay nya dan masak hingga bawang nya layu.
5.kalo dah dingin masukkan ikan teri goreng sama kacang goreng nya sesuai yg di perlukan.



Note : 1. Katanya kalo buat sambel minyak nya harus bnyk maksudnya cukup u/ tumis cabenya,kalo minyaknya kurang nanti sambelnya jadinya kering,.Setelah sambelnya matang dan dingin biasanya minyak nya berkumpul di pimggir sambelnya, nah biasanya saat itu aq buang sisa minyaknya ,jadinya ngga felling guilty bgt makan nya.. :P

2.Biasanya kalo buat sambal ukuran nya pake ukuran kira2 dan rasanya sesuai sama selera masing2 aja,jadi ukuran di atas sbg guide line aja yah, aq sengaja tulis biar lain kali mau buat ngga lupa dan bisa nyontek lagi ,soalnya hubby tadi nyobain rasanya dah pas sama selera nya, walopun rasa sambel nya kalo kata aq ngga ada pedes2 nya, yg ada rasa manis,sedikit asam tapi yah aq mah ikut aja selera hubby,lagian khan emang masak u/ hubby,kalo aq buat pedess sesuai selera ku nanti hubby ngga makan dong.. hehe


Met mencoba.. ^_^

3 comments:

Amie said...

enaknya... makan sama nasi lemak ni Melly!

cik cek said...

Melly...makan ngan nasi lemak best sgt ni...tak pun buat cecah ngan pucuk ubi direbus...:)

Melly Octaviana said...

Betul tuh Kak Amie, my hubby pun bilang nya sambal nasi lemak..;)

@cik cek.. kayanya makan dengan apa aja emang best yah sambal ini.. nyam..nyam