Saturday, November 12, 2011

Devil's Food Cake on my 35th Birthday


Ngga kerasa umur dah 35 tahun on 20 Oct 2011 kemaren, kadang ngga percaya juga dah punya anak 3 , selalu merasa masih muda aja ..hehe *takmalu.com
Sebenernya uda lama anak anak  request minta di buatin coklat cake,jadinya pas Bday kemaren  buat DFC ini .Walopun tidak ada perayaan dan ngga ada yang kasih hadiah tiap ada yang  bday di rumah  uda kebiasaan selalu ada cake,kalo dulu selalu beli BDCK di bakery tapi sejak setahun yang lalu karena uda hobby yang namanya baking jadi selalu berusaha buat cake nya sendiri.walopun ngga bisa dekor2 cake seperti layaknya yg di jual di bakery atau seperti karya temen2 yang lain tapi PeDe aja deh, jelek jelek juga hasil buatan sendiri khan.. hehe

my very 1st "BDCK" yg pernah di buat

Teringat tahun lalu ,aq maksain banget buat my very 1st decorated cake ceritanya,padahal mah cuma buat brownise trus di kasih gula gula berwarna tapi bangga nya minta ampun, gimana ngga aq yang dulu nya cuma bisa buat pisang goreng ternyata bisa buat brownise sendiri..;) 
 Halah malah ngelantur ngomongin cerita ttg last year.. :P

 DFC ini di buatnya dah malem sebelum nya, tapi sayang ngga sempet di photo the whole cakenya,ketika itu keesokan hari nya  agak repot di dapur ,ceritanya buat nasi kuning dan simple lauk pauk nya untuk makan malam sama anak anak dan hubby,  Pas ada waktu mau photo cakenya ternyata kamera nya ngga ada memory card dan di cari kemana mana ngga ketemu juga, yah sutra lah..karena dongkol jadi lupa mau photo pake hp.. T_T

Simple menu on my bday

Dan akhirnya si memory card ketemu juga tadi pagi, ternyata di lappy nya si Baba..jadi malu sama anak2 soalnya pas cari si memory anak2 kena ikutan di marahin.. hehe


DFC nya enak bgt, moist cake nya di lapisi sama ganache,makes perfect coklat cake,buatnya juga gampang.. my hubby yg ngga ngefans sama coklat cake aja suka sampe abis 2 slice.. It's a keeper ;)
Original resepnya dari Martha stewart tapi aku liatnya di blog nya sis Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani.
aku buat nya cuma 1/2 resep ,kalo mau liat resep asli nya bisa di liat di di sini

Me n my three adorable kids on my Bday


  Moist Devil's Food cake 
Original recipe By Martha Steward ,Modified by Ricke

Bahan Bahan nya:
170 gram unsalted butter
30 gram coklat bubuk
60 ml air mendidih
200 gram gula kastor
1 sdt essence vanila
2 butir telor ukuran besar ~ di kocok lepas
180 gram tepung cake aka tepung protein rendah
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam
120 ml susu cair

Ganache:
250 gram Dark Cooking Coklat  di potong kecil kecil
250 whipcream cair
40 gram unsalted butter

Cara Membuatnya:
1. Siapkan loyang ukuran diameter 20 cm,oles tipis mentega dan lapisi dengan baking paper. sisihkan dan panaskan  oven pada suhu 180"C.
2.Ayak coklat bubuk ke dalam mangkok masukkan air mendidih nya dan aduk rata sampe menjadi pasta lalu sisihkan dan biarkan dingin.
3.Dalam wadah yang lain campur dan ayak terigu,bakung soda dan garam.sisihkan
4.Kocok butter dengan mixer kecepatan rendah sampe le,but lalu masukkan gula nya sedikit demi sedikit sambil terus di  kocok hingga putih dan lembut,kurleb 3 - 4 menit. 5.Tambahkan vanilla essence nya dan kocok rata lalu masukkan kocokan telurnya sedikit demi sedikit ,kocok rata sebelum masukkan telor berikutnya..Kocok sampe adonan rata dan tidak memisah.
6. Matikan mixer dan aduk rata pake spatula sampe ke bagian pinggir mangkoknya.
7. Campurkan susu cair ke dalam adonan coklat yang sudah dingin.aduk rata hingga adonan coklat larut dengan baik.
8. Deangan mixer kecepatan rendah masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit dan berselang seling dengan adonan coklat susu. Di awali dengan terigu dan di akhiri dengan terigu juga. lalu aduk rata dengan spatula .
9. Masukkan ke dalam loyang yang sudah di sediakan.
10.Panggang dalam preheated oven suhu 180"C hingga matang kurlen 30-40 menit,tergantung oven masing masing atau buat tes tusuk (masukkan tusuk gigi ke dalam cake nya kalo tidak ada yang menempel berarti cake nya uda mateng)
11,Biarkan cake nya di dalam loyang selama 15 menit lalu keluarkan cake nya dan dinginkan di cooling rack.

Cara Membuat Ganache :
Panaskan whipcream cair hingga lembut dan hangat di atas api kecil. Masukkan DCC dan butter,aduk hingga meleleh,matikan api nya.Aduk terus hingga merata dan kental. Dinginkan dan tutup dgn plasti wrap,masukkan ke dalam kulkas semalaman.
Ketika akan di gunakan kocok dengan mixer sampe lembut dan ringan . Siap untuk di gunakan.

Penyelesaian nya:
Belah dua cake nya,ambil satu lembar cake olesi  dengan ganache tutup dengan cake satunya lagi.Oles seluruh permukaan dengan coklat ganche ,hias dengan coklat serut atau hias sesuai kreatifitas masing masing.. *kalo aq blom mahir dalam hias menghias cake.. hehe



Met Mencoba.. It;s worth to try.. Trust me .. *wink



Birthday Card from my girl.. :D






No comments: