Saturday, December 17, 2011

My 1st Edible Cake on Aurel 4th Birthday


 Ngga terasa anak bungsu mommy uda 4 tahun kemaren tepatnya tanggal 16 Dec, kayanya baru kemaren deh di bawa pulang dari RS Bau , baby  kecil yang  melengkapi dan menambah keceriaan keluarga kecil kami.
Ngga ada pesta di Bday nya Orel,setelah tiup lilin, kami keluar jalan jalan .


1st destination pastinya Toy R Us,jadi the bday girl bisa pilih hadiah nya sendiri, tentunya sebelum nya uda di bisikin sama mommy berapa budget nya..hehe.. Akhirnya Orel pilih soft toys kitty, di antara banyak mainan dia pilih mainan itu, mommy nya ok aja, apalagi price tag nya jauhh di bawah budget.. Orel memang good girl tau aja mommy lagi hemat..hehe

Abis itu kita ke Spring , Makan makan lalu jalan jalan sebentar di Parkson sambil beli tas sekolah. Orel pilih Mickey Mouse Club House bag , begitu juga dengan tempat pencil dan tempat minum nya.
Setelah itu kita pergi nonton movie Alvin and The Chipmunk.. Seneng banget anak anak, secara baru pertama kali nya mereka nonton movie di cinema, semua exicitng banget malah ketagihan tuh, minggu depan minta nonton movie lagi. Akhirnya kemaren di akhiri dengan supper makan roti canai dan teh tarik.. sampe rumah uda jam 11 malam dan Bday girl pun uda tertidur pulas di pindahin ke tempat tidur.


 Untuk Birthday Orel kali ini mommy buat Birthday cake sendiri, buat edible cake. Sebenernya rencana awal mau buat edible nya yang temanya Bubble Guppies sampe uda diskusi sama my best friends  gimana nanti mau ngedekor nya yg temanya aquarium,tetepi pas kirim photonya untuk di print ternyata  kata nya size nya terlalu kecil untuk di buat edible, jadinya last minute pindah Tema. Dan jadi lah Birthday cake pinky sesuai sama my little girl.
 Base cake nya pake sponge cake resep nya Yongky. Penasaran mau coba cake yang cukup terkenal di kalangan bakuler di Indo jadinya aq buat juga, ternyata cake nya lembutttt deh, emang enak, gimana ngga lembut pake kuning telur nya 10 buah. Baru kali ini aq buat cake dengan jumlah telur yang banyak..Kalo buat cake nya pake telur kuning nya banyak ngga boleh sering sering kali yah, takut sama kolesterol nya.. hehe



Cake nya aq buat 3 layers, Ada rasa vanilla, pandan dan coklat. Jadinya buat 1 1/2 resep. Tiap lapisan nya tingginya kurleb 2 cm jadi ngga perlu di belah lagi tinggal di oleskan sama butter cream lalu di tumpuk..dan di  dan di cover dengan Butter Cream Special nya Mama Itara. Cake nya aq buat malam sebelum nya,paginya setelah selesai breakfast baru deh  dekor cake nya. Dekornya nya juga ala kadarnya, masih berantakan,maklum pemula tapi tetep semangat mau buat BDCK sendiri.Oh yah pada saat lagi ngedekor cakenya tiba tiba Odie teriak dari ruang tamu teriak teriak kalo ada ular dekat sofa, ternyata emang benar ada ular kecil sepanjang kurleb 50 cm di depan pintu dalam rumah, karena panic aku telp hubby suruh pulang ,untung hubby cepet sampe rumah buang ular nya,walu ular nya bukan jenis yang berbisa dan kecil tapi tetep takut juga sama yang namanya ular. hehe



SPONGE CAKE ALA YONGKI GUNAWAN (Versi 1) 
Disalin oleh Shirley ,Aku liatnya di Blog Dapur Solia

Bahan A:
10 butir Kuning telor
5 butir Putih telor
10 gram Emulsifier
150 gram Gula kastor
100 gram Tepung terigu protein sedang (Kunci Biru)*aq pake all purpose
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Tepung maizena

Bahan B:
50 gram Hollman butter *aq pake 150 gram butter jadinya ngga pake room butter dan margarin lagi.
50 gram Room butter*skip
50 gram Margarin*skip
1 sdm Susu kental manis
Pasta (mocca, pandan dll sesuai selera)*aq pake pasta vanilla ,pasta  pandan dan pasta coklat.

Cara Membuat:
1. Panaskan Oven pada suhu 175"C . Siapkan loyang ukuran 22 x 22 x 3 cm . olesi tipis dgn butter dan kasih baking paper.
2. Ayak tepung terigu, susu bubuk, maizena . sisihkan
3. Cairkan butter , jangan sampe mendidih (supaya tidak daya ikatnya tidak rusak) cukup setelah meleleh matikan apinya dan aduk aduk sampe mencair semua dan masukkan susu kental manis nya dan aduk rata.
4. Kocok telur & gula hingga  agak kental lalu masukkan emulsifier dan terus kocok hingga adonan kental & mengembang.
5. Masukkan butter nya, aduk balik dengan menggunakan spatula sampe tercampur rata..
6. Kalo mau buat 2 lapis , bagi menjadi 2 adonan nya lalu tambahkan pastanya sesuai selera.*aq pake vanilla dan pandan..
7. Tuang ke dalam loyang
8.  Panggang selama 18-20 menit di suhu 175 °C sesuai dgn oven masing masing, hingga bagian atasnya kuning matang dan adonan tidak basah lagi atau gunakan tes tusuk.
9. Kalo sudah matang dinginkan di cool rack dan setelah benar2 dingin hias mengikut selera masing masing.

Note.. Kalo mau buat yang rasa coklat.. tambah dgn  coklat bubuk lalu terigu yg di gunakan di kurangi jumlah nya sesuai dgn banyak nya coklat bubuk yang di pakai.




 Makasih semua tante tante yang sudah kasih ucapan dan doa untuk Aurel.. Amiin.
Lastly..Happy Birthday to my lilttle girl. Semoga panjang Umur nya, sehat selalu, sayaang mommy,baba, Odie dan Titen, Besar nanti menjadi anak kebanggan orang tua.. We Always Love You.. muachhhh

5 comments:

Mel said...

Cantik nya kek..nampak sedap. dan aurel pun comel. happy birthday :)

CT Delima said...

Hai Melly

Lambat wish b'day girl sibuk sedikit semlaam jadi tak sempat BW blog teman2 :)

Happy beleted birthday Aurel, semoga sentiasa sihat dan menjadi anak yang berjaya hendaknya :)

cantek kek nya ni Melly punya 3 rasa yang berbeda pasti menjadi kesukaan anak2 :)

Melly Octaviana said...

@Ariana.. Makasih yah dek.. ;)

@K'CT.. Makasih ucapan dan doa nya.. Amiin.
iya sengaja buat 3 rasa jadi ngga boring makan nya..hehe

cik cek said...

Hai! Mellly...agak lewat ni kak cek wish hepy birthday to Aurel...happy2 selalu ya...
Cantikkkk kek yang Melly buat...:)

Melly Octaviana said...

Hey Kak Cek.. makasih yah ucapan nya untuk Aurel.. kek nya masih biasa aja kak, lumayan bisa buat cake sendiri,anak anak pun exiciting liat mommy nya buat bday cake.. :D