Thursday, December 29, 2011

Cinnamon Raisin Roll


Waktu  liat postingan nya Alice Prasetyo yang berhasil bikin aq ngecess,langsung deh ke dapur buat juga.*latah.com . Biasanya kalo terkena virus roti mah langsung bisa cepet terwujud nya karena di rumah memang selalu ada bahan2  u/ buat roti.lagian kalo buat roti kadar gagal nya rendah paling juga bentuk rotinya yg ngga bagus .. hehe

Kalo mau liat resep asli nya liat aja di blog nya Alice , cuma aq ngga pake cream chesse frosting lagi, cuma di tambahain raisin aja , ceritanya ngga mau nambahin kalori nya padahal mah ngga punya stok cream cheese di rumah.. :P


Btw aq cuma buat 1/2 resep aja, jadinya 10 rolls, soalnya kalo cinnamon cuma aq,hubby sama titen yg suka kalo buat nya bnyk nanti aq lagi yg jd dust bin nya..hehe
Bener kata Alice..it's so yummmy.. tadi pagi masih ada sisa 2 . ternyata teksturnya tetep soft loh.. pokoke yg suka mkn bread dan cinnamon , kayanya mesti try yg satu ini. ;)

Cinnamon Raisin Roll
 Sumber : Alice

Bahan Bahan :
125 gram bread flour aka tepung protein tinggi
125 gram  all purpose flour
50 gram gula
1 sdm susu bubuk
5 gram instant yeast
1 tsp bread improver
35 gram  butter
1/2 sdt salt
1 telor di kocok lepas
125 ml air hangat

Cinnamon filling:
50 gram butter
50 gram gula  brown sugar
2 sdt cinnamon bubuk
 Campur semua bahan di atas dan aduk rata.

50 gram Raisin atau lebih sesuai selera

Cara membuat rotinya kalo manual..
1.Campur tepung,ragi,susu bubuk dan gulanya aduk rata dgn menggunakan sendok kayu.
2.Masukkan garam nya dan aduk rata lagi lalu masukkan telurnya,aduk rata.masukkan air nya dan uleni adonan nya sampe tercampur rata.
3.Kasih butternya sedikit demi sedikit sampe habis sambil lanjutkan uleni adonan nya sampe kalis dan elastis.
4.Biarkan mengembang sampe 2x lipat kurleb 60 menit.
5.Setelah mengembang,tumbuk adonan nya,lalu giling menjadi bentuk persegi panjang ,tebalnya kurleb 1 cm.
6.Oleskan dengan cinnamon filling nya lalu taburi dengan kismis
7.Gulung adonan nya seperi membuat bolgul.
8.Potong rata menjadi 10 bagian.dan letakkan di loyang yang sudah di alasi baking paper  lalu diamkan selama 30 menit sampe adonan nya mengembang.
9.Panggang di oven yg sudah di panaskan selama 12 - 15  menit pada suhu 200'c atau sampe kecoklatan..
10.kalo sudah mateng,oleskan butter di atasnya pada waktu roti masih dlm keadaan panas.

Cara membuatnya kalo pake Bread Maker:
Masukkan air,telur,gula,garam,susu bubuk lalu tepung dan raginya..pencet tombol dough,setelah di uleni selama 5 menit baru masukkan butternya,dan biarkan si BM bekerja selama 1 jam 30 menit jadi doughnya..
setelah itu cara nya sama dengan di atas.

Met Mencoba.. ^_*