Saturday, December 10, 2011

LBT # 11 ~ Two Layer Tres Leches Cake ~


LBT ngga kerasa uda masuk yang ke 11, padahal  kayanya baru kemaren deh event ini di buat nya. kali ini tema yang di pilih oleh ibu Host Vivi ialah Tres Leches Cake atau  Pastel de tres Leches atau Three Milk Cake atau  dalam bahasa disebut 3 Macam / jenis Susu. Leches yang arti nya  susu dalam bahasa Spanyol adalah termasuk jenis Sponge Cake tetapi  ada juga resep yang menggunakan jenis Butter cake. Penggunaan tiga macam susu yang wajib digunakan untuk bahan perendam / siraman adalah sebagai ciri khas dari Tres Leches Cake ini. Yaitu menggunakan susu kental manis ( Sweeted Condensed Milk ), susu kental tawar ( Evaporated Milk ) dan whipping crea. ( krim kental )

Secara baru pertama kali denger cake ini sampe bingung, jangan kan  jenis cake nya nyebut namanya aja susah,sampe sekarang belum bisa nyebut nama cake nya.. hehe  Tapi namanya juga PR yah harus di buat khan,mau kita suka atau ngga sama temanya , kalo belum coba buat nya mana kita tau kalo kita suka apa ngga sama cake nya.




So setelah mengumpulkan semangat dan bahan bahan nya , akhirnya di buat juga cake ini kemaren lusa, emang dah kebiasaan buruk nih selalu buat PR nya last minute, biar dapet githu deg-deg an nya. :P Aku buat nya di bagi 2 adonan nya, satu rasa vanilla satunya lagi aku kasih coklat pasta.lalu di tumpuk jadi 2 layer, jadinya tengah lapisan nya aku kasih frosting nya  lalu topping pake jeruk mandarin, dan atas nya kasih topping yang sama ,kebetulan ada cherry  nganggur di kulkas jadi nya sekalian di kasih cherry juga biar ceria ngeliat nya..hehe
Kalo menurut aku enak cake nya cuma kerasa manis banget kalo untuk selera  aku, sebenernya di  makan tanpa topping uda enak sih kalo kata aq, tapi khan untuk di submit mesti lah di dandani sedikit ,biar nih cake keliatan menarik *padahal mah tetep yah ngga bagus pun keliatan nya.. Tapi koq susah yah makan nya kalo di tumpuk, cake nya jadi ketinggian ,kayanya salah milih loyang nya, mana adonan nya ngga terbagi dengan rata ,jadi nya yg rasa vanilla nya lebih tinggi dari yang rasa coklat.. hehe
Akhirnya setengah nya aq rombak lagi ngga jadi di tumpuk,di potong kecil2 aja,jadi makan nya langsung hap, lebih gampang dari pada yg 2 layer. :P

Sayang nya di rumah cuma aku sama Titen yang suka,hubby lagi kena flue jadi ngga mood mau makan cake.. :( . untung buatnya pake susu rendah kalorie,jadi ngga fell guilty banget kalo akhirnya tuh cake cuma di makan sama aku dan Titen.



Tres Leches Cake ( Pastel de Tres Leches )

 Source by  The Pioneer Woman
 Modified  by Vivi Nowotny 

 Bahan Bahan :
 140 gram tepung terigu
 1 ½ sendok teh baking powder
 ¼  sendok teh garam
 5 butir telur, dipisahkan utih dan kuning nya
 180 gram gula pasir, dibagi menjadi 140 gram dan 40 gram
 1 sendok teh vanilla essence
 80 ml Susu cair **
 1 sdt coklat essence *aq tambahin

Bahan Siraman :
350 ml susu evaporated
 350 ml  susu kental manis
 60 ml krim kental *aq pake 50 ml

 Untuk Frosting :
 250 ml  krim kental *aq pake 200 ml
 3 sendok makan gula pasir *ngga pake
Cara membuat frosting nya : Campur bahan di atas dan kocok hingga mengembang dan lembut.

Cara membuat nya:
 1. Panaskan oven ke 180 derajat celcius.sediakan loyang ukuran 9 x 13 inchi *aq pake 2 loyang brownise , lalu  olesi tipis dengan butter pada loyang . Sisihkan.
 2. Ayak tepung, baking powder dan garam; sisihkan.
 3. Dalam mangkuk besar. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi , kocok kuning telur dan 140 gram gula pasir hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili kedalamnya, kocok kembali hingga tercampur rata - kocok sebentar saja.
 4. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.
 5. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kemudian masukan 40 gram gula pasir. Kocok kembali hingga  soft peak 
 6. Masukan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan Spatula karet, aduk rata. Kemudian masukkan kembali campuran Putih telur tadi ke dalam adonan tepung, ( Tehnik ini disebut tehnik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna ). Aduk - aduk adonan perlahan dengan cara di aduk balik sampai tercampur rata ( homogen ).
 7. Bagi rata 2 adonan nya, yang 1 kasih coklat essence dan aduk rata lalu Tuangkan adonan kedalam loyang. Panggang selama 35 sampai 45 menit ( gunakan dengan test tusuk ). Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1  jam. Sementara itu untuk membuat siraman, campur dan aduk rata susu kental, susu evaporated dan krim kental di dalam wadah. Sisihkan.
 8. Setelah cake dingin. Tusuk - tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, dibeberapa bagian cake agar saat cake disiram dengan susu akan terserap lebih baik dan susu tidak menggenang di atas permukaan cake.
Secara perlahan siramkan campuran 3 Susu tadi diatasnya ( saat di siramkan, cake masih di dalam loyang).
 9. Masukkan Cake ke dalam lemari es dan biarkan susu sampai betul - betul menyerap ke dalam cake sampai betul betul terserap - kurang lebih 8 jam ( semalam ). Dengan begitu susu akan terserap baik dan tekstur cake akan lebih lembut dan berongga.
10. Berikan frosting diatas cake merata atau dapat menggunakan spuit, potong - potong ( atau bisa juga setelah cake di potong terlebih dahulu lalu di berikan frosting ), sajikan di atas piring dan beri hiasan buah cherry atau lainnya, jika suka.

Met Mencoba.. Salam LBT.. ^_*