Monday, December 19, 2011

Fried Chicken Ala KFC



Dinner malem ini, pastinya enak,krunchy mayan ala ala  KFC .. Pas Titen liat ayam ini dia langsung terkejut,trus tanya ,mommy ..Baba *baca bapanya go KFC kah ?
Jelas aja Titen heran karena sudah hampir setahun kami tdk mengkomsumsi fast food resto.. Jadi kalo ke mal/ makan di luar kami maem nya di food court ato resto..but not fast food .

Biasanya kalo buat ayam goreng tepung aq pake tepung  di kotak yang ready made tapi kali ini resep nya nyontek dari blog nya Ricke . Makasih yah sis Ricke.. another yummy recipe.. Ijin re post di sini resep nya.
Rasa nya memang ngga sama banget kaya yang di Resto nya,khan KFC pake 11 bumbu rahasia, lah yang ini bumbunya ngga sampe 11..hehe  tapi mayan lah, kulitnya crunchy nya dapet banget dan penampakan berhasil membuat anak anak di rumah tertipu.. hehe




Fried Chicken ala KFC
(Adapted from NCC-Bu Fatmah, modified by Ricke)

Bahan Bahan:
1 ekor ayam * potong-potong 12 bagian atau sesuai selera
1 sdm  air jeruk nipis
1 sdt garam
2 sdt kaldu ayam bubuk (aku pake yg non MSG)
1/2 sdt merica bubuk

Tepung bumbu pelapis:
500 gram terigu protein sedang/all purpose
 2 sdm tepung sagu
1 sdt soda kue
1 sdt garam
 2 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdt merica bubuk
1/2  sdt pala bubuk*aq ngga pake,ngga punya

Bahan pencelup:
 2 butir putih telur
 2 sdt kaldu ayam bubuk
 500 ml air

Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng 'deep frying'.

Cara membuat:
1.Letakkan ayam pada wadah, lumuri dengan air jeruk nipis, garam, kaldu ayam bubuk dan merica bubuk. Simpan dalam lemari es selama 1 jam agar bumbu meresap,kalo  buru-buru bisa minimal 15 menit.
2. Campur semua bahan tepung bumbu. Aduk rata. Sisihkan.
3. Kocok putih telur hingga encer dengan garpu/whisk, beri kaldu ayam bubuk. Aduk rata. Tuang air. Aduk rata. Sisihkan.
4. Panaskan minyak dengan api sedang. Jangan menggunakan api besar agar lapisan tepung tidak cepat gosong sedangkan bagian dalam ayamnya belum matang.
5. Ambil sepotong ayam, gulingkan ke tepung bumbu pelapis sebentar saja (cukup tipis saja), kemudian celupkan ke bahan pencelup sebentar saja, angkat dan gulingkan ke tepung bumbu lagi. Gulingkan sambil dipadatkan agar tepung melekat dengan baik pada ayam. Kemudian cubit-cubit ayam dengan ujung jari kita untuk membuat efek 'kriwil' pada tepungnya ketika digoreng .
6. Goreng ayam dalam minyak yg sudah dipanaskan sambil sesekali disiram jika ada bagian yang tidak terendam minyak dengan sempurna. Bolak balikkan ayam jika dibutuhkan. Goreng hingga kecoklatan an kering. Angkat dan tiriskan.
7. Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

Tips:
- Gunakan minyak dalam jumlah banyak untuk menggoreng 'deep frying', ini salah satu faktor yang akan membuat ayam menjadi renyah kriuk kriuk.
- Panaskan minyak dengan api sedang, jangan gunakan api besar untuk menghindari tepungnya cepat gosong sedangkan bagian dalam masih belum matang sempurna.
- Saat membalut ayam dengan tepung bumbu, balut sambil dipadatkan tepungnya agar menempel dengan baik pada ayam. Kemudian cubit-cubit dengan menggunakan ujung jari-jari kita untuk mendapatkan efek 'kriwil' pada tepungnya saat digoreng.
- Kita tidak bisa mengharapkan ayam setelah digoreng dan didiamkan di suhu ruang akan dapat bertahan terlalu lama renyahnya.
Jika kita membeli ayam dari resto fried chicken terkenal sekalipun, jika kita bawa pulang dan didiamkan agak lama juga pasti akan tidak renyah lagi.
Ayam yg disimpan di rak display di resto akan lebih tahan lama renyahnya karena rak displaynya mempunyai penghangat (display warmer/display heater) untuk menjaga ayam yg telah digoreng tetap renyah dan fresh

Selamat mencoba ^_*

3 comments:

Amie said...

Salam Melly,
kalo bikin ayam KFC sendiri, lebih enak kan? tapi... makannya tak pandai berenti.

cik cek said...

Emmmm...bau ayam KFC...rupa2nya dari dapo Melly...sedapnya kalau dapat ratah ayam ni cam tu je kan kan..:)

Melly Octaviana said...

K'Amie.. kalo buat sendiri,bisa makan banyak dan lebih jimat khan.. hehe

Cik Cek.. hehe.. jauh juga yah wangi nya tercium sampai negeri sembilan.. sedap khan kak.. hehe