Monday, December 26, 2011

Kue Kering Melinjo Keju


Minggu kemaren sibuk buat cookies pesanan yang mau di jadiin cookies hamper. Isinya 3 jenis cookies. Salah satunya kue kering melinjo ini. Sebernarnya ini yang kedua kali nya buat cookies ini. Resep nya a keeper karena kami di rumah suka sama rasanya, kerasa juga emping nya dan di campur dengan parutan keju makin enak, rasanya yang ngga manis tapi rada asin jadinya  kita makan nya ngga cepet boring.



Kemaren aku buatnya 4 kali resep di bawah ini,selain untuk pesanan buat juga untuk orang di rumah, soalnya orang rumah suka sama cookies ini, dough nya aja uda di cemilin unutk orel,dan belum sempet masuk ke toples yang harus di isi uda masuk ke perutnya anak anak dulu.. gini deh kalo punya anak semuanya cookies monster.. hehe.  Lumayan pegel kalo ngerjain nya sendirian,tapi karena hobby dan suka baking , pegel nya ngga kerasa. kerasa nya pas malem malem , kaki ini rasanya mau patah..hehe


Kue Kering Melinjo Keju 
Sumber : Fatmah Bahalwan ( NCC Indonesia )
Modified by Ricke

Bahan Bahan:
150 gram unsalted butter
100 gram gula halus
2 butir kuning telur
175 gram terigu protein sedang
100 gram emping melinjo (berat mentah)
1/2 sdt garam *aku ga pake soalnya udah pake salted butter
1/4 sdt vanili bubuk *aq pake vanilla essence
50 gram keju parmesan parut *aq pake cheddar parut

Kuning telur untuk olesan
Keju cheddar parut untuk taburan 

Cara membuat:
1. Goreng emping dalam minyak cukup hingga matang. Jaga warnanya agar tetap putih kekuningan. Blender sampai halus. Sisihkan.
2. Kocok mentega, gula, vanili dan garam sampai putih dan mengembang. Masukkan kuning telur, kocok rata sebentar.
3.Masukkan tepung terigu dan emping bubuk, aduk rata. Masukkan keju parmesan parut, aduk rata.
4. Diamkan sekitar 20 menit agar adonan sedikit memadat dan mudah dibentuk (adonan setelah selesai dibuat masih agak lembek).
5. Siapkan loyang yang dioles mentega, bentuk adonan bulat-bulat. Tata dalam loyang. Beri jarak.
6. Panggang dengan suhu 140-150'C selama 20-25 menit. Keluarkan dari oven, poles kuning telur dan tabur keju cheddar parut. Panggang lagi sampai matang kuning keemasan. Angkat. Dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.

*Buat yang susah cari emping melinjo atau malah ga ada, mungkin bisa diganti dengan emping jagung alias cornflake.


Met Mencoba.. ^_*


7 Set of cookies Hamper Isinya Kue Kering Melinjo, Lidah Kucing, Putri Salju


2 comments:

cik cek said...

Menarik ni Melly....masuk list dulu resepinya...bila teringin nanti...kak cek try buat cookies ni..:)

Melly Octaviana said...

silahkan kak Cek, cocok khan untuk biskuit hari raya.. ;)