Tuesday, December 20, 2011

Donut Yumeh ^_^



Hari ini buat cemilan donut untuk anak anak, kalo buat donut mah uda sering banget ,karena donut sala satu cemilan fav nya si bungsu.. Kalo ke mall ngga pernah missed beli Big Apple Donut yang yummeh.. ;)

Kali ini buat donut nya pake resep nya MamaFami, sebenernya uda lama juga resep nya di bookmarked baru kesampean buat nya, tertarik buat donut ini selain penampakan donut nya mama yang menggiurkan di tambah dengan ulasan mama yang bilang CONFIRMED DELICIOUS makanya cepet2 deh masuk ke list. ;)

Ternyata Donut nya emang confirmed Yummeh.. Donut nya lembut.. Topping nya cuma di kasih gula donut dan sebagian sprinkle dengan coklat meises,cuma itu yang ada di rumah.. Padahal pengen banget buat donut yang penampakan nya cantik seperti temen2 kalo buat donut cantik cantik deh, tapi ngga apa lah yang penting rasanya khan.. lain kali kalo ada persediaan coklat di rumah baru buat donut yang cantik cantik.. *alasan.com



DONUT YUMMEH
Sumber : Mamafami
Modified by : Melly

Bahan Bahan :
250 gram bread flour aka tepung protein tinggi
50 gram gula
6 gram  instant yeast
2 kuning telor
100  ml air
50 gram  butter / margarine
1/2  tsp garam

Cara Membuat :
1.Dalam wadah campur tepung,ragi sama gulanya aduk rata
2.Masukkan telor dan airnya ,aduk rata.uleni adonan nya hingga tercampur rata dan setengah kalis lalu  dan kasih garam dan butter nya sedikit demi sedikit sampe habis, terus ulenin sampe adonan nya kalis elastis.
3. Kalo sudah kalis elastis bentuk bulat dan diamkan biarkan mengembang sampe 2x lipat.kurleb 60 menit
4. Kalo  sudah mengembang tumbuk adonan nya dan giling adonan nya kurleb tebalnya 1 cm lalu bentuk pake cutter donut letakkan di atas tray yg sudah di taburi tepung lalu diamkan lagi kurleb 20 - 30 menit.
5. Goreng di minyak panas pake api sedang  sampe agak kecoklatan, saat di goreng donut nya jangan di bolak balik cukup di balik nya sekali aja agar donut nya ngga berminyak.
6.Kalo sudah kecoklatan angkat dan tiriskan minyak nya.
7. Taburi dengan gula donut atau hias sesuai selera.lalu hias sesuai selera


Cara membuatnya kalo pake Bread Maker:
Masukkan air,gula,garam , kuning telor lalu tepung dan raginya..pencet tombol dough,setelah di uleni selama 5 menit baru masukkan butternya,dan biarkan si BM bekerja selama 1 jam 30 menit.
Seterusnya sama dengan step 4 - 7 di atas.


Met mencoba.. ^_*

7 comments:

MamaFaMi said...

Wah, Melly bikin donut juga ya. Sama seperti mama semalam. Tapi bezanya mama gunakan resepi yang lain. Resepi yang Melly guna ni memang sedap dan lembut. Confirmed! Kalau dioles dengan cooking chocolate, lagi mantopssss! Makasih ya sebab sudi cuba resepi dari blog mama. Hugs!

Melly Octaviana said...

@mama.. iya melly tadi ada lihat kalo mama buat donut juga,memang sedap mama donut nya.. lain kali melly buat di oles dengan DCC, thanks yah mama share the recipe dan mampir di blog melly yang baru.. *hugs

Amie said...

minum petang di sini ya Melly, Amie bawa satu termos teh panas, ada lagi ka tu donut yang comel2

CT Delima said...

Hai melly

datang petang2 ni mahu rasa donut yang gebu dan yummy!. k.ct harini kurang sihat sikit. sakit kepala dari pagi enggak kurang. udah telan ubot tido pun udah macam tu jugak. langsung nya datang sini dah petang kompm udah bersih donut Melly ni..hehehe

Melly ,kalau mahu copy resipi di blog Dapur CT..Melly gi kat Edit kemudian select all dan copy gitu aje. dulu suka godek2 langsung sampai sekarang udah lupa mahu edit balik..hehehe

Melly Octaviana said...

K'Amie.. ha ha..senang nya K'Amie mau minum petang di sini, mantap tuh minum teh dan donut.. slurrp

K'CT semoga cepet sembuh yah kak, susah yah kalo kena sakit kepala,mau ngapa ngapin juga ngga enak.
oh.. ok kak paham sudah , melly ngeces dah mau buat puding semangka nya.

rahel said...

Mat malam Melly..waduh bikin ngences aje donut yum..eh iteww..pengen makan donat ni..ada nggak utk Rahel?..hehe..kapan2 bisa dicoba juga ni..pasti enak banget ya..kangen deh ama donat..

Melly Octaviana said...

Malam Rachael..haha..dah sold out lah, silahkan di buat sendiri,kalo rachael yang buat pasti tambah enak dan tambah cantik penampilan nya.. ;)