Tuesday, November 8, 2011

LBT # 5 ~ Bingka Gula Merah~


Ngga kerasa uda masuk LBT #5 bulan ini, dgn tema “Kue Traditional Indonesia “ yg di panggang / masak di atas api...

Sempet bingung juga pas tau PR bulan ini ,bingung mau buat kue traditional dari daerah aq baca *Makassar.. Sempet tanya2 ama sodara dan semua menyarankan buat Bingka ,salah satu kue traditional dari Mks, yg wajib ada kalo ada acara kawinan ..

Aq mmg suka mkn kue ini tapi blom pernah buat sebelom nya.. Sebenernya nya resepnya simple aja Cuma kendala nya ngga punya cetakan bingka nya, Kemaren pas jalan2 ke perbatasan ada sih yg jual cetakan Bingka,tapi mahal yah apalagi kalo jarang di pake jadi sayang mau beli nya.. hehe

Tadi nya uda nyerah deh mau buat kue traditional dari daerah lain tapi karena mmg aku suka kue ini dan udah lama ngga pernah makan dan sekalian mau memperkenalkan sama anak2 kue traditional sendiri,kalo bukan mamanya yg memperkenalkan siapa lagi khan.. akhirnya nekat aja buat Bingka ini. Buat nya pake cetakan kue lumpur Hakasima, walopun kakak aku bilang nanti bentuk nya ngga sama tapi cuek aja lah yg penting rasanya khan.. Aslinya kue ini manis bgt dan menggunakan banyak telor tapi resep yg aq pake ini ngga manis bgt, sudah di sesuaikan dgn selera orang2 jaman skrg dan kebetulan sesuai sama selera aq juga.

Buat Bingka gulmer ini gampang banget,ngga butuh pake mixer segala ,buatnya semua nya manual,namanya juga kue jadul yah… hehe . Kalo rasanya enak , kalo orng Bugis pasti suka.. lembut githu dalem nya , malah pas pertama pegang anak ku kira peanut butter cake soalnya lembut sih dan warnanya kaya peanut butter..

Orel sama Titen suka bgt, Kalo Odie ngga suka , Hubby juga suka ,kalo mommy nya jgn di tanya doyan banget… :D:D:D

Resep nya dari sodara aq di Jakarta, resep aslinya sih pake gelas ukuran nya, tapi aku buat nya pake cup..




Bahan - Bahan nya :
1 cup Telur
1 cup Tepung terigu
2 Cup Santan
2 Cup gula merah di sisir halus

Cara Membuatnya:

1.Satukan telor dan gula merah aduk rata dgn menggunakan whisk.. *kalo kakak aq menggunakan tangan.
2.Kalo sudah rata masukkan santan dan aduk rata.
3.Masukkan terigunya sedikit demi sedikit sambil aduk rata dan halus jgn ada yg tergumpal.
4.Panaskan cetakan bingka.. lalu masukkan adonan nya ¾ saja .Bakar di atas api dgn api yg kecil sampe mateng,kurleb 30 menit tergantung besarnya cetakan. *kalo aq pake cetakan kue lumpur mateng nya kurleb 10 menit.
 5.Angkat dan dingin kan baru di potong.

Met Mencoba.. Happy Baking dan Salam LBT.. ^_*

P/s .. Photo di atas yg bentuk Bingka aslinya di ambil di Jakarta , Kebetulan ada Saudara yg Nikah jadi aq minta tolong adikku untuk Photo penampkan Bingka Gulmer yg asli.. Di buat dgn resep yg sama hanya Gula merah nya di sana lebih hitam warnanya.. ;) 


# posted on my Fb on 11 Mei 2011

1 comment:

Unknown said...

Mbk, boleh tanya? Maksudnya 1 cup telur itu berapa buah telur? Juga lainnya, maklum pemula.