Friday, February 3, 2012

Donut Kentang



Dear Friends.. Uhuy..it's Friday and long weekend here in Msia, anak anak ngga sekolah sampe Senin nanti,boleh lah pagi2 relaks ngga perlu bangun pagi .. hehe.
Hayoo..siapa yang ngga doyan donut, kayanya cemilan yang satu ini hampir semua orang doyan kali yah, apapun topping nya kalo donut pasti suka khan. Sekarang siapa yang belum pernah ngerasain donut kentang. Aq pertama kali ngerasain makan donut kentang beberapa tahun yang lalu  di Jakarta di Mangga Dua, kalo kita makan di food court nya  pasti ada yang jual donut kentang,donut nya enak lembut dan besar ,selalu nya masih hangat karena kalo kita order baru di goreng. Sampe sekarang kalo ke Jakarta selalu beli donut kentang kalo ke Mangga Dua.hehe


Donut kentang tanpa topping

Kemaren pas sarapan Orel tiba tiba minta bekal donut, begh mana sempet mau buat donut sekarang juga, aq bilang nanti beli di pasar tapi Orel ngga mau,untung masih bisa di bujuk dan janji kalo Orel pulang sekolah nanti ada donut buatan mommy, Orel emang donut monster, dia suka sekali makan donut,dari donut pasar sampe  Big Apple donut, kalo ke mall yg ada jual Big Apple pasti minta beli. Bener aja pas masa pulang sekolah baru keluar dari kelas langsung tanya mana donut nya. untung uda buat donat nya di rumah pagi tadi.Anak anak sekarang emang ngga bisa di janji kosong,mereka mesti ingat dan nagih.. hehe


Bulatan tengah nya jadi bola donut

Donat adalah satu satu cemilan yang sering di buat di rumah,biasanya kalo buat donut anak anak juga ngebantuin cetak nya nanti sambil di goreng sambil di makanin, pas ngegoreng nya dah selesai donut nya juga tinggal setengah nya . Uda lama juga ngga buat donut kentang,dari dulu kalo buat donut kentang resep nya liat di NCC Indonesia . Uda cocok sama resep ini ,susah mau pindah ke lain hati..qiqiqi. Yang pernah coba resep nya pasti setuju khan..Ngga usah di terangin lagi deh lembut nya donut ini,soalnya uda banyak yang pernah coba pasti tau dong gimana lembutnya dan enak nya donut ini. Tadi aq buatnya cuma pake topping gula donut aja, gi males mau kasih coklat leleh nya, lagian anak anak biasanya ngga pernah  cerewet,mau di kasih topping aja asalkan donut pasti di makan tanpa complaint..hehe  lucky me.. ;)




 Donut Kentang Makes kurleb 30 buah
Sumber : Fatmah Balawan NCC Indonesia


Bahan Bahan:
500 gr   tepung terigu protein tinggi
50 gr     susu bubuk
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin

Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan adonan sampe besar nya 2x lipat,kurleb 1 jam.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Btw.. Kalo Melly kemaren buat nya pake BM ,jadi semua bahan aq masukkin ke BM kecuali mentega dan garam , lalu setting ke dough,setelah di ulenin selama 5 menit baru masukkin mentega dan garam nya dan biarkan si BM bekerja setelah 1 jam 30 menit adonan nya siap unutk di bulat2 in ,selanjutnya step nya sama kaya step di atas.. ;)

Met Mencoba.. ^_*


11 comments:

ady said...

as-salam

gebu2nye donut kentang..geram tgk..

rahel said...

Mat pagi Melly...
waaa...enak skali klu pagi2 uda ada donat kentang...gue mau dong...

Jay said...

wow..sounds amazingly tasty
just found your space...lovely space you have..
excellent posts with stunning cliks..
Am your happy follower now..;)
do stop by mine sometime..
Tasty Appetite

Liza said...

melly...cantik donut tu posing...akk blm pernah try lg donut kentang ni...nnt bila2 blh try ni...

Melly Octaviana said...

Hey Ady.. memang gebu donut ini, tak reti mau makan nya.. hehe

Siang Rahel.. jomm kemari kita mendonut lagi.. ;)

hey jay.. thanks for visiting my blog and be my follower,sure i'll visit ur blog.. wait for me .. hehe

Hey Kak Liza.. boleh kak di coba, donut nya empuk, gebu.. ;)

nOOrsha said...

siang melly... terima kasih ya sudi datang ke dapur sya... gebu sekali donut kentang melly ni... enak lorh makan petang² sambil minum tea :)

mamasya said...

Hai Melly.tq singgah my blog.donut kentang mmg lembut....anak2 sy cukup suka.

izahdaut said...

donut kentang fatmah ni paling top dalam senarai. saya n family sukeee sangat

Mrs.Hurray!! said...

bestnye..cuma adakalanya saya tidak begitu paham bahasa indonesia kamu :-(..

CT Delima said...

Hai Melly

udah petang baru mampir, pasti donat kepunyaan Orel udah habis dimakan ya. kesian sama k.ct datang dari jauh hanya layan mata aja ya..hihihi

Melly kamu memang mommy yang baik sekali, bisa mengerti keinginan anak2 ya. Begitulah anak2 mana bisa janji kosong pasti akan dituntut sampai bila2 ya melly

nampak gebu donatnya mahu coba juga, tapi hari ini enggak jadi buat donat, maybe esok atau lusa bila ada kelapangan nanti :)

Melly Octaviana said...

Hey Kak Noorsha.. iya kak cocok untuk minum teh donut nya.

Hey Mamasya.. sama anak anak di rumah pun suka donat, donat apa aja..hehe

Hey Kak Iza, iya kak emang enak donut nya, Ibu fatmah memang pinter masak. ;)

@Mrs Hurray.. dont hesitate to let me know which part you dont undertand.. ;)

Hey Kak CT.. iya kak, anak anak sekarang memang pinter2 tak boleh asal di janji aja.. enjoy ur cuti cuti yah kak.. kangen sama dapur nya akak.. hehe