Thursday, February 16, 2012

Sate Tempe Bumbu Kacang


Pagi semua.. apa khabar nya. ? makan pagi apa hari ini. Melly belum makan pagi cuma minum milo hangat saja tadi waktu temenin anak anak sarapan. rasanya mau makan nasi goreng pesedss tapi malas masak nya.. hehe.

Beberapa waktu yang lalu liat sate tempe di foodie blogger langsung  ngeces banget pengen nyomot nya, eh pucuk di cinta ulam tiba ternyata kemaren my lovely sister  Dessy upload sate tempe makin tambah  deh ngeces nya dan mesti buat asap juga.. *kompor meleduk   hehe

Untung masih punya stock tempe di freezer yang  tinggal satu satu nya so di buatlah sate tempe ini kemaren. Di rumah yang suka tempe cuma Melly seorang, yang lain nya ngga suka. kebetulan  punya stock tahu sebuah jadi nya aq campur aja sekalian, maksudnya  sate tahu itu jatah nya hubby yang ngga suka tempe. :(

Pas lagi cicipi bumbu kacang nya tiba tiba teringat dengan karedok. Karedok tuh campuran sayuran mentah yang di bumbui sambal  kacang. Mungkin kalo kata orang sini mah kerabu aka salad kali yah cuma dressing nya pake sambal kacang.. hehe kayanya enak juga tempe nya di makan dengan karedok, terpikir buat karedok ala kadar nya, sesuai dengan bahan yang ada di rumah , cuma pake daun kol, carrot yang di hiris halus dan timun lalu di kasih bumbu kacang nya yang dari sate tempe ini.. hmm yummy.. hubby pun suka.. ;)


Sate Tempe makes 8 tusuk 
Sumber : Dessy
Modified by : Melly

Bahan Bahan :
1 buah balok tempe di potong dadu
8 buah Tusuk sate
2 siung bawang putih
1 sdt garam

Bumbu Kacang 
250 gram kacang tanah *
5  buah cabe merah  * 
2 siung bawang putih *
1-2 sdm kecap manis 
2 sdm saus sambal aka chili sos
1 lembar daun jeruk
3 sdm air asam jawa
1 sdt garam atau sesuai selera
1 sdm gula 
Air secukup nya

Haluskan bahan bertanda *

Cara Membuat nya:
1.Haluskan bawang putih kasih garam dan sedikit air lalu masukkan tempe nya biarkan terendam sebentar agar bumbu nya meresap lalu goreng setengah matang, angkat dan tusukkan ke tusukan sate . Sisihkan
2. Bumbu Kacang : Tumis bahan yang sudah di haluskan hingga harum lalu maksukkan daun jeruk,saus sambal,kecap manis,air asam jawa,garam,gula dan air secukup nya.Masak dengan api sedang sampe bumbu nya mengental.
3. Celupkan tempe ke dalam bumbu kacang nya dan bakar di atas grill pan sampe kecoklatan .
4. Sajikan dengan sisa bumbu kacang nya.

Met Mencoba.. ^__^



10 comments:

Diana @ Melley Mey said...

hi melly...
morning... wah pepagi dtg cnie nampak makanan fav kita ler... ada sate tempe.. sememangnya suka sgt makan tempe nie... sedap! nie d buat sate eh.. memang cantik...

AZLITA AZIZ said...

pagi melly

akak pernah nampak org buat sate tempe.. tapi tak pernah coba lagi..

HB akak suka sangat makan tempe.. nanti harus akak coba juga ni..

kakna said...

kakna suka makan tempe..
tak tahu tempe pun boleh buat sate ya..

Amie said...

Hai Melly,
menu yang sihat dan menyelerakan! Biasanya sate ayam atau daging tapi Melly hidangkan sate tempe...m,mmm tak mahu lepas peluang, nak makan di sini ye Melly, dapat secucuk pun jadilah he he hehehhh

CT Delima said...

Hai Melly

Udah makan ke blom dear, k.ct enggak unch hari ni, makan roti cecah sama kuah asam pedas ayam aje. malam nanti bar makan sama2 Hubby bila balik kerja..hehehe

Ya makan sorang2 macam enggak enaklah kan, kalau rame2 baru seleranya datang. Ada sate lagi, kamu ni rajin banget ya Melly, kasi 3 cucuk kalau masih ada ya, mahu juga merasa ni :)

Melly Octaviana said...

@Diana.. sama dong kita suka makan tempe, ayoo di cobain sate tempe enak loh.. ;)

@Kak Ita.. kalo kak ita yg buat pasti kejadian nya lain lagi yah, pasti lebih menarik apalagi dengan photo2 nya kak ita yang sangat stlying. ;)

@Kak Na.. sama melly pun suka tempe, tempe juga bisa di buat nugget loh kak.. hehe

@Kak Amie.. kali ini kita budget lah sikit makan sate tempe aja yah.. hehe

@Kak CT.. makan uda dong, iya kak kalo makan rame rame khan makin selera yah makan nya.. sedap nya asam pedas ayam.. slurrp

Anonymous said...

Our lanԁlorԁ haрpens tо be his 75th bіrthdaу and
the businеss fеstiνities included the ultіmatе
accolаde, thе sсгeеnіng of
a video ѕhoot in Palmdale, Саlif.
Ϲhinese do not apρrecіatе being touched аs іt is seen thгοugh thе
ωaу wоrκ gеts ԁonе.
But then at the еnԁ 2012. Aсcording to the cοnvеntiοnаl ωiѕԁom thatWіndows 7-bаseԁ ultrabooκs need tо be simρle.


Fеel fгеe to visіt my blоg: hotel internet marketing strategy

Anonymous said...

We are all kinds of Letter To Ex Boyfriend, and Title IX had become law.
Some abuse may be everything you enjoy being with you.
Never underestimate the value of connecting with people who are alcoholics and/or addicts
become obsessed with someone, he still doesn't listen, but there are tons of questions.

Feel free to surf to my blog post; things to do to get your boyfriend back

Anonymous said...

Achievement lists for a game rental, this is only true when comparing all books to all Mass Effect Stuff.



Feel free to surf to my page: mass effect 2 abilities

jasa seo murah said...

nice site