Thursday, December 8, 2011

Buttermilk Cheese Muffin


Pulang dari pasar kemaren Orel minta di buatin cupcake, tapi lagi males keluarin mixer *baca males cuci nya, jadi nya aku buatin muffin aja, lagian Orel khan ngga tau perbedaan muffin sama cupcakes,sebenernya mommy nya juga sama sih ngga tau beda nya :P  tau nya kalo buat muffin gampang aja cuma di campur aduk aduk sebentar ,lalu di panggang. hehe  Ini cetak nya pake cetakan cupcakes yg kecil.jadi sepintas emang kaya cupcakes.. haha



Sebenernya uda beberapa kali buat muffin ini waktu dulu belum punya mixer,baru sekarang aja sempet di photo. kalo buat 1 resep cuma jadi 15 buah pake cetakan cupcakes yg kecil, karena cetakan cupcakes nya cuma ada 12 lubang jadi nya sisa nya aq pake cetakan pie yang kecil. jadinya masuk sekalian pas di panggang nya. Pengen deh kalo buat muffin pake cuppaper muffin tuh, tapi sayang aq belum tau di sini di mana mau beli nya . katanya sih bisa di dapati di TBK, tapi aku sendiri belum tau TBK di sini di mana.. qiqiqi


Resep nya dapat dari sis Ricke . She is my inspiration dalam baking, sejak kenal Ricke ini aq jadi bisa baking, semangat untuk mencoba resep2 nya yang di share sama kita kita yang masih belajar, ngga sedikit resep nya yg uda pernah aku coba di dapur ku dan semua resep nya sesuai sama selera kami.Thanks yah Ricke for sharing the recipe..*hug.
kalo resep aslinya pake susu cair tapi aku modified sedikit pake buttermilk buatan. Sekarang lagi suka buat apa apa pake buttermilk, soalnya kaya nya apapun kalo di campur sama buttermilk jadi lembut teksturnya.




Buttermilk Cheese Muffin 

Sumber : Blog nya Ricke

Bahan Bahan nya:
1 3/4 cup tepung all purpose
1 sdm baking powder
1/2 sdt garam
1/2 cup gula
1 telur ukuran besar
1 cup buttermilk buatan *susu cair di tambah 1 sdt cuka atau lemon (resep asli pake susu cair)
1/4 cup unsalted butter *di lelehkan
1/2 cup keju cheddar parut (tambah sedikit parutan keju untuk di tabur di atas nya)
1 sdt vanilla essence

Cara membuat :
1. Dalam wadah campur jadi satu tepung,baking powder,garam,gula dan keju lalu buat lubang di tengah nya.
2. Di wadah yang lain campur telor,butter yg sudah di lelehkan,buttermilk dan aduk rata.
3. Masukkan ke dalam campuran tepung,aduk hanya sampai tercampur dan tepung jadi basah. jangan overmix atau di aduk berlebihan.jadinya adonan teksturnya seperti lumpur (lumpy), masih bergerendel gerendel yang menjadi tekstur khan nya muffin.
4. Masukkan adonan sebanyak 3/4 ke dalam loyang muffin atau cupcakes seperti yg saya buat yang telah di olesi butter atau telah di letakkan papercup.
5. Panggang dalam preheated oven pada suhu 205"C selama kurleb 25 menit atau sampai matang warnanya kecoklatan.

Met Mencoba.. ^_*

2 comments:

Ajeng Rani R said...

Wah..aku juga pernah bikin ini mba, tapi pake isian keju quick melt :D (http://cumapemula.blogspot.com/2011/01/buttermilk-cheese-muffin.html)

Melly Octaviana said...

Rani... enak yah,gampang pula buat nya.. makasih dah mampir.. ;)