Saturday, December 3, 2011

Tips Mengembangkan Doh Pada Saat Cuaca Dingin


Kemaren baca status teman di FB yang mau buat roti tapi karena hari hujan takut adonan rotinya ngga mengembang dengan cepat.
Sebenernya ada banyak cara yang bisa buat adonan bisa mengembang dengan cepat walaupun pada saat cuaca nya dingin atau hujan.

 Nah ..kebetulan hari ini ,abis dinner aq buat roti tawar untuk sarapan besok dan tadi pada saat membuatnya hujan deras di sini, tapi karena  pake cara no.2 di bawah , adonan roti nya pada saat proses pengembangan yg kedua kali cuma 20 menit dah gede bgt khan rotinya,biasanya butuh 40 menit tuh untuk ukuran nya jd 2x lipat dan tergantung cuaca..





Tips ini aq baca di salah satu blog orang sini,cuma lupa blog nya,maklum kebanyakan jalan2 di blog..hehe
Cara ini membantu banget adonana rotinya mengembang dgn cepat pada saat buat roti malam hari atau kalo hari lagi dingin atau musim hujan seperti sekarang ini.

1.Cara pertama ialah nyalakan oven pada suhu rendah atau api kecil selama 5 menit atau sampe oven nya hangat,lalu matikan api nya dan masukkan adonan roti yg di tutup dgn lap bersih ke dalam nya dan tutup oven nya,biarkan sampe mengembang.oven yg dalam keadaan hangat dapet membantu adonan rotinya mengembang.

2. Cara kedua ialah letakkan air panas di dalam baskom masukkan ke dalam oven dan letakkan adonan roti di atas nya,seperti pada gambar 2 di atas. lalu tutup oven nya.

3.Tambahan tips dari Alice Prasetyo,bisa jg pake microwave yg di panasin 2 menit trus masukkin loyang rotinya, trus tutup.. It works as well :)

4. Tambahan tips dari Ike Hermawan, sama seperti cara no.2 di atas tapi ngga usah di masukin ke dalam oven,cukup taruh adonan yg di tutup serbet bersih di atas baskom yang isinya air panas..

Tambahan tips dari mba Suzan  yang ga punya proofer,klo suhu di luar lagi cerah dan ngga  perlu pake air panas,jangan lupa spray pake air permukaan adonan roti yang udah di bentuk,maksudnya  biar adonan ngga kering dan  bisa ngembang maksimal,jaga jangan sampe permukaan adonan kering,bakal menghambat proses ngembangnya,biasakan juga spray sesaat sebelum masuk oven,pasti beda hasilnya sama yang ngga di spray, mengembang nya  bisa bener2 maksimal saat proses oven ...


So..itu aja yg mau aq share,sapa tau ada temen2 yang masih belum tahu tentang tips di atas.

Semoga bermamfaat.. ;)

7 comments:

rahel said...

Selamat sore Melly...mekasih uda bagi tau kita tips ngembangin roti di saat musim dingin..infonya sangat bermamfaat..

Melly Octaviana said...

Sore rahel, makasih yah uda mampir.. seneng deh kalo bisa bermaafaat,
saya pun tau dari orang lain dan sangat bermamfaat untuk aq makanya aku share lagi di sini.share is caring khan..hehe

mayangbakingmadness said...

ye lah melly .. kalau begini leh cepatkan masa menunggu doh kembang gak ekk...

Admin SSB said...

untuk cara diatas tidak ada bahan tambahan ya mabak ?

http://salahsatublog.blogspot.com/

Dewisalmazahrohabd@gmail.com said...

Thanks melly

Anonymous said...

Thanks infonya sangat brmanfaat..

Vence said...

Trima kasih ...bermanfaat banget untuk kami di Papua pegunungan...🙏🏽